Apa Itu GrabFood Pilihan? Apa Keunggulannya Dibanding GrabFood Reguler?

Keunggulan dan perbedaan GrabFood Pilihan?

Hai kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Kali ini aku ingin menjelaskan perbedaan antara GrabFood biasa dan GrabFood Pilihan. Serta keuntungan dan keunggulan dari GrabFood pilihan baik bagi pelanggan maupun bagi driver Grab sendiri.

Tau sendiri kan, bahwa GrabFood merupakan salah satu layanan Grab yang cukup diminati oleh masyarakat di Indonesia. Selain sudah banyak merchant yang sudah bergabung, tarif kirimnya pun menurutku lebih murah ketimbang tarif GoFood di Gojek. Aku sendiri juga lebih sering pesan makanan menggunakan GrabFood, padahal aku sendiri juga seorang driver, hehehe.

Apa itu GrabFood Pilihan?

Sebenarnya tidak jauh beda dengan GrabFood pada umumnya, hanya perbedaanya terletak pada penggunaan aplikasi di pihak restorant serta metode pembayaran untuk pesanan menggunakan metode non tunai yang langsung melalui aplikasi merchant.

Belum genap satu tahun Grab meluncurkan fitur terbaru GrabFood ini, yang mana restorant yang terdaftar bisa mengetahui ada pesanan yang masuk melalui aplikasi GrabFood Merchant. 

Tidak hanya itu, GrabFood Pilihan juga hadir dengan metode pembayaran non tunai, jadi driver yang membelikan makanan tidak perlu menyiapkan uang cash/tunai untuk membelikan pesanannya.

Perbedaan lainnya juga terletak pada update informasi restoran. Dari update menu, update harga serta update lokasi restoran yang bisa dilakukan melalui aplikasi secara langsung. 

Sedangkan bagi GrabFood biasa, perubahan harga dan menu harus konfirmasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak kantor Grab.

Keunggulan GrabFood Pilihan Bagi Pelanggan

Keunggulan GrabFood Pilihan Bagi Pelanggan

Sebagai salah satu pelanggan Aplikasi Grab, aku lebih menyukai untuk pesan makanan di restorant yang terdaftar sebagai GrabFood Pilihan dari pada di GrabFood Reguler. Alasannya sih lebih mengarah ke tarif ongkos kirimnya yang lebih murah ketimbang restoran GrabFood biasa.

Selain itu, pilihan di GrabFood Pilihan menunya bisa lebih banyak karena restoran bisa update menu makanan langsung melalui aplikasi merchant. Apalagi di GrabFood Pilihan juga banyak diskon dan promo, itu yang paling menyenangkan.

Dalam penyiapan makanannya, GrabFood Pilihan juga akan lebih cepat dari pada GrabFood biasa, karena alur pesanannya sedikit berbeda.

Misalnya jika di GrabFood biasa, restoran baru akan menyiapkan pesanan jika pengemudi sudah datang ke restoran dan mulai memesan. Sedangkan di GrabFood Pilihan, order pertama kali akan masuk ke pihak restoran terlebih dahulu baru diteruskan ke pihak pengemudi.

Dengan begitu alur di GrabFood Pilihan akan lebih cepat dalam penyajian pesanannya. Alurnya sebagai berikut :
  1. Pesanan masuk ke merchant baru diteruskan ke pengemudi 
  2. Pengemudi dalam perjalanan ke restoran dan pihak restoran sudah bersiap untuk menyiapkan 
  3. Pengemudi sampai dan konfirmasi pesanan dan pembayaran, pesanan sudah siap untuk di antar 
  4. Hasilnya pelanggan merasa proses pesanannya sampai lebih cepat dari pada biasanya.

Keunggulan GrabFood Pilihan Bagi Driver Grab

Keunggulan GrabFood Pilihan Bagi driver Grab

Dengan adanya banyak diskon dan promo serta tarif ongkos kirim yang terkadang lebih murah menjadikan order GrabFood pilihan juga makin banyak diminati. Tentu yang paling diuntungkan dengan hal ini adalah pihak driver Grab sendiri.

Selama menjadi driver Grab, aku juga merasakan banyak keuntungannya juga mendapatkan order di GrabFood Pilihan. Berikut aku jelaskan poin-poin yang menguntungkan bagi driver.
  • Penyelesaian order makin cepat karena pihak restoran sudah menyiapkan pesanan disaat driver dalam perjalanan menuju restoran. 
        
  • Tidak perlu repot-repot menyiapkan uang cash untuk pembelian pesanan.
       
  • Kita bisa menjalankan orderan dengan nominal harga pesanan yang besar meskipun modal awal kita cuma selembar uang 50.000 di dompet.
           
  • Tidak ada lagi cancel orderan karena alasan restoran tutup, hal ini biasa terjadi saat hari liburan seperti hari raya maupun natal. Karena buka tutup restoran bisa dilakukan manual melalui aplikasi merchant. 

Kekurangan GrabFood Pilihan Menurutku

Meskipun banyak keunggulan yang bisa dirasakan oleh pihak pelanggan maupun driver untuk order GrabFood Pilihan, namun ada juga beberapa kekurangannya menurutku.

Meskipun bisa update harga dan menu, serta buka-tutup restoran secara manual melalui aplikasi merchant , namun semua itu tergantung pada pemilik restoran itu sendiri. Terkadang ada juga yang lupa tidak menutup restoran saat libur yang mengakibatkan cancel order di aplikasi Grab driver.

Selain itu, tidak semua pemilik restoran yang menerapkan alur dari GrabFood Pilihan. Yang seharusnya pihak restoran sudah menyiapkan pesanan lebih dahulu, namun banyak yang masih harus nunggu driver konfirmasi pesanan terlebih dahulu, baru akan disiapkan pesananya.

Belum lagi jika terjadi kesalahan belum update menu yang ternyata tidak tersedia di stock restoran yang berujung cancel orderan. Hal ini dikarenakan orderan GrabFood Pilihan tidak bisa diubah nominal harga dan jumlah pesanannya.

Sering sekali saya harus cancel sendiri karena menu tidak tersedia di pihak restoran, sedangkan pelanggan juga tidak bisa cancel orderan secara langsung melalui aplikasinya. Cancel order GrabFood Pilihan sedikit ribet dengan telepon ke pihak Grab terlebih dahulu.

Bagaimana? Sudah sedikit paham perbedaan antara GrabFood biasa dengan GrabFood Pilihan. 

Yah semoga penjelasan yang aku buat ini sedikit membantu dalam mengerti perbedaan antara GrabFood Pilihan dan keunggulannya dibanding dengan GrabFood biasa.

Sampai jumpa di artikel berikutnya 

Semoga bahagia

Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Apa Itu GrabFood Pilihan? Apa Keunggulannya Dibanding GrabFood Reguler? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel