Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Pelajari Fitur Aplikasi Gojek Driver Biar Makin Paham


Hai mitra driver Gojek, kembali di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Kali ini, aku ingin membahas tentang fitur aplikasi ojek online karya anak bangsa, Gojek.

Sebagai mitra driver Gojek, sebenarnya kita sudah mendapat sedikit pelatihan saat pendaftaran sebagai calon mitra driver Gojek di kantor Gojek. Jadi meskipun sebagai mitra baru, setidaknya pembekalan itu sudah cukup untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada di aplikasi Gojek driver.

Terus, untuk apa membahas tentang hal ini?

Seperti judulnya, aku ingin menjelaskan secara detail tentang fitur-fitur dan menu apa saja yang ada di aplikasi Gojek driver. Meskipun semua pada tau, mungkin tidak bagi mitra driver baru yang terkadang masih binggung dalam kegunaan menu serta cara kerja sebagai mitra ojek online Gojek.

Maka dari itu, yuk simak dengan seksama penjelasan di artikel ini yah.

Fitur Dan Menu di Aplikasi Gojek Driver Beserta Fungsinya

1. Beranda Utama


Di Beranda utama kita bisa melihat peta yang menunjukkan lokasi kita berada. Sistemnya menggunakan GPS tracker yang ada di smartphone kita, jadi kita wajib menghidupkan pengaturan GPS di smartphone kita yah disetiap membuka aplikasi Gojek driver.

Selain itu selalu setting pengaturan GPS ditingkat keakuratan yang tinggi, biar lokasi kita terbaca dengan benar oleh sistem. Terdapat dua menu di beranda yakni menu profil dan tombol on/off.

Menu On/Off tentu saja berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan aplikasi Gojek driver. Jika tombol on/off dihidupkan maka akan muncul statistik performa dan hitungan poin yang kita dapatkan.

Sebagai informasi, Performa merupakan prosentase dari perbandingan order yang masuk dengan jumlah penyelesaian order di aplikasi driver di hari itu. Sedangkan untuk poin merupakan hitungan poin yang didapat oleh driver disetiap menyelesaikan order. Poin dan performa akan kembali ke angka nol disetiap jam 12 malam (pukul 00:00)

Di pojok kanan statistik poin dan performa terdapat scroll yang mana jika kita tekan di scroll tersebut terdapat pengaturan lain yang berhubungan dengan order dan detail dari order yang telah diterima dan diselesaikan. Selain itu ada pengaturan set harga orderan untuk GoFood dan fitur Autobid.

Fitur Autobid merupakan fitur yang mana kita bisa menerima order secara otomatis. Hal ini akan mempermudah kita dalam mendapatkan orderan tanpa kehilangan atau order yang terabaikan karena ketidaktauan kita saat di jalan.

Sedangkan untuk set harga maksimal, ini berlaku untuk order GoFood yang masuk. Jadi jika kita set harga 50rb misalnya, maka orderan GoFood yang akan kita terima tidak akan melebihi nominal 50.000 untuk pembelian di merchant GoFood.

Ada baiknya memang disetting maksimal agar potensi mendapat orderan GoFood makin besar, namun kembali lagi dengan mempertimbangkan modal yang ada di dompet kita yah.

Takutnya kalau mendapat pembelian di merchant GoFood dengan nominal yang besar dan pembayaran secara tunai sedangkan uang kita tidak cukup, otomatis kita akan melakukan cancel untuk order tersebut.

Kan rugi di kita

2. Profil Saya


Untuk melihat Profil Saya, kita bisa tekan menu foto di beranda kemudian pilih Profil Saya. Di menu ini hanya terdapat informasi mengenai nomor handphone dan email yang terdaftar di aplikasi Gojek driver, serta terdapat fitur emblem penghargaan.

Di emblem penghargaan ini kita bisa melihat penghargaan apa saja yang pernah kita raih selama menjadi mitra Gojek. Penghargaannya semisal penghargaan mitra jawara GoRide, GoFood, GoSend dengan 1000 trip, mitra bolang dengan 10.000 km ataupun Mitra bersinar dengan 2000 trip.

Pentingkah emblem penghargaan ini untuk kita?

Aku kira fitur ini tidaklah penting apalagi kalau kita driver di wilayah kecil. Namun aku pernah menjumpai artikel Gojek yang memberi penghargaan khusus bagi driver peraih penilaian emblem terbaik. Namun aku kira itu hanya berlaku di kota besar khususnya Jakarta dan sekitarnya.

3. Pengaturan

Fitur pengaturan ini berfungsi untuk mengganti nomor handphone yang terdaftar dengan nomor handphone yang baru tanpa harus ke kantor Gojek. Namun perlu diingat bahwa dengan mengganti nomor handphone yang baru, penggunaan Rekpon (Rekening ponsel) tidak bisa di ubah ke nomor handphone yang baru.

Selain itu, kita bisa mengubah detail kendaraan seperti menganti nomor plat, jenis kendaraan melalui aplikasi langsung. Yang kita butuhkan hanya upload STNK kendaraan melalui aplikasi. Jika mengalami kendala saat perubahan detail kendaraan, sebaiknya kita ke kantor Gojek terdekat untuk mengatasi kendala ini.

4. Pesan

Menu Pesan ini tak lebih hanya notifikasi dari Gojek seperti pemberitahuan diskon untuk mitra, survei maupun pesan-pesan tak penting lainnya. Kalian bisa mengabaikan untuk fitur ini deh, hehehe.

5. Saldo


Di menu Saldo merupakan informasi jumlah saldo GoPay yang kita miliki. GoPay merupakan alat pembayaran atau uang virtual di aplikasi Gojek. Terdapat 2 jenis GoPay di aplikasi driver, yakni Gopay driver dan Gopay Customer.

Jika nomor yang terdaftar di aplikasi Gojek driver pernah terdaftar di aplikasi Gojek pelanggan, maka di aplikasi Gojek driver akan terdapat dua detail dompet seperti gambar di atas. “Dompet” merupakan saldo Gopay untuk aplikasi driver Gojek, sedangkan “GoPay” merupakan saldo GoPay di aplikasi Gojek pelanggan.

Kita bisa tarik saldo GoPay driver ke rekening Bank dengan jumlah minimal 50.000. Sedangkan untuk tarik ke Saldo Gopay pelanggan, batas jumlah nominal withdraw bisa sampai dengan nominal terkecil (1 rupiah).

Enaknya saldo Gopay yang terhubung ke aplikasi driver adalah kita bisa bayar alfamart tanpa buka aplikasi Gojek customer terlebih dahulu. Kita juga bisa beli pulsa melalui aplikasi driver. Kita juga bisa cek riwayat transaksi kedua dompet Gopay dengan sangat lengkap di Riwayat Transaksi.

Penting bagi kita mencukupi saldo Dompet agar potensi mendapatkan orderan semakin besar. Sebab jika saldo sampai minus, potensi mendapatkan order GoFood akan sangat kecil, terlebih GoFood yang terdaftar sebagai merchant GoBiz yang menggunakan pembayaran non tunai melalui aplikasi driver.

Untuk itu, perlu banget kita melakukan pengisian saldo minimal 20.000 di Dompet. Untuk pengisian atau Top Up GoPay driver bisa dilakukan melalui berbagai cara. Pengen tau cara apa saja, kalian bisa baca artikel Berbagai Cara Top Up Saldo GoPay Driver.

6. Insentif


Menu insentif merupakan informasi tentang skema insentif poin harian yang berlaku untuk akun Gojek serta besaran bonus yang diterima oleh driver ketika sudah mencapai tingkatan poin.

Setiap lokasi atau kota akan berbeda skemanya, seperti di tempatku yang menggunakan skema maksimal pendapatan 20 poin dengan total bonus yang didapatkan sebesar 50.000. Adapun di kota besar yang skema poinnya bisa sampai 30 poin dengan bonus sebesar di atas 100.000.

Besarnya poin yang didapat dari penyelesaian order untuk setiap skema juga beragam. Di tempatku akan mendapatkan 1 poin untuk order GoRide dan GoSend, 2 poin untuk GoFood dan 1,5 poin untuk GoShop.

Selain poin yang terkumpul sesuai target, mendapatkan bonus insentif juga memiliki syarat lain. Seperti performa penyelesaian order yang tidak boleh kurang dari 75% saat poin yang terkumpul sudah sesuai target.

Jika performa kurang dari 75%, kita bisa menambahkan beberapa order lagi untuk mencapai performa di atas 75%. Performa turun disebabkan oleh cancel order, lost order serta cancel order yang dilakukan customer dengan memilih pilihan tertentu.

7. Pendapatan


Di menu pendapatan ini kita bisa cek penghasilan bersih kita ngegojek selama seharian. Perhitungannya mulai dari ongkos trip, Bonus dan tips dari pelanggan ditotal menjadi satu. Jadi kita bisa tau deh detail pendapatan kita dari trip sekaligus bonus yang kita terima.

Tidak hanya itu, fitur pendapatan ini juga bisa dilihat selama seminggu ke belakang loh.

8. Riwayat Order

Di menu Riwayat order ini kita bisa lihat detail perjalanan kita. Mulai dari order yang selesai maupun order yang telah dibatalkan. Kita juga bisa melihat detail alamat penjemputan order dan alamat pengantaran.

Hanya saja jika kita melakukan reset data penyimpanan aplikasi atau tidak sengaja uninstall aplikasi Gojek driver, maka riwayat order akan hilang atau kosong.

9. Penilaian


Di menu "Penilaian" kita bisa melihat riview atau feedback yang diberikan oleh pelanggan sebagai penilaian mereka atas pelayanan yang kita berikan. Semakin sering kita mendapatkan penilaian baik dari pelanggan, maka potensi mendapatkan orderan juga makin lancar.

Memang tidak ada bukti yang bisa membuktikannya, namun pengalamanku pernah dapat bintang 3 dengan bad coment, lumayan berimbas pada perolehan orderan dibeberapa hari selanjutnya.

10. Bantuan

Di menu bantuan, kita bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan aplikasi driver. Mulai dari informasi kebijakan dan peraturan, panduan cara kerja serta pusat bantuan jika ada kendala teknis.

Setelah memahami fitur-fitur dan menu di aplikasi Gojek driver, maka kita sudah siap untuk menjalankan order yang masuk.

Untuk penjelasan berikutnya, kalian bisa pelajari macam-macam orderan di aplikasi Gojek Driver.

Sampai jumpa di artikel berikutnya


Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Yuk Pelajari Fitur Aplikasi Gojek Driver Biar Makin Paham "