Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Pelajari Fitur Aplikasi Grab Driver Biar Makin Paham



Hai mitra driver Grab, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Kali ini, aku ingin membahas tentang fitur aplikasi ojek online milik negeri tetangga yang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia terutama kepiawaiannya dalam bakar-bakar uang promo dan diskon, GRAB.

Sebagai mitra driver Grab, sebenarnya kita sudah mendapat sedikit pelatihan saat pelatihan Grab Academi waktu pendaftaran. Jadi meskipun sebagai mitra baru, setidaknya pembekalan itu sudah cukup untuk mengetahui fitur-fitur dan menu apa saja sih yang ada di aplikasi Grab driver.

Terus, untuk apa membahas tentang hal ini?

Tak kenal maka tak sayang, begitu kan kalau kata anak abg. Maka dari itu aku ingin menjelaskan secara detail tentang fitur-fitur dan menu yang ada di aplikasi Grab driver biar kita makin sayang dengan aplikasinya.

Apalagi aplikasi Grab driver ini tergolong sedikit ribet bagi mitra yang baru pertama kali terjun di dunia ojek online. Jadi menurutku, penjelasan seperti ini perlu banget agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari.

Tanpa berlama-lama, yuk simak dengan seksama penjelasan di artikel ini yah.

Fitur Dan Menu di Aplikasi Grab Driver Beserta Fungsinya


1. Beranda Utama

Beranda utama (Home) merupakan laman utama yang memberikan informasi tentang peta/map dengan lokasi driver berada. Terdapat pula informasi tentang jumlah berlian dan saldo driver di laman ini.

Jika kalian tekan di logo berlian tersebut, kalian akan mendapatkan informasi mengenai Nilai penyelesaian dan Nilai Penilaian. Keduanya merupakan hal penting sebagai syarat acuan mendapatkan insentif harian selain mengumpulkan poin atau berlian.

Di bagian atas terdapat tombol on/off untuk menghidupkan aplikasi Grab driver. Setelah di tekan tombol On/Off di tengah tersebut akan muncul toggle idle di sebelah kanan. Untuk mengaktifkan toggle tersebut diperlukan verifikasi wajah driver untuk pertama kali menghidupkan.

Jadi dalam aplikasi Grab driver, untuk mengaktifkan akun Grab diperlukan dua langkah yakni menekan tombol button on/off sehingga menyala kemudian mengaktifkan toggle idle sebelah kanan hingga berwarna hijau. Baru jika keduanya sudah aktif kita bisa mendapatkan orderan masuk.

Di tampilan Map juga terdapat beberapa tombol seperti tombol darurat, pengaktifan OVO, dan tombol untuk memusatkan lokasi GPS driver berada di tengah peta. Di pojok kanan atas juga terdapat menu scroll yang berisi tentang pengaturan tambahan. 


Di pengaturan tambahan ini kita bisa setting uang modal yang berfungsi untuk membatasi nominal pembelian saat mendapatkan order GrabFood. Pengaturan uang modal ini hanya berlaku untuk GrabFood yang membayar dengan uang tunai dan tidak berlaku bagi GrabFood Pilihan.

Belum tau apa bedanya GrabFood biasa dengan GrabFood pilihan? Kalian bisa baca deh penjelasan tentang hal tersebut di artikel Apa Itu GrabFood Pilihan Dan Keunggulannya.

Terdapat pula setting "Jenis Layanan" yang mana kita bisa pilih jenis layanan yang ingin kita dapatkan. Saranku sih mending diaktifkan semua jenis layanannya agar potensi mendapatkan orderan makin besar.

Fitur setting jenis layanan ini juga berguna banget menurutku, terutama di waktu cuaca hujan.

Misalnya kita matikan jenis layanan GrabBike karena tidak membawa dua mantel. Dengan fitur ini kita tidak perlu khawatir cancel orderan saat mendapatkan orderan GrabBike saat hujan, karena fitur layanan GrabBike sudah di non aktifkan dengan fitur ini.

Kemudian untuk fitur layanan Tujuan Saya, fitur ini berfungsi untuk kita yang menginginkan mendapat orderan dengan tujuan yang sudah kita tentukan sebelumnya. 

Misalnya kita berada di daerah A dan ingin ke daerah B, dengan fitur ini kalian akan mendapatkan orderan yang serah dengan tujuan kalian ke daerah B. Namun dengan mengaktifkan fitur ini, kalian tidak akan mendapatkan berlian saat menyelesaikan order.

2. Telusuri

Di menu Telusuri, ada dua pilihan hemat yang bisa kita dapatkan di aplikasi Grab driver yakni Pulsa dan Grab Benefits. Tak perlu jauh-jauh ke tempat penjual pulsa kalau kalian bisa membeli pulsa melalui aplikasi Grab driver sendiri. Syaratnya kalian harus aktifkan saldo OVO di aplikasi Grab driver. 

GrabBenefits adalah program baru yang diperuntukkan untuk driver Grab dengan mendapat berbagai manfaat berupa potongan harga, diskon dan keuntungan khusus lainnya. Terdapat 3 jenis tingkatan menurut kinerja driver.

Tingkatannya antara lain GrabBenefits Member dengan kreteria semua driver Grab. GrabBenefits Elite dengan kreteria minimal sudah menjalankan 60 trip dalam 30 hari. Dan terakhir GrabBenefits Elite+ dengan kreteria minimal 120 trip dalam satu bulan.

3. Dompet


Menu Dompet merupakan informasi tentang dompet atau e-wallet yang dimiliki oleh seorang driver Grab. Terdapat 3 jenis dompet yakni Dompet Kredit, Dompet Tunai dan OVO.

Dompet Kredit merupakan dompet yang digunakan sebagai modal seorang driver Grab. Di dompet ini semua potongan komisi 20% akan otomatis dipotongkan ke saldo ini saat sesudah menyelesaikan orderan.

Pembayaran di resto Grab Pilihan juga akan memotong saldo kredit ini jika pelanggan menggunakan pembayaran tunai. Jadi wajib bagi driver Grab untuk mencukupi saldo kredit ini sampai di atas batas minimal agar potensi mendapat order semakin besar.

Untuk mengisi saldo kredit atau top up saldo kredit, kalian bisa melakukan top up dengan berbagai cara. Pengen tau caranya, kalian bisa baca artikel Berbagai cara top up saldo Grab Driver

Dompet Tunai merupakan dompet yang mana pembayaran pelanggan menggunakan OVO nantinya akan masuk ke saldo dompet tunai ini. Pendapatan dari insentif harian juga akan masuk ke saldo ini. Kita juga bisa tarik ke rekening Bank yang telah kita daftarkan saat pendaftaran menjadi driver Grab.

Untuk saldo OVO syaratnya kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika tidak memiliki akun OVO kalian bisa mendaftarkan terlebih dahulu, caranya bisa kalian baca di Cara Mudah Daftar OVO.

Namun perlu diingat, agar akun OVO aktif di aplikasi Grab driver syaratnya nomor handphone di akun OVO harus sama dengan nomor handphone yang terdaftar di aplikasi Grab.

4. Pendapatan


Pada menu Pendapatan kita bisa melihat rincian pendapatan kita selama nge-Grab seharian. Tidak hanya itu, kita bisa melihat rincian detail pendapatan kita selama 90 hari ke belakang loh. Yang aku salut dari Grab adalah fitur ini, rinciannya sangat detail dan lengkap.

5. Akun

Di menu Akun banyak sekali informasi yang kita dapat dari laman ini. Mulai dari profil dan data diri, notifikasi aplikasi, rincian insentif, Grab Academy, pengaturan aplikasi dan pusat bantuan.

Untuk melihat data diri, kita bisa tekan di photo profil kita. Di sana kita bisa melihat berbagai pencapaian penilaian dari pelanggan berupa lencana pujian maupun berupa komentar. 


Kita juga bisa mengubah settingan nada dering saat mendapatkan order di pilihan Pengaturan. Tidak hanya itu, kita juga bisa mengganti nomor handphone di aplikasi, pengaturan autobid (terima order otomatis) serta pengaturan penyedia map navigasi.

Begitulah penjelasan tentang fitur dan menu yang ada di aplikasi Grab driver. Setelah memahami fitur-fitur dan menu di aplikasi Grab driver, maka kita sudah siap untuk menjalankan order yang masuk.

Untuk penjelasan berikutnya, kalian bisa pelajari macam-macam orderan di aplikasi Grab Driver.

Sampai jumpa di artikel berikutnya 


Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Yuk Pelajari Fitur Aplikasi Grab Driver Biar Makin Paham"