Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Orderan Yang Diterima Oleh Driver Gojek


Hai mitra driver Gojek, kembali di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi yang menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Setelah memahami kegunaan fitur aplikasi Gojek driver, ada baiknya kita memahami jenis-jenis orderan apa saja sih yang diterima oleh driver Gojek. Untuk hal ini, yang lebih aku fokuskan kepada mitra Gojek roda dua.

Setidaknya ada 4 jenis order yang berlaku di kota tempat tinggalku, yakni GoRide, GoFood, GoShop dan GoSend. Namun untuk kota besar seperti Jakarta terdapat layanan GoMart.

GoRide

Yang pertama adalah layanan GoRide. GoRide adalah layanan jemput pelanggan dan mengantarnya ke lokasi tujuan sesuai di aplikasi. Layanan ini terbilang peminatnya sangat banyak terlebih untuk area kota yang lebih banyak menggunakan jasa GoRide untuk menghindari macet. 

Di kota-kota besar juga terdapat fitur baru GoRide yang bernama GoRide Instan. Fitur ini memungkinkan pelanggan bisa pesan langsung ke driver dengan memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu.

GoFood

Tidak kalah dengan GoRide, GoFood juga salah satu layanan GoJek yang peminatnya sangat banyak. GoFood merupakan layanan membelikan makanan ke restoran yang sudah terdaftar mitra GoFood, kemudian mengantarnya ke lokasi tujuan. 

GoFood sendiri dibedakan menjadi dua jenis menurut metode pembayarannya yaitu GoFood biasa dan GoFood yang menggunakan aplikasi GoBiz. Jika mitra driver mendapat order GoFood biasa maka mitra melakukan pembelian menggunakan uang cashnya sendiri.

Sementara jika mendapat orderan GoFood/GoBiz, mitra driver tidak perlu lagi membayar uang cash saat pembelian di restoran karena pembelian sudah dilakukan melalui GoPay di aplikasi driver. Mitra cukup meminta kode OTP kepada pemilik restorant untuk menvalidasi pembayaran.

GoSend

Berbeda dengan GoRide, GoSend merupakan layanan jemput paket atau barang dan mengantarnya ke lokasi tujuan. Banyak jenis dari GoSend yang bisa diterima oleh mitra driver seperti GoSend biasa, GoSend marketplace (Bukalapak, Tokopedia dan Shopee) dan GoSend HaloDoc (GoMed)

Meskipun banyak jenis-jenisnya namun untuk cara pengerjaannya tidak berbeda dengan pengerjaan order GoSend pada umumnya.

GoShop

GoShop juga merupakan layanan untuk membelikan makanan atau produk di sebuah toko atau restaurant. Secara umum, tugas order GoShop tidak jauh beda seperti order GoFood, hanya saja restorant atau toko yang dikunjungi tidak terdaftar sebagai merchant GoJek. 

Mitra driver bisa melihat detail lokasi toko yang dimaksud dan membelikan pesanan sesuai yang dipesan oleh pelanggan.

Perlu diingat bahwa sering terjadi penipuan untuk orderan seperti ini, jadi bagi driver baru harap hati-hati dengan order GoShop yang permintaanya untuk top up GoPay di alfamart, pembelian pulsa ataupun pembayaran marketplace semacam Shopee, Bukalapak ataupun Tokopedia.

Jika mendapati orderan semacam itu, mitra driver sebaiknya tidak menjalankan orderan tersebut. lakukan screenshot order dan nomor telepon pelanggan kemudian laporkan orderan tersebut dengan menghubungi CS Gojek by email dengan subjek order fiktif.

GoMart


Layanan GoMart sebenarnya sama dengan GoShop yakni membelikan barang di sebuah toko, hanya saja order GoMart ini membelikannya di toko atau Alfamart yang sudah terdaftar sebagai merchant Gojek. Mitra bisa membelikan di Alfamart yang lokasinya sudah ditentukan di aplikasi.

Itulah beberapa jenis orderan yang bisa didapat oleh driver Gojek. Kalau bisa sih kita jangan pilih-pilih order yah, soalnya selain performa bisa turun yang membuat kesempatan mendapat bonus insentif juga makin berat. Juga sering mengabaikan order juga bisa berdampak pada akun anyep atau bahasa gaulnya Akun Gojek Gagu.

Setelah memahami jenis-jenis orderan, yuk kita bedah satu-satu bagaimana sih cara menjalankan orderan untuk tiap layanan Gojek. Untuk artikel selanjutnya, kalian bisa pelajari panduan lengkap cara menjalankan order GoRide.

Sampai jumpa di artikel berikutnya


Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Jenis-Jenis Orderan Yang Diterima Oleh Driver Gojek "