13 Fitur Layanan di Aplikasi Gojek Pelanggan Yang Wajib Kalian Tau

Fitur Layanan di Aplikasi Gojek Yang Wajib Kalian Tau

Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Kali ini aku ingin membahas tentang aplikasi ojek online yang sudah banyak digunakan oleh pengguna masyarakat di Indonesia, Gojek.

Udah install aplikasi Gojek belum nih?

Asal kalian tahu yah, aplikasi transportasi online seperti Gojek itu aplikasi yang sangat bermanfaat sekali loh buat kita-kita yang hidup di zaman sekarang.

Tidak hanya untuk pesan ojek online saja loh, aplikasi Gojek juga menyediakan layanan yang cukup beragam dan sangat membantu dalam kebutuhan kita sehari-hari. Salah satunya fitur layanan pesan makanan, antar paket, pesan tukang pijat dang banyak lagi yang lainnya.

Selain itu Gojek juga menyediakan fitur pembelian online dan bayar tagihan kita sehari hari loh.

Hanya menggunakan satu aplikasi kita bisa melakukan berbagai macam pembelian dan bayar tagihan seperti beli pulsa, paket data, top up game, bayar tagihan-tagiha dan lain sebagainya. Jadi nggak  akan nyesel deh kalau kita install aplikasi Gojek ini di smartphone kita.

Meskipun sudah digunakan oleh banyak pengguna, namun tidak sedikit pula yang masih belum paham betul fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi Gojek. Kebanyakan sih mengira aplikasi Gojek itu hanya sekedar untuk pesan tukang ojek dan makanan saja.

Ada juga yang salah pilih fitur layanannya yang menjadikan mitra ojek online kebingungan dalam menjalankan tugasnya. Misalnya saja untuk pesan kurir antar paket (GoSend) malah menggunakan fitur jasa ojeknya (GoRide).

Layanan GoSend dan GoRide itu beda loh gaes. Maka dari itu, biar makin paham cara menggunakan aplikasi Gojek pelanggan, dengan senang hati aku akan memjelaskan secara detail setiap fitur yang ada di aplikasi Gojek ini.

Yuk simak penjelasannya di bawah ini :

Jenis Layanan Aplikasi Gojek Dan Penjelasannya


1. GoRide

GoRide merupakan salah satu layanan unggulan Gojek yang paling banyak digunakan oleh pengguna aplikasi Gojek. Layanan GoRide adalah layanan jemput pelanggan dan antar sampai ke tujuan menggunakan kendaraan roda dua. 

Layanan ini cocok banget bagi yang mau pergi ngantor dan malas menggunakan kendaraan pribadi. Ataupun bagi pengguna yang ngekos yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin diantar ke berbagai tujuan.

Apalagi yang sedang berada di luar kota dan binggung cari tempat atau lokasi yang mau dituju. Cukup berbekal nama tempat atau instansi yang hendak dituju, kalian bisa pesan abang Gojek yang bisa mengantarkan kalian ke tempat tujuan tanpa harus bertanya-tanya atau kesasar salah pilih angkot.

Perlu diingat yah, satu abang Gojek itu hanya dapat mengantarkan satu orang saja. Kalau kalian berdua, sebaiknya pesan abang Gojeknya dua juga. Kalau pesannya cuma satu, selain melanggar aturan lalu lintas juga kasihan dengan abang Gojeknya. Kecuali kalau yang kalian ajak itu anak di bawah 5 tahun sih gak apa ya.

2. GoCar

Sama halnya dengan GoRide, GoCar juga merupakan layanan Gojek dalam hal jemput dan antar pelanggan. Bedanya kalau layanan GoCar itu untuk pesan transportasi online menggunakan kendaraan roda 4. 

Jadi layanan ini cocok deh jika kalian berdua atau lebih dan ingin pean transportasi online. Kalian bisa pilih sesuai kuantitas jumlah kalian dengan memilih GoCar type 4 orang atau yang muat 6 orang.

Apa bedanya?

Yah jelas beda dong! Selain memang dikhususkan dalam hal kuantitas, tarifnya juga beda. Jadi jika kalian mau pesan GoCar untuk dua orang, sebaiknya pilih yang type 4 orang saja biar murah.

Perbedaan type ini juga dikarenakan jumlah seat (dudukan) pada mobil mitra GoCar yang bisa menampung 4 orang atau 6 orang.

3. GoFood

Nah layanan yang satu ini merupakan idaman banget bagi pengguna yang doyan incip-incip makanan. Karena layanan GoFood ini merupakan layanan pesan makanan ke restoran yang sudah terdaftar sebagai partner Gojek, kemudian akan diantarkan ke tempat kalian berada.

GoFood ini cocok banget buat kalian yang bosan dengan menu makanan kantin yang itu-itu saja tiap hari. Tanpa harus keluar kantor, cukup dengan aplikasi Gojek kalian bisa pilih berbagai menu yang menggugah selera yang ada di layanan GoFood.

Tuh kebayang tidak? enaknya bisa pesan makanan di berbagai restoran tanpa harus antri maupun tahu tempat restorannya. Hal ini cocok banget deh buat kalian yang baru pertama kali merantau ke sebuah kota lain dan bingung cari tempat restoran yang enak di wilayah tersebut.

GoFood juga menyediakan menu makan malam yang buka selama 24 jam, jadi rasa lapar kalian di tengah malam akan terpuaskan dengan menu tersebut (Note: kondisi ini tergantung partner GoFood serta mitra driver di wilayah tersebut yah).

4. GoShop

Jika restoran favoritmu tidak ada di aplikasi Gojek, kalian tetap bisa pesan makanan di restoran tersebut kok. Namun kali ini bukan menggunakan layanan GoFood, melainkan menggunakan layanan GoShop. 

Beda loh GoFood dengan GoShop itu! Jangan salah pilih layanan yah.

GoShop merupakan layanan pesan makanan ke sebuah restoran yang tidak terdaftar sebagai partner GoFood. Nantinya kalian sendiri yang akan menentukan nama restorannya dan lokasi restoran tersebut. Serta menuliskan pesanan makanan dan harga estimasi produknya. Nanti biar abang Gojek yang memastikan harga aslinya di restoran yang kalian pilih.

Dengan begitu, tak perlu sedih karena restoran favorit kalian tidak terdaftar di aplikasi Gojek. Karena Gojek memberikan kemudahan untuk tetap dekat dengan restoran favoritmu #PastiAdaJalan.

5. GoSend

Nah layanan yang satu ini, kadang pengguna baru suka salah pilih layanan dalam pengunaan jasa antar paket. Aku ingatkan lagi yah gaes, kalau GoRide itu pesan ojek yang nantinya kalian akan naik dan diantar ke lokasi tujuan. 

Nah kalau yang pesan untuk antar paket, gunakan layanan GoSend. Layanan GoSend merupakan layanan antar paket dari Gojek menggunakan kendaraan roda dua. Karena menggunakan kendaraan roda dua, kaian juga harus memikirkan besarnya paket yang hendak dikirim itu sesuai standart yah.

Dengan layanan GoSend, kalian bisa antarkan paket, document maupun hal kecil seperti bekal makanan maupun surat cuti ke kantor kalian melalui abang Gojek. Jangan khawatir dengan kiriman paket kalian tidak sampai ke tujuan yah, karena pengiriman menggunakan GoSend itu sudah diansuransikan.

Jika terjadi kesalahan seperti kiriman paket gagal sampai tujuan, kalian tetap bisa kok klaim masalah ini pada pihak Gojek dan mendapatkan pertanggung jawaban. Namun kalian juga harus paham bahwa GoSend tidak mengizinkan pengiriman paket seperti obat-obatan terlarang, minuman keras maupun uang.

6. GoBox

Nah kalau kalian mau pesan antar paket namun paketnya jumlahnya bejibun, misalnya mau pindahan kos atau kirim barang yang beratnya mencapai 500 kg, maka jangan pesan GoSend. Kebayang tidak abang Gojeknya membawa lemari menggunakan kendaran roda dua, kan mustahil banget. 

Untuk keperluan seperti itu, gunakan layanan Gojek, GoBox. GoBox merupakan layanan antar paket atau barang menggunakan kendaraan roda 4. Kalian bisa pilih kok kendaraan macam apa yang kalian butuhkan untuk mengantarkan barang tersebut.

Terdapat 4 type GoBox yakni Pickup Bak, Pickup Box, Engkel Bax dan Engkel Box. Yang jelas ke empat type tersebut tergantung jenis kendaraan dengan bobot muat maksimal serta pilihan dimensi kendaraan.

7. GoMart

GoMart merupakan layanan untuk pesan barang atau produk di berbagai Mart yang telah bekerja sama dengan Gojek. Mart yang bekerja sama adalah Alfamart. Namun sayangnya layanan ini hanya tersedia di kota-kota besar seperti di Jabodetabek. 

Sama halnya dengan GoShop, perbedaanya kalian tidak perlu menentukan lokasi Mart mana yang akan dituju karena semua itu sudah terdaftar seperti di layanan GoFood. Selain itu produk yang bisa dipesan juga produk yang sudah ready di aplikasi GoMart.

8. GoPay dan PayLater

GoPay adalah teknologi fintech (finansial teknologi) yang digunakan sebagai metode pembayaran non tunai di aplikasi Gojek. Gampangnya, di aplikasi Gojek terdapat 2 metode pembayaran yakni dengan uang tunai dan non tunai menggunakan GoPay. 

Yang artinya jika kalian menggunakan pembayaran GoPay saat pesan layanan di Gojek, berarti kalian tak perlu lagi membayarkan uang cash kepada mitra driver. Namun jika saldo Gopay tidak mencukupi untuk membayar semua tagihan layanan, kalian bisa membayar sisa dengan uang cash kepada mitra driver

Tidak hanya untuk membayar layanan di aplikasi Gojek, saldo GoPay juga bisa untuk belanja offline di toko atau merchant yang menyediakan pembayaran GoPay. Seperti membayar tagihan di Alfamart ataupun merchant GoFood/GoBiz secara offline.

Kalian juga bisa upgrade GoPay kalian agar mendapat manfaat seperti limits saldo GoPay yang meningkat serta bisa mengaktifkan fitur Paylater. Caranya cukup dengan verifikasi akun GoPay menggunakan kartu identitas diri (KTP).

Bagi yang belum tau apa itu PayLater? Yakni fitur dari GoPay yang memungkinkan kita bisa hutang terlebih dahulu kepada Gojek kemudian membayar semua tagihan di akhir bulan. Cocok sekali bukan? buat anak kos yang nunggu transferan bos di akhir bulan.

9. GoPulsa

Tidak hanya untuk kebutuhan antar jemput maupun belikan makanan, Gojek juga menambahkan fitur bayar kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi Gojek. Seperti fitur GoPulsa yang merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk beli pulsa dan paket data all operator di aplikasi Gojek. 

Namun perlu diingat yah, bahwa pembelian pulsa dan paket data melalui fitur GoPulsa ini hanya berlaku untuk metode pembayaran non tunai saja. Jadi selalu sediain saldo GoPay di aplikasi Gojek untuk menikmati fitur ini.

Kalian bisa top up saldo GoPay melalui driver Gojek maupun melalui partner yang sudah bekerja sama seperti Alfamart. Top Up Gopay juga bisa menggunakan mbanking kok, selain itu kalian juga bisa menggunakan Paylater dalam pembelian GoPulsa ini.

10. GoBills

Tidak hanya pembelian pulsa dan paket data, pembayaran tagihan seperti BPJS dan gas PGN juga bisa dibayarkan melalui aplikasi Gojek di fitur layanan GoBills

Sama halnya dengan GoPulsa, GoBills juga hanya berlaku untuk metode pembayaran non tunai menggunakan GoPay maupun PayLater.

Untuk layanan GoBills sendiri bisa digunakan untuk berbagai tagihan, di antaranya : PLN, BPJS Kesehatan, Zakat online, Kode Voucer Google Play, Game Voucer, TV Kabels, PDAM, Gas PGN, Streaming dan lain sebagainya.

11. GoClean, GoFitness dan GoMassage

Ketiganya merupakan layanan Gojek dalam bidang kehidupan sehari-hari. Seperti GoMassage yang merupakan layanan pesan tukang pijat secara online. GoClean yang merupakan layanan bersih-bersih serta GoFitness yang merupakan jasa pesan kelas olaraga di sebuah Gym 

Hanya saja layanan GoClean dan GoMassage hanya bisa dinikmati di kota-kota besar saja. Selain itu kalian juga harus install aplikasi GoLife untuk bisa pesan layanan tersebut

12. GoTix, GoGames dan GoNews

Fitur hiburan ini dikhusukan bagi pengguna aplikasi Gojek agar tidak ketinggalan info terbaru dalam dunia onlie. 

Seperti layanan GoTix yang memberikan informasi mengenai acara yang akan digelar dalam waktu dekat di sebuah kota. GoTix juga menyediakan fasilitas untuk membelikan tiket acara tersebut maupun tiket bioskop secara online.

GoGaames juga memberikan informasi menarik tentang game yang sedang tren. Kalian bisa banget baca tutorial dan tips yang menarik ala gamers. Kalian juga bisa top up game kalian di fitur ini dan pembayaran menggunakan GoPay.

Sedangkan GoNews merupakan fitur yang memberikan informasi terbaru dengan berbagai topik menarik yang bekerjasama dengan media berita online, Kumparan.

13. GoMed

Fitur layanan terakhir adalah GoMed. GoMed merupakan layanan Gojek dalam bidang kesehatan. Hal ini memungkinkan kita untuk konsultasi langsung dengan dokter secara online. Kita juga bisa pesan obat melalui layanan ini. 

Namun untuk bisa menggunakan layanan ini, kita harus install terlebih dahulu aplikasi Halodoc. Nantinya jika kita pesan obat, obat tersebut akan diantarkan oleh driver Gojek,

Nah begitulah penjelasan tentang fitur layanan yang ada di aplikasi Gojek. Kalau ada pertanyaan tentang hal ini, bisa banget deh share di kolom komentar.

Untuk artikel selanjutnya, aku ingin menjelaskan bagaimana sih cara kerja dan cara pesan layanan di aplikasi Gojek. Dan untuk pertama-tama sebaiknya aku awali dengan penjelasan cara pesan layanan GoRide.

Sampai jumpa di artikel berikutnya



Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "13 Fitur Layanan di Aplikasi Gojek Pelanggan Yang Wajib Kalian Tau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel