8 Fitur Layanan Grab Pelanggan Yang Wajib Kalian Tau


Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Selain Gojek, aplikasi ojek online yang juga banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah Grab.

Grab merupakan aplikasi ojek online terbesar se-Asia Tenggara yang sudah menyandang status sebagai Decacorn.

Tau tidak apa itu Decacorn?

Decacorn merupakan sebutan bagi perusahaan startup yang valuasinya atau nilai perusahaan mencapai 10 miliar dolar AS. Jadi tidak salah kalau strategi marketing Grab sering memberikan diskon dan promo yang luar biasa besar bagi penggunanya sehingga pengguna aplikasi ini terus bertambah tiap harinya.

Seperti halnya Gojek, Grab tidak hanya sekedar aplikasi pesan ojek online saja. Dengan berhasilnya mengakuisisi Uber dan Kudo, juga bekerja sama dengan OVO sebagai salah satu metode pembayarannya, Grab menjadi “Super App” yang memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna.

Mau tau apa saja fitur layanan aplikasi Grab?

Tenang! Di artikel kali ini aku ingin membahas tentang fitur dan layanan apa saja yang ada di aplikasi Grab pelanggan. Yuk simak di bawah ini

Penjelasan Fitur Layanan Grab Pelanggan


1. GrabFood (Makanan)


GrabFood merupakan layanan pesan makanan ke restoran yang sudah terdaftar sebagai partner Grab.

Layanan GrabFood ini sangat populer bagi pengguna setia Grab, selain banyak variasi menu makanan dan restoran terkenal yang terdaftar, GrabFood juga sering sekali memberikan promo yang sangat menarik.

Seperti pengalamanku yang sering menggunakan promo GrabFood. Yang mana harga pesanan yang tadinya 48 ribu dengan ongkir cuma 3000, aku cuma bayar 19.200 + 3000 (ongkir) karena aku mendapat promo diskon 60%.

Enak banget kan?

GrabFood sendiri dibedakan menjadi dua, yakni GrabFood Reguler dengan GrabFood Pilihan. Tidak ada perbedaan yang mencolok sih untuk cara pesannya. Jika kalian ingin paham perbedaan antara keduanya, bisa dibaca di artikel Perbedaan GrabFood Reguler dan GrabFood Pilihan.

Yang jelas di aplikasi Grab pelanggan, Restoran yang terdaftar di GrabFood Pilihan terdapat logo ceklis hijau ( ü ) pada nama Restorannya. Sedangkan untuk GrabFood reguler tidak ada. Biar lebih jelas, begini nih penampakannya :


2. GrabBike Dan GrabCar

GrabBike (Motor) merupakan layanan Grab dalam jemput dan antar pelanggan menggunakan kendaraan roda dua. Sedangkan GrabCar (Mobil) adalah layanan jemput dan antar menggunakan kendaraan roda empat.

Layanan ini cocok banget bagi yang mau pergi ngantor dan malas menggunakan kendaraan pribadi. Ataupun bagi pengguna yang ngekos yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin diantar ke berbagai tujuan.

Apalagi yang sedang berada di luar kota dan binggung cari tempat atau lokasi yang mau dituju. Cukup berbekal nama tempat atau instansi yang hendak dituju, kalian bisa pesan abang Gojek yang bisa mengantarkan kalian ke tempat tujuan tanpa harus bertanya-tanya atau kesasar salah pilih angkot.

Perlu diingat yah, Layanan GrabCar itu hanya dapat mengantarkan satu orang saja. Kalau kalian berdua atau bertiga, sebaiknya pesan GrabBike dua atau tiga kali. Namun kalau tujuannya sama, lebih hemat kalau pakai GrabCar.

GrabCar sendiri mempunyai 2 type yang berdasar jumlah pelanggan, yakni GrabCar4 dan GrabCar6. Maksudnya kalau pesan untuk 1 sampai 4 orang pelanggan, bisa pesan yang GrabCar biasa atau Grabcar4. Namun jika pelanggannya jumlahnya 5 sampai 6 orang, sebaiknya pesan layanan GrabCar6 yang bisa muat sampai 6 orang.

3. GrabExpress (Pengantaran)

Layanan GrabExpress ini bisa jadi andalan loh buat kalian yang sering kirim paket. Karena GrabExpress merupakan layanan kirim paket atau barang yang menggunakan jasa abang Grab sebagai kurirnya.

Kalian bisa melacak status pengiriman sudah sampai mana melalui GPS tracker yang ada di aplikasi Grab. Selain itu, kirim paket menggunakan GrabExpress dijamin aman deh, soalnya layanan GrabExpress ini sudah diasuransikan hingga 10 juta rupiah.

Namun sebelum pesan, sebaiknya kita pastikan bahwa paket yang hendak dikirim sudah sesuai dengan ketentuan Grab, seperti berat paket maksimal 5 kg dengan dimensi 25x32x12 cm.

Jenis barang yang dikirimkanpun juga harus memenuhi syarat. GrabExpress tidak menerima pengiriman barang pecah-belah, makanan yang tidak dikemas dengan rapi, minuman beralkohol, perhiasan mahal, uang tunai atau benda yang dilarang oleh ketentuan undang-undang di Indonesia.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat Indonesia dengan jual beli online GrabExpress juga bekerjasama dengan marketplace jual beli online sebagai metode pengiriman dalam satu wilayah. Jadi pas banget nih buat jurangan online yang mau kirim produknya ke pembeli lokasl dalam satu wilayah.

4. Paket Hemat

Fitur paket hemat ini dikhususkan bagi pelanggan setia dan loyal Grab, agar bisa nikmatin layanan Grab dengan cara yang hemat.

Fitur paket hemat ini merupakan fitur langganan voucer yang nantinya bisa dipakai tiap hari bagi yang mengaktifkan salah satu paket.

Misalnya kalian tiap hari menggunakan layanan GrabBike dengan tarif 9000 tiap perjalanan. Dengan berlangganan paket motor seharga 30.000, kalian akan mendapatkan voucer diskon GrabBike 5000 untuk 15 kali pemakaian dan 5 voucer diskon GrabBike sebesar 9.000. Sangat menguntungkan bukan?

Tidak hanya paket motor saja, ada banyak paket langganan voucer yang bisa kalian beli sesuai kebutuhan sehari-hari.

5. Sewa (Sewa GrabCar)

Bagi kalian yang ingin jalan-jalan ke beberapa lokasi di kota yang sama selama berjam-jam, bisa banget nih menggunakan fitur Sewa GrabCar ini.

Misalnya kalian sedang berlibur dengan teman-teman ke sebuah kota, kemudian bingung mau jalan-jalan kemana. Dengan fitur sewa ini, kalian bisa sewa mobil beserta pengemudinya dan mengantarkan kalian berkeliling kota tersebut.

Untuk besaran tarif tergantung pada paket yang kita pilih, meliputi cakupan jarak (radius 35 km) dan lamanya durasi sewa. Kendaraannya pun dapat menampung 6 orang dengan 2 bagasi. Jadi cocok deh buat rame-rame dengan teman atau keluarga.

6. Good Doctor (Kesehatan)

Fitur Good Doctor ini memungkinkan kita bisa konsultasi masalah kesehatan dengan dokter secara online melalui aplikasi Grab. Dengan bayar 15.000 saja kita bisa konsultasi dengan berbagai dokter spesialis maupun dokter umum.

Kita juga bisa membuat janji untuk konsultasi di rumah sakit maupun klinik yang sudah kita pilih sebelumnya. Tidak hanya itu, melalui fitur ini kita juga bisa membeli obat di apotik online yang sudah bekerja sama dengan Grab.

7. Pulsa, Token dan Bayar Tagihan

Tidak hanya untuk kebutuhan antar jemput maupun belikan makanan, Grab juga menambahkan fitur bayar kebutuhan sehari-hari seperti beli pulsa, token listrik, bayar tagihan BPJS maupun bayar tagihan pula pascabayar melalui aplikasi Grab.

Namun perlu diingat yah, bahwa pembelian di fitur ini hanya berlaku untuk metode pembayaran non tunai saja. Jadi selalu sediain saldo OVO di aplikasi Grab untuk menikmati fitur ini. Kalian bisa top up saldo OVO melalui driver Grab maupun melalui m-Banking.

8. Fitur Lainnya


Masih banyak fitur lain dari aplikasi Grab seperti Booking Hotel, beli tiket bioskop, belanja di GrabFress, streaming movie online di aplikasi Grab dan lain sebagainya.

Nah begitulah penjelasan tentang fitur layanan yang ada di aplikasi Grab Pelanggan. Kalau ada pertanyaan tentang hal ini, bisa banget deh share di kolom komentar.

Untuk artikel selanjutnya, aku ingin menjelaskan bagaimana sih cara kerja dan cara pesan layanan di aplikasi Grab. Dan untuk pertama-tama sebaiknya aku awali dengan penjelasan cara pesan layanan GrabBike dan GrabCar.

Sampai jumpa di artikel berikutnya

Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "8 Fitur Layanan Grab Pelanggan Yang Wajib Kalian Tau "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel