Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Pesan GoRide Dan GoCar

 Panduan Lengkap Cara Pesan GoRide Dan GoCar

Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi yang menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya sudah aku jelasin fitur layanan apa saja yang ada di aplikasi Gojek. Dari penjelasan tersebut masing-masing layanan memiliki perbedaan jasa layanan yang ditawarkan. Jadi sebelum pesan sebaiknya sesuaikan dengan jasa yang kalian butuhkan yah?

Untuk kali ini aku ingin membahas tentang bagaimana sih cara pesan layanan GoRide.

Yang belum tau apa itu GoRide, GoRide merupakan layanan jemput pelanggan dan mengantarnya sampai tujuan menggunakan kendaraan roda dua. Atau lebih gampangnya, pesan layanan GoRide berarti kalian pesan abang Gojek untuk menjemput dan mengantar kemanapun kalian mau.

Tapi ingat yah, pesan GoRide berarti cukup untuk satu pelanggan saja yah, kalau ingin pesan untuk dua orang atau lebih, bisa pesan GoCar.

Cara pesan layanan GoRide dan GoCar pada dasarnya sama langkah-langkahnya. Biar lebih jelas lagi, dengan senang hati aku buatkan panduan lengkap cara pesan layanan GoRide di bawah ini:


Panduan Cara Pesan GoRide dan GoCar Terbaru


Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi Gojek. Jika belum punya akun, daftar saja pakai nomor aktif di smartphone kalian.

Kenapa harus nomor aktif?

Karena setiap login membutuhkan kode OTP (one time password) yang akan dikirimkan ke nomor terdaftar. Aku saranin sih gunakan nomor handphone utama kalian, soalnya kalau nomornya tidak aktif maka kalian akan kesulitan untuk login kembali.

Setelah masuk ke akun Gojek, pada beranda utama kalian akan melihat berbagai menu pilihan layanan yang ada di aplikasi Gojek. Untuk pesan layanan GoRide, tekan bulatan warna hijau yang berlogo sepeda motor. Terdapat tulisan “GoRide” di bawah logo tersebut


Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi tujuan. Sebenarnya aku tidak begitu setuju kenapa harus menentukan lokasi tujuannya dulu, bukannya lebih enak kalau menentukan lokasi jemputnya yah. Ah entahlah, PT Gojek punya pandangannya sendiri soal itu.

Untuk menentukan lokasi tujuan bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan mengetikkan alamatnya ataupun dengan menentukan secara manual dengan membuka peta.


Setelah menentukan lokasi tujuan barulah kita diminta memasukkan lokasi jemput. Biasanya akan secara otomatis mengarah pada lokasi GPS kita berada. Namun sebaiknya kita mengeceknya sekali lagi, apakah lokasi jemput ini sudah sesuai.

Kenapa?

Karena penentuan lokasi jemput ini cukup vital dalam pesan ojek online. Jika lokasinya tidak akurat, driver akan kesulitan menemukan lokasi kita, juga waktu kita juga akan terbuang sia-sia karena kelamaan nunggu bukan? Maka dari itu, sebaiknya kita cek benar-benar dalam menentukan lokasi jemput ini.


Saran aja nih, untuk mengetikkan alamat sebaiknya gunakan nama toko, nama instansi, nama café dan nama tempat-tempat terkenal yang sudah terdaftar di Google map.

Soalnya kebanyakan kesalahan pelanggan dalam menentukan titik jemput menggunakan nama jalan atau nama desa, berakibat sistem memilihkan lokasi secara acak dan tidak sesuai dengan lokasi kita berada.

Sesudah menentukan lokasi jemput, kita akan diarahkan pada laman konfirmasi pesanan. Di laman ini kita bisa mengetahui tarif dari perjalanan yang kita pesan nantinya.


Kita juga bisa menentukan metode pembayarannya menggunakan uang tunai, GoPay, PayLater ataupun LinkAja. Cara mengubah metode pembayaran dengan cara tekan titik tiga kemudian memilih salah satu pembayarannya.

Di laman ini kita juga bisa mengganti pesanan dari GoRide menjadi GoCar, caranya klik titik tiga di dekat tulisan “1 orang”. Kita tinggal pilih deh mau pesan GoCar untuk berempat atau berenam.

Jika sudah fix semua, tinggal tekan “Pesan GoRide” untuk mulai memesan.

Sistem akan mencarikan driver untuk kita dalam beberapa detik. Namun jika pada jam-jam sibuk atau di tengah maam misalnya, mungin kita akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama agar sistem menemukan driver untuk kita.

Jika sudah mendapatkan driver, sebaiknya kita langsung konfirmasi kepada drivernya melalui telepon ataupun chat. Jangan didiamkan saja dan menunggu driver datang tanpa konfirmasi. Selain lebih menghargai mereka, juga dengan konfirmasi di awal akan membuat driver menjemput kita dengan sesegera mungkin.

Soalnya tidak sedikit juga pelanggan yang mentang-mentang sudah pesan dan bayar pakai GoPay, tidak mau untuk konfirmasi ulang melalui chat. Giliran driver jemputnya telat (karena nungguin konfirmasi dari pelanggan) dimarahin.

Jangan seperti itu yah? Driver adalah mitra Gojek, bukan seorang buruh yang bisa diperlakukan seenaknya. Mereka juga butuh untuk memastikan pesanan, juga sebagai dasar dari kode etik driver ojek online

Setelah driver tiba, jangan buat driver kamu menunggu lama. Pastikan kita mendapatkan perlengkapan berkendara seperti helm.

Setelah driver mengantarkan kita sampai tujuan, bayar tarif layanan sesuai di aplikasi jika menggunakan metode uang tunai. Namun jika menggunakan GoPay, kita tidak perlu bayar lagi.

Jangan lupa untuk memberi penilaian kepada driver sebagai bentuk apresiasi pengalaman kita saat berkendara menggunakan layanan GoRide maupun GoCar. Terdapat pilihan 5 bintang, bintang satu berarti penilaian yang buruk dan bintang 5 berarti penilaian yang baik.

Kita juga bisa memberi komentar kepada driver sebagai bentuk saran, kritik maupun ucapan terima kasih kepada driver. Terlebih jika kita memiliki saldo GoPay, kita bisa memberi tips kepada driver tersebut menggunakan GoPay.

Nah begitulah panduan lengkap cara pesan layanan GoRide. Kalau ada pertanyaan tentang hal ini, bisa banget deh share di kolom komentar.

Untuk artikel selanjutnya, aku ingin menjelaskan tentang cara pesan layanan GoFood. Sampai jumpa di artikel berikutnya.




Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Pesan GoRide Dan GoCar "