Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabBike dan GrabCar

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabBike dan GrabCar

Hai kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya sudah aku jelasin fitur layanan apa saja yang ada di aplikasi Grab. Dari penjelasan tersebut masing-masing layanan memiliki perbedaan jasa layanan yang ditawarkan. Jadi sebelum pesan sebaiknya sesuaikan dengan jasa yang kalian butuhkan yah?

Untuk kali ini aku ingin membahas tentang bagaimana sih cara pesan layanan GrabBike.

GrabBike merupakan layanan Grab untuk jemput pelanggan dan mengantarnya sampai tujuan menggunakan kendaraan roda dua. Atau lebih gampangnya, pesan layanan GrabBike berarti kalian pesan abang Grab untuk menjemput dan mengantar kemanapun kalian mau.

Tapi ingat, pesan GrabBike berarti cukup untuk satu pelanggan saja yah, kalau ingin pesan untuk dua orang atau lebih, bisa pesan GrabCar.

Cara pesan layanan GrabBike dan GrabCar pada dasarnya sama langkah-langkahnya. Biar lebih jelas lagi, aku buatkan panduan lengkap cara pesan layanan GrabBike di bawah ini.

Panduan Cara Pesan GrabBike dan GrabCar Terbaru

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi Grab pelanggan. Jika belum punya akun, daftar terlebih dahulu yah. Kemudian pada menu beranda aplikasi Grab pilih “motor” untuk mulai pesan GrabBike.


Setelah itu aplikasi Grab secara otomatis mendeteksi lokasi kita berada. Karena hal tersebut mengaktifkan GPS dengan akurasi tinggi penting sekali dalam pesan ojek online.

Namun dalam pesan Grab khususnya untuk GrabBike, memilih lokasi dengan mengeser titik lokasi di map jauh lebih baik. Alasannya karena di aplikasi Grab memberikan berbagai pilihan rekomendasi titik jemput yang bisa kita manfaatkan.

Rekomendasi titik jemput itu bertanda bulatan hijau pada map. Dengan memilih bulatan hijau tersebut, maka secara otomatis lokasinya akan mendeteksi nama sebuah instansi atau nama yang ada di Google map yang mudah untuk dikenali dan ditemukan oleh driver.

Kalian juga bisa kok menentukan alamat lokasi jemput dan tujuan hanya dengan mengetikkan alamat atau nama sebuah instansi. Namun pastikan bahwa alamat yang ditulis benar dan sesuai yah.


Setelah menentukan titik jemput dan titik antar, kita akan diarahkan pada laman perincian order. Di laman ini kita bisa menentukan pilih layanan GrabBike atau GrabCar. Selain itu ada beberapa pilihan layanan lain seperti GrabCar 6, GrabCar Plus dan GrabTaxi.


Untuk metode pembayarannya kita bisa pilih antara pembayaran tunai atau non tunai (OVO dan OVO Point). Pembayaran non tunai berarti kita tidak perlu bayar lagi dengan uang cash.


Tekan “Pesan GrabBike / Pesan GrabCar “ untuk melanjutkan proses pemesanan. Sistem akan mencarikan driver secara otomatis, jadi kita tidak bisa menentukan pengemudinya sendiri.

Sebenarnya ada fitur layanan GrabNow yang mana kita bisa pesan secara langsung driver di hadapan kita. Caranya dengan meminta kode dari driver maupun dengan metode pairing. Namun fitur ini hanya berlaku di kota-kota besar saja dan itupun hanya di lokasi tertentu juga.


Setelah mendapatkan driver sebaiknya kita konfirmasi terlebih dahulu kepada driver melalui fitur chat maupun telepon gratis di aplikasi Grab.

Konfirmasinya misalnya tentang lokasi kita berada ataupun tentang ciri-ciri fisik agar driver bisa menemukan kita, misalnya menjelaskan pakaian yang kita pakai atau hal lainnya.

Tunggu beberapa saat hingga driver menjemput kita dan mengantarkan kita sampai di tujuan.

Grab juga memberi jaminan keselamatan kita juga loh, selain dengan memberikan asuransi perjalanan selama menggunakan aplikasi Grab, kita juga bisa share perjalanan kita kepada orang terdekat kita juga loh.

Caranya dengan pilih “Pusat Keselamatan” kemudian pilih “Bagikan Detail Perjalanan”. Kita bisa pilih share link perjalanan kita ke teman atau keluarga, nantinya teman atau keluarga kita juga bisa pantau perjalanan kita melalui link yang kita share tadi.

Hal ini sangat bermanfaat sekali disaat kita melakukan perjalanan di tengah malam. Meskipun driver Grab sudah diseleksi dan dijamin amanah sama pihak Grab, namun kejahatan ataupun kecelakaan bisa saja terjadi di tengah jalan. Setidaknya kita bisa dipantau dari jauh melalui share perjalanan tersebut.


Bayarlah sesuai tarif yang tertera di aplikasi, namun jika kita menggunakan metode pembayaran OVO atau OVO Point, kita tidak perlu membayar dengan uang tunai lagi.

Kita juga bisa meminta driver untuk top up saldo OVO namun tanyakan terlebih dahulu apakah driver memiliki saldo OVO di aplikasinya yah.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk selalu memberikan penilaian kepada drivernya. Sebab penilaian kita bisa jadi support bagi driver itu sendiri. Bahkan kita bisa kok memberi tips kepada driver melalui aplikasi, namun kita harus punya saldo OVO untuk melakukan itu.

Nah begitulah panduan lengkap cara pesan layanan GrabBike. Kalau ada pertanyaan tentang hal ini, bisa banget deh share di kolom komentar.

Untuk artikel selanjutnya, aku ingin menjelaskan tentang cara pesan layanan GrabFood. Sampai jumpa di artikel berikutnya.




Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Pesan GrabBike dan GrabCar "