Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Antara GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner

Perbedaan Antara GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner

Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

GoFood merupakan salah satu layanan Gojek yang sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia. Selain banyaknya restoran yang sudah bergabung menjadi partner GoFood, penyajian dan pengiriman juga termasuk sangat cepat. Jadi makanan dikirim ke pelanggan dalam keadaan masih fresh.

Perlu kita ketahui bahwa partner GoFood itu terbagi menjadi 3, yakni GoFood Reguler, GoFood GoBiz dan GoFood Super Partner.

Untuk itu, di artikel kali ini aku ingin menjelaskan perbedaan antara GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner. Serta keunggulan dari masing-masing jenis GoFood menurut pandanganku pribadi sebagai pelanggan maupun sebagai driver.

GoFood Reguler merupakan partner GoFood generasi pertama, sedangkan GoFood GoBiz merupakan generasi GoFood kedua. Tidak ada perbedaan mencolok perihal cara pesan GoFood di kedua partner ini, hanya terdapat perbedaan di tampilan akan terdapat tanda “GoFood Partner” untuk partner GoFood GoBiz.

Perbedaan lainnya juga terletak pada penggunaan aplikasi partner. Jika GoFood Reguler tidak memiliki aplikasi khusus, GoFood GoBiz menggunakan aplikasi GoBiz dalam penerapan cara kerjanya.

Keunggulan Partner GoFood GoBiz dibanding partner GoFood Reguler adalah parrtner GoBiz bisa update menu, jam buka, update harga hingga update lokasi resto dengan sangat mudah melalui aplikasi GoBiz. Sedangkan untuk partner GoFood Reguler hanya bisa update informasi mengenai menu, harga, dan lokasi by email maupun melalui pihak kantor Gojek secara langsung.

Maka dari itu, jika kalian para pelanggan pernah order makanan di sebuah restoran, kemudian drivernya mengatakan restoran sedang tutup atau harga makanannya tidak sama. Berarti kalian sedang order di restoran yang terdaftar sebagai Partner GoFood Reguler.

Apa itu GoFood Super Partner?


GoFood Super Partner merupakan fitur terbaru dari Gojek, bisa dibilang kalau GoFood Super Partner ini merupakan GoFood generasi ketiga.


Fitur GoFood Super Partner ini menjanjikan pelayanan super cepat dari pada dua versi GoFood sebelumnya. Alasannya karena pesanan akan langsung masuk ke aplikasi restoran terlebih dahulu sebelum masuk ke driver.

Pihak restoran akan konfirmasi pesanan sekaligus menyiapkan pesanan sesuai aplikasi, baru kemudian order akan diteruskan ke mitra driver.

Sebenarnya GoFood GoBiz juga mendapat notifikasi di aplikasinya saat ada order masuk. Namun dalam penerapannya, pihak restoran akan menyiapkan pesanan ketika pihak driver sudah konfirmasi pesanan saat sudah berada di restoran.

Berbeda dengan cara kerja GoFood Super Partner ini, tanpa harus ada konfirmasi dari driver, pihak restoran akan menyiapkan pesanan sesuai aplikasi. Karena orderan di GoFood Super Partner ini pelanggan tidak bisa menambah pesanan lagi bahkan tidak bisa cancel order.

Cancel order hanya bisa dilakukan dengan telepon restoran terlebih dahulu, kemudian pihak restoran sendiri yang akan konfirmasi dengan telepon CS Gojek untuk membatalkan pesanan.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan cara kerja dari partner GoFood :

Perbedaan Antara GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner
Alur pemesanan GoFood reguler dan GoFood GoBiz
Alur pemesanan GoFood Super Partner
Dari segi keuntungan, Partner GoFood Super Partner merupakan pilihan yang sangat menguntungkan bagi pelanggan. Selain dari segi kecepatan pengiriman, tentu dalam hal ini merchant GoFood Super Partner dan GoFood GoBiz terdapat banyak promo diskon yang tidak ada di GoFood Reguler.

Untuk harga makanannya juga tidak bisa dirubah, jadi jika pihak restoran lupa upgrade harga di aplikasi, yang paling di untungkan adalah pelanggannya bukan. Sedangkan untuk merchant GoBiz, meskipun harga lupa di update, namun harga masih bisa dirubah di aplikasi driver.

Perbedaan Partner GoFood Dari Sudut Pandang Driver

Bagi driver, promo dan diskon di aplikasi merchant GoFood tidak ada pengaruhnya dengan penambahan penghasilan mereka. Yang bisa menguntungkan driver adalah pihak restoran bisa menyiapkan makanan dengan cepat.

Semakin cepat pihak restoran menyiapkan makanan, semakin cepat pula driver dalam menyelesaikan order. Dengan begitu potensi mendapatkan order lebih banyak dalam satu hari makin bertambah besar.

Dari melihat kondisi tersebut, pelayanan GoFood Super Partner akan menjadi solusi menarik bagi driver. Namun fitur GoFood Super Partner ini masih berlaku di wilayah Jabodetabek, Malang, Bandung dan kota-kota besar lainnya. Dan tidak semua partner GoFood juga terdaftar di fitur terbaru Gojek ini.

Enaknya lagi, di Merchant GoFood Super Partner dan GoBiz, pembayaran pembelian makanan tidak menggunakan uang tunai. Semua pembelian makanan menggunakan pembayaran non tunai di aplikasi driver.

Dengan begitu, driver tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai dalam pembelian makanan di restoran. Berbeda lagi jika membelikan makanan di restoran GoFood Reguler. Driver harus membayar dengan uang tunai untuk pembelian di restoran ini.

Cara Kerja
GoFood Reguler
GoBiz / GoResto
GoFood Super Partner
Order Masuk
Pihak Restoran baru mengetahui kalau ada order saat driver menunjukkan pesanan di aplikasi saat berada di restoran
Pihak restoran mendapat notifikasi order, namun nunggu driver konfirmasi pesanan terlebih dahulu
Notifikasi order di terima pihak restoran dan konfirmasi pesanan pelanggan, selanjutnya akan diteruskan kepada mitra driver
Pelayanan
Nunggu konfirmasi driver untuk pemesanan
Nunggu konfirmasi driver untuk pemesanan
Menyiapkan pesanan tanpa anunggu konfirmasi driver
Promo dan Diskon
Jarang ada promo dan diskon
Sering ada promo dan diskon
Sering ada promo dan diskon
Pembelian makanan oleh driver
Driver bayar tunai kepada restoran untuk pembelian pesanan
Pembelian pesanan menggunakan metode non tunai melalui aplikasi driver
Pembelian pesanan menggunakan metode non tunai melalui aplikasi driver
Pengaturan harga, Jam buka dan Update menu
Harga menu di aplikasi tidak selalu update, pesanan bisa saja sedang kosong namun pelanggan tidak bisa mengetahuinya
Pihak restoran bisa update harga dan menutup restoran melalui aplikasi. Penambahan menu bisa dilakuakn melalui aplikasi driver
Pihak restoran bisa update harga dan menutup restoran melalui aplikasi. Penambahan menu tidak bisa dilakukan dan pelanggan tidak bisa cancel pesanan melalui aplikasi

Nah bagaimana, sudah paham perbedaan antara ketiga partner GoFood?

Kalau kalian sendiri lebih menyukai yang mana? GoFood Reguler, GoFood GoBiz atau GoFood Super Partner?

Salam Bahagia
Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Perbedaan Antara GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner "