Tetap Aman Ngebid di Pandemi COVID-19



Hai mitra driver, kembali di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Bagaimana kabar kalian? Apa masih tetap aktif ngebid di Pandemi COVID-19?

Negeri kita memang sedang terjadi wabah penyakit yang sangat menular dengan sebutan COVID-19 atau Corona. Bahkan wabah ini juga tengah dihadapi hampir di seluruh negara di dunia ini.

Himbauan dari Pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus ini agar tidak meluas juga sudah digalakkan. Mulai dari karantina mandiri hingga selalu menjaga kebersihan diri dengan memakai hand-sanitizer, desinfektan hingga menggunakan masker saat di luar ruangan.

Pemerintah Indonesia juga meliburkan instansi pendidikan mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Pemerintah juga menghimbau bagi pekerja bisa bekerja di rumah atau work from home untuk mengantisipasi penyebaran virus ini.

Namun bagi pekerja yang tidak bisa mengerjakan pekerjaannya di rumah, juga tetap menghimbau untuk selalu jaga diri terutama tetap menjalankan protokol dalam mengantisipasi penyebaran virus corana.

Seperti halnya ojek online yang aktifitasnya di luar ruangan, tentu sangat riskan dalam penyebaran virus corona ini. Maka dari itu kita sebagai ojek online juga harus sangat berhati-hati, terutama dalam menjaga diri saat aktif ngebid tiap harinya.

Kita tau sendiri bahwa program pemerintah soal karantina mandiri dan physical distancing, yang mana masyarakat harus lebih menjaga jarak dengan orang di sekitarnya dan juga tidak bepergian jika tidak penting-penting amat,sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

Maka dari itu, jika masih ada yang beraktifitas ataupun tetap bekerja di pandemi COVID-19 ini, bukan berarti mereka tidak mengindahkan himbauan pemerintah soal mengantisipasi penyebaran virus corona. Melainkan mereka juga memperjuangkan hal yang lebih penting, yakni “Kelangsungan Hidup”.

Aku sendiri juga masih aktif ngebid di tengah Pandemi ini, bukan karena sok kuat atau sok memiliki anti virus yah, namun lebih untuk memperjuangkan kelangsungan hidup diri sendiri dan keluarga.

Namun yang harus digarisbawahi bahwa bekerja di pandemi COVID-19 ini juga perlu kewaspadaan yang tinggi. Terutama bekerja sebagai ojek online yang memang pekerjaannya berada di luar ruangan serta berjumpa dan secara otomatis banyak melakukan kontak fisik dengan banyak orang asing.

Untuk itu sebagai driver, kita harus pandai-pandai dalam menjaga diri agar tidak sampai terkena atau terjangkit virus corona. Berikut ini aku ingin share pengalamanku biar tetap aman selama ngebid di tengah pendemi COVID-19.

Tips Aman Ngebid di Tengah Wabah Virus Corona

Tetap Aman Ngebid di Pandemi COVID-19

1. Jaga Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh

Kita tau sendiri bahwa virus ini sudah menginfeksi ribuan orang di seluruh dunia, dan virus ini belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah infeksi virus Corona. Maka dari itu pemerintah menghimbau agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan diri dan juga menjaga daya tahan tubuh.

Namun sebenarnya virus ini juga tidak semenakutkan itu, terutama jika kita memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Karena memperkuat sistem imun tubuh merupakan cara paling efektif dalam menangkal penularan virus corona ini.

Oleh sebab itu, sebagai driver ojek online yang sehari-harinya dihabiskan untuk bekerja di jalan dan di luar ruangan, serta seringnya bertemu dan kontak fisik dengan orang lain. Sepatutnya kita harus jaga diri dengan memperkuat sistem imun tubuh.

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Namun ada banyak hal yang dapat memperlemah sistem imun tubuh, seperti penuaan, penyakit bawaan, kurang gizi, kelelahan, stress, bahkan obat-obatan tertentu.

Sehingga dengan memahami hal tersebut, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang bergizi tiap harinya. Setidaknya yang kita bisa lakukan adalah dengan selalu sarapan sebelum ngebid.

Selanjutnya buang jauh-jauh pemikiran yang bikin stress, karena stress ini bisa memicu berbagai penyakit. Dalam hal ini, di tengah pandemi COVID-19 yang sangat berdampak pada jumlah orderan ojek online, sebaiknya kita tetap santai dan bersyukur seberapapun orderan yang kita dapatkan perharinya.

Kalau perlu, kita jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi sumplemen penunjuang daya tahan tubuh, seperti suplement yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Kalau aku sih tiap hari konsumsi vitamin C, seperti UC 1000, Vitamin C Tablet ataupun ImBoost

2. Hindari Keletihan Dan Istirahat Cukup

Sederhana sih, namun taukah kalian bahwa istirahat yang cukup merupakan salah satu penangkal dari berbagai macam penyakit. Kekurangan tidur juga bisa melemahkan daya tahan tubuh sehingga beragam penyakit bisa lebih mudah menyerang tubuh kita.

Selain itu menjaga tubuh tetap bugar juga sangat penting bagi kita di tengah pandemi COVID-19 ini. Jadi jika memang tubuh kita dalam keadaan letih, mungkin sebaiknya kita beristirahat terlebih dahulu dan menunda untuk ngebid.

3. Bawa Perlengkapan Untuk Mengantisipasi Penyebaran COVID-19


Seperti himbauan dari Pemerintah bahwa disetiap keluar rumah sebaiknya selalu menggunakan masker. Karena penularan COVID-19 ini berawal dari mulut dan hidung yang tersentuh oleh tangan kita yang mana tangan kita sudah menyentuh benda atau seseorang yang terinfeksi corona sebelumnya.

Untuk itu, disetiap ngebid sebaiknya kita menggunakan masker ataupun buff. Sehingga saat menerima uang tunai dari pelanggan atau bersentuhan langsung dengan pelanggan, tangan kita tidak langsung menyentuh hidung dan mulut.

Lengkapi juga dengan memakai sarung tangan agar kita tidak langsung bersentuhan juga dengan pelanggan. Kalau perlu bawa juga Hand-sanitizer, jadi sebelum menyentuh makanan kita gunakan hand-sanitizer itu dulu untuk mensterilkan tangan dari bakteri dan kuman.

Kalaupun tidak punya hand-sanitizer setidaknya kita cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun sebelum menyantap makanan, terutama saat selesai menyelesaikan orderan.

4. Jangan Sering Berkumpul Dikeramaian

Satu lagi yang perlu diberhatikan bahwa program Physical Distancing merupakan program Pemerintah agar masyarakat tidak sering bersentuhan secara fisik ataupun berkerumun dengan banyak orang dalam satu tempat.

Biasanya driver memiliki suatu paguyupan yang mereka sebut dengan basecamp. Di basecamp tersebut, driver sering berkumpul untuk sekedar bercanda dan berkomunikasi sambil menunggu orderan.

Nah di tengah Pandemi COVID-19 kali ini, sebaiknya kita sedikit mengurangi berkumpul seperti ini. Karena tidak hanya dari pelanggan, penularan virus corona juga bisa jadi dari sesama driver.

5. Selalu Jaga Kebersihan Diri Dan Perlengkapan Ngebid

Kebersihan diri merupakan hal yang paling diutamakan dalam menangkal virus Corona ini. Hal ini bisa kita jaga dengan selalu membersihkan diri sesudah selesai ngebid dan sebelum bercengkrama dengan keluarga di rumah.

Perlengkapan ngebid juga perlu kita bersihkan seperti helm, sarung tangan, maupun atribut. Walaupun tidak harus setiap hari, seminggu sekali usahakan atribut selalu dicuci. Untuk tiap harinya, mungkin cukup dengan disemprot cairan disinfektan pada kaca helm, atribut maupun sepeda motor.

Yah begitulah beberapa tips menghadapi COVID-19 yang masih aku jalani tiap harinya selama ngebid. Kalau menurut kalian, ada tips lain tidak? Terutama dalam menghadapi COVID-19 ini saat sedang ngebid tiap harinya.

Salam Bahagia

Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Tetap Aman Ngebid di Pandemi COVID-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel