Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoRide Bagi Driver Baru


Hai mitra driver Gojek, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya sudah kita pelajari bersama tentang jenis orderan apa saja sih yang akan di didapatkan oleh driver Gojek. Jenis orderan tersebut secara umum terbagi menjadi 4, yakni : GoRide, GoFood, GoShop dan GoMart.

Sebenarnya setiap calon driver Gojek selalu diberi pembekalan dan penjelasan cara kerja mitra Gojek saat pendaftaran menjadi mitra baru. Namun dalam pelaksanaannya di lapangan, semua pembekalan tersebut sangatlah berbeda.

Sering kali driver baru membuat kesalahan dalam menjalankan setiap orderan, entah salah memahami orderan yang di dapat, kesusahan menemukan lokasi hingga salah memasukkan perintah saat menjalankan orderan.

Namun semua itu bukan salah driver sepenuhnya, memang butuh pengalaman di lapangan agar driver bisa memahami setiap perintah dan aturan dalam menjalankan setiap order. Kesalahan di lapangan akan membuat driver memahami betul cara kerja Gojek lebih baik lagi.

Aku sendiri juga mengalami kesalahan sewaktu pertama kali onbid. Maka dari itu, aku ingin membuat panduan cara menjalankan order ini agar pembaca khususnya driver baru bisa mempelajari lebih dalam lagi agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya.

Pertama-tama aku ingin menjelaskan tentang cara menjalankan order GoRide, sebagai berikut :

Panduan Cara Menjalankan Order GoRide Terbaru


Pertama-tama kita cek terlebih dahulu kesiapan ngebid untuk hari ini, mulai dari persiapan kelengkapan berkendara (SIM, STNK dan uang modal), atribut dan helm untuk pelanggan. Jika sudah siap, aktifkan aplikasi Gojek driver dengan tekan tombol On/Off di pojok kanan atas. 

Biar lebih mudah aktifkan juga fitur Autobid-nya. Dengan mengaktifkan fitur Autobid kalian bisa menerima order secara otomatis tanpa harus kehilangan order atau yang sering disebut lost order karena ketidaktauhan.

Keraskan juga volume notifikasi di smartphone agar jika mendapat order, kalian bisa mendengar dengan jelas. Takutnya disaat mendapatkan order, namun kondisi kalian di jalan raya sehingga tidak mengetahuinya. Baru setelah beberapa menit kalian mengetahui ada order, takutnya pelanggan akan kecewa dan membatalkan orderannya karena terlalu lama.

Setelah mendapatkan order, yang pertama kali kita harus perhatikan adalah memahami jenis order yang masuk.

Untuk mengetahui itu order GoRide, kalian bisa lihat logo jenis order yang terletak pada nama pelanggan. Untuk detail logo dan jenis orderan, kalian bisa pelajari lebih lanjut di artikel Jenis-Jenis Orderan Yang Diterima Oleh Driver Gojek.

Saat mendapatkan order GoRide, hal pertama yang kalian harus lakukan adalah konfirmasi pelanggan. Hal ini merupakan prosedur dalam menjalankan order Gojek.


Kalian bisa konfirmasi order melalui fitur chat di aplikasi ataupun menggunakan panggilan melalui seluler. Untuk panggilan seluler akan dikenai biaya sesuai tarif provider yah. Biar lebih hemat, gunakan panggilan melalui WhatsApp jika nomor pelanggan yang terdaftar di Gojek sudah terdaftar di WhatsApp.

Untuk konfirmasi order GoRide, kalian bisa tanyakan tentang lokasi jemput sudah sesuai map atau tidak. Jika tidak sesuai, kalian bisa tanyakan ancer-ancer yang memudahkan kalian dalam menemukan posisi pelanggan.

Pelajari juga metode pembayaran pelanggan ini menggunakan metode apa. Ada dua type metode pembayaran, yakni menggunakan pembayaran tunai dan menggunakan non tunai menggunakan GoPay. 


Sesudah konfirmasi lokasi jemput, datangi sesegera mungkin yah. Tekan dan geser perintah “UDAH DI TITIK JEMPUT” pada saat kita sudah benar-benar di lokasi jemput sesuai di aplikasi. Pengecualian jika pelanggan salah menentukan alamat jemput, kalian bisa menekan perintah itu kalau sudah ketemu dengan pelanggan.

Ucapkan salam dan konfirmasi order kepada pelanggan dengan menyebutkan nama pelanggan di aplikasi. Hal ini dilakukan agar tidak salah ambil pelanggan. Takutnya jika ada orang lain yang sama-sama order ojek online, kita bisa saja salah jemput pelanggan yang benar.

Jangan lupa untuk berikan perlengkapan keselamatan dalam berkendara kepada pelanggan seperti helm ataupun masker. Jika pelanggan menolak, setidaknya kalian sudah melakukan prosedur dalam pelaksanaan order GoRide.

Sebelum berangkat, tekan “UDAH SAMA CUSTOMER” dan tanyakan kembali apakah lokasi tujuan sudah sesuai. Jika kalian masih sedikit awam tentang lokasi tujuan, mintalah dengan halus kepada pelanggan agar menunjukkan jalan menuju lokasi.

Jika punya jalan alternatif, ungkapkan pendapat kalian tentang rute jalan yang kalian pilih. Jika pelanggan menolak rute yang kalian pilih, ikuti saja perintah pelanggan untuk berkendara sesuai rute yang dipilih pelanggan.

Setelah sampai di tujuan, Jika pelanggan menggunakan metode pembayaran non tunai, kalian tak perlu menagih tarif GoRide. Karena pembayaran akan masuk secara otomatis ke GoPay driver setelah order selesai.

Namun jika pelanggan menggunakan pembayaran tunai, tagihlah sesuai tarif yang tertera. Untuk itu, selalu bawa uang kecil selama onbid untuk mengembalikan uang kembalian pelanggan. Tekan “Selesai Antar” untuk menyelesaikan orderan.

Dari sini sudah selesai? Belum dong!

Kalian bisa banget memberikan ulasan tentang perjalanan kali ini dengan memberikan rating pada pelanggan. Meskipun ini hanya formalitas, setidaknya hal ini perlu untuk mengetahui seberapa bagus rating pelanggan.

Bagusnya rating pelanggan menunjukkan loyalitas pelanggan dalam penggunaan aplikasi Gojek ini. Dengan begitu, saat mendapat order lain dengan rating pelanggan yang bagus, kalian tidak perlu ragu lagi perihal order fiktif yang sering kali merugikan driver. 


Nah bagaimana? sudah paham dengan panduan cara menjalankan order GoRide kali ini?

Jika ada pertanyaan tentang hal ini, kalian bisa tanyakan di kolom komentar yah. Untuk artikel selanjutnya, kalian bisa pelajari panduan cara menjalankan order GoFood

Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoRide Bagi Driver Baru "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel