Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GrabBike Bagi Driver Baru

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GrabBike Bagi Driver Baru

Hai mitra driver Grab, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Setiap driver Grab baru selalu mendapatkan pembekalan informasi seputar pelaksanaan dan cara kerja Grab saat awal pendaftaran. Bahkan sesudah diterima menjadi mitra driver Grab pun, mitra akan mendapatkan update pembekalan terbaru melalui fitur Grab Academy di aplikasi driver. 

Bagi yang masih kesulitan memahami fitur-fitur di aplikasi Grab driver, kalian bisa baca kembali di artikel Fitur Aplikasi Grab Driver

Di artikel sebelumnya kita pelajari bahwa ada 3 jenis order yang bisa didapat oleh driver Grab, yakni: GrabBike, GrabFood dan GrabExpress. Setiap layanan memiliki cara kerja yang berbeda-beda, jadi sebaiknya bagi driver baru selalu memahami cara kerja untuk masing-masing jenis order. 

Untuk pertama kali, aku ingin menjelaskan tentang bagaimana sih cara menjalankan order GrabBike itu? 

Sekedar informasi, menurutku menjalankan order di aplikasi Grab ini sedikit lebih ribet dari pada menjalankan order di aplikasi lainnya. Namun kalau kita sudah terbiasa, semua akan mudah pada waktunya kok. 

Untuk itu, berikut aku buatkan panduan cara menjalankan order GrabBike secara mendetail. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabBike Terbaru 


Pertama-tama kita cek terlebih dahulu kesiapan ngebid untuk hari ini, mulai dari persiapan kelengkapan berkendara (SIM, STNK dan uang modal), atribut dan helm untuk pelanggan. Jika sudah siap, aktifkan aplikasi Grab driver dengan tekan tombol On/Off di tengah atas kemudian nyalakan toggle idle sebelah pojok kanan atas. 

Keraskan juga volume notifikasi di smartphone agar jika mendapat order, kalian bisa mendengar dengan jelas. Takutnya disaat mendapatkan order, namun kondisi kalian di jalan raya sehingga tidak mengetahuinya. Baru setelah beberapa menit kalian mengetahui ada order, takutnya pelanggan akan kecewa dan membatalkan orderannya karena terlalu lama. 

Saat mendapatkan orderan, Grab akan memberi tahu kita orderan jenis apa yang kita dapatkan di laman pertama. Jika order GrabBike, maka tampilannya bertulisakan "GrabBike".


Saat mendapatkan order GrabBike, hal pertama yang kalian harus lakukan adalah konfirmasi order ke pelanggan. Kalian bisa konfirmasi order melalui fitur Obrolan di aplikasi ataupun menggunakan fitur panggilan gratis di aplikasi Grab 

Untuk konfirmasi order, kalian bisa tanyakan tentang lokasi jemput sudah sesuai map atau tidak. Jika tidak sesuai, kalian bisa tanyakan ancer-ancer yang memudahkan kalian dalam menemukan posisi pelanggan. 

Perlu diingat bahwa kode etik Grab sangat tegas terutama masalah penentuan titk jemput di order GrabBike. Jika memang lokasi tidak sesuai terutama jauh sekali dari lokasi jemput yang ada di aplikasi, sebaiknya kalian informasikan kepada pelanggan untuk cancel order dan order lagi dengan lokasi yang sesuai. 

Atau kalian tetap ambil order tersebut dan memberikan penilaian di akhir order perihal titik jemput yang tidak sesuai. Untuk lebih detailnya kalian bisa baca di artikel Pentingnya Memberi Rating Pelanggan Grab Untuk Kelangsungan Driver

Lokasi jemput di aplikasi Grab bertanda bulatan berwarna hijau dengan nomor 1. Sedangkan tanda berwarna merah bernomor 2, merupakan lokasi tujuan pelanggan. Namun jika pelanggan order dua tujuan, maka di tampilan akan ada bulatan berwarna merah lain dengan bernomor 3. 

Selain informasi titik jemput, kalian juga perlu perhatikan tentang metode pembayaran pelanggan. Terdapat 3 jenis metode pembayaran yang akan tampil di aplikasi driver, yakni: Tunai, Nontunai dan Promo. 

Tunai berarti pelanggan akan bayar dengan uang tunai, sedangkan NonTunai pelanggan menggunakan pembayaran OVO yang nantinya akan masuk ke saldo Tunai di aplikasi Grab driver kalian. Sedangkan untuk promo, biasanya bercampur dengan metode Tunai maupun Non Tunai.


Setelah konfirmasi lokasi jemput, datangi lokasi pelanggan sesuai dengan map di aplikasi. Tekan “Saya Sudah Sampai” disaat sudah berada di lokasi jemput. Kalian juga bisa chat kembali untuk konfirmasi kepada pelanggan bahwa kalian sudah di lokasi jemput. 

Ucapkan salam dan konfirmasi order kepada pelanggan dengan menyebutkan nama pelanggan di aplikasi. Hal ini dilakukan agar tidak salah ambil pelanggan. Takutnya jika ada orang lain yang sama-sama order ojek online, kita bisa saja salah jemput pelanggan yang benar. 

Berikan helm sebagai perlengkapan keselamatan dalam berkendara. Tekan “Menjemput” ketika hendak mengantarkan pelanggan. Tanyakan juga lokasi tujuan pelanggan sesuai di aplikasi atau tidak? Jika kalian tidak paham lokasi tujuan, kalian bisa minta tolong kepada pelanggan untuk memandu perjalanan sampai ke tujuan.


Berkendaralah sesuai standart kecepatan dan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas. Jika sudah sampai tujuan, tekan “Menurunkan”. Kalian akan mengetahui tarif perjalanan yang akan dibayarkan. 

Jika pelanggan menggunakan pembayaran NonTunai, kalian tak perlu menagihnya kembali. Namun jika pembayaran Tunai, tunjukkan laman ringkasan mengenai tarif yang harus dibayarkan oleh pelanggan. 

Dan langkah terakhir untuk menyelesaikan order, kalian bisa nilai pelanggan dengan memberikan bintang lima untuk penilaian yang baik serta mengurangi jumlah bintangnya untuk penilaian yang kurang baik.


Perihal rating buruk pelanggan bisa dinilai dari penentuan lokasi yang tidak sesuai, pelanggan yang tidak menghargai driver ataupun pelanggan yang menentukan titik antar asal-asalan. Terdapat banyak pilihan alasan ketika kita memilih rating buruk kepada pelanggan. 

Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari pelanggaran kode etik Grab yang cukup sensitif bagi driver. Misalnya jika lokasi jemput pelanggan tidak sesuai, kita bisa memberi bintang 1 atau 2 dan memberikan pilihan titik jemput tidak sesuai. 

Dengan begitu, meskipun kita menjemput tidak sesuai dengan lokasi di aplikasi, kita tidak terkena dampak kode etik Grab tentang penjemputan yang tidak sesuai aplikasi. 

Nah selesai sudah langkah-langkah menjalankan order GrabBike. Jika ada pertanyaan soal ini, bisa banget di share di kolom komentar. 

Untuk artikel selanjutnya, kalian bisa pelajari panduan cara menjalankan order GrabFood. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GrabBike Bagi Driver Baru "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel