Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Bagi Driver Baru


Hai mitra driver Grab, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya kita sudah pelajari bagaimana sih cara menjalankan order GrabBike untuk kali ini aku ingin menjelaskan bagaimana cara menjalankan order GrabFood bagi driver baru. 

GrabFood merupakan layanan membelikan makanan di restoran yang sudah terdaftar sebagai partner GrabFood. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis partner GrabFood, yakni GrabFood reguler dan GrabFood Pilihan

Perbedaannya terletak pada metode pembelian makanan oleh driver di restoran. Jika di restoran GrabFood reguler, driver membelikan makanan dengan membayar secara tunai kepada pihak restoran. 

Sedangkan untuk GrabFood Pilihan, driver tidak perlu membayar menggunakan uang tunai, melainkan secara otomatis pembayaran akan terpotong di saldo kredit driver. 

Untuk cara menjalankannya, sebenarnya sedikit berbeda prosesnya. Namun perbedaaanya tidak terlalu mencolok. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru 


Pertama-tama kita cek terlebih dahulu kesiapan ngebid untuk hari ini, mulai dari persiapan kelengkapan berkendara (SIM, STNK dan uang modal), atribut serta helm untuk pelanggan. Jika sudah siap, aktifkan aplikasi Grab driver dengan tekan tombol On/Off di tengah atas kemudian nyalakan toggle idle sebelah pojok kanan atas. 

Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan GrabFood di pengaturan jenis layanan. Jika layanan GrabFood dalam keadaan off, kalian tidak akan mendapatkan order GrabFood. Jadi sebaiknya nyalakan semua jenis layanan agar potensi mendapatkan order semakin besar. 

Keraskan juga volume notifikasi di smartphone agar jika mendapat order, kalian bisa mendengar dengan jelas. Takutnya disaat mendapatkan order, namun kondisi kalian di jalan raya sehingga tidak mengetahuinya. Baru setelah beberapa menit kalian mengetahui ada order, takutnya pelanggan akan kecewa dan membatalkan orderannya karena terlalu lama. 

Saat mendapatkan orderan, Grab akan memberi tahu kita orderan jenis apa yang kita dapatkan di laman pertama. Jika order GrabFood, maka tampilannya bertuliskan GrabFood. 


Saat mendapatkan order GrabFood, hal pertama yang kalian harus lakukan adalah konfirmasi order ke pelanggan. Kalian bisa konfirmasi order melalui fitur Obrolan di aplikasi ataupun menggunakan fitur panggilan gratis di aplikasi Grab. 

Konfirmasi pelanggan bisa dengan menanyakan pesanan sudah sesuai di aplikasi atau tidak. Namun perlu diketahui bahwa orderan GrabFood tidak bisa ditambah menunya maupun dikurangi, terutama order GrabFood Pilihan. Sedangkan untuk GrabFood Reguler masih bisa diubah harga dan menu di aplikasi driver. 

Kalian bisa mengetahui bahwa nantinya kalian akan membelikan makanan di restoran GrabFood pilihan atau GrabFood reguler dengan melihat informasi di bawah alamat restoran. 

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh driver adalah membaca informasi yang tertera di aplikasi driver. Mulai dari restoran GrabFood yang dituju, lokasi antar dan juga metode pembayaran oleh pelanggan. 

Untuk lokasi restoran ditandai bulatan berwarna hijau dengan nomor 1, sedangkan lokasi pengantaran bertanda bulan merah nomor 2. Jika binggung lokasi restorannya dimana? Kalian bisa kok melihat rute menuju restoran dengan tekan tombol navigasi di kanan alamat restoran. 

Metode pembayaran pelanggan terdapat dua jenis, yakni non tunai dan tunai. Kalian bisa lihat detail tersebut berada di bawah atau disamping tulisan GrabFood. Nontunai berarti pelangan membayar menggunakan OVO yang nantinya akan masuk ke saldo tunai driver. Sedangkan pembayaran Tunai berarti nanti pelangan membayar tagihannya menggunakan tunai. 

Jika sudah semua, segeralah meluncur ke lokasi restoran. Tekan “Saya Sudah Di Restoran” di saat kalian sudah berada di restoran yah. Kemudian tunjukkan kepada pihak restoran pesanan order di aplikasi. 


Jika Restoran tersebut sudah terdaftar sebagai partner GrabFood Pilihan, kalian cukup menunjukkan No orderan kepada pihak restoran. Nomer order itu berawalan dengan huruf "GFxxx". 

Tunggu pesanan disiapkan oleh pihak restoran. Jika sudah siap, tekan “Orderan Sudah Diambil” kemudian pilih “Konfirmasi”. Foto nota pesanan, dan pastikan terdapat kode nomor order pada nota tersebut kemudian tekan “Kirim Foto”. 


Langkah selanjutnya jangan terlebih dahulu pesan makanannya, ada baiknya jika kalian konfirmasi kembali tentang lokasi pengantaran sudah sesuai aplikasi atau tidak kepada pelanggan. Jika memang sudah sesuai lokasi, barulah antarkan makanan tersebut sesuai lokasi di map. 

Tekan “Saya Sudah Sampai” disaat kalian sudah berada di lokasi pengantaran. Kemudian chat atau telepon pelanggan untuk mengambil pesanannya. Tekan “Sudah Diantar” jika makanan sudah di pegang oleh pelanggan. 


Untuk pembayarannya, kalian bisa melihat detail rincian pembayarannya di laman selanjutnya. Jika pembayaran tunai, kalian bisa meminta penagihan sesuai Tagihan Total di aplikasi. 

Kok ongkos kirimnya cuma 3000? 

Jangan kaget dulu yah, jika di tampilan awal tarif ongkos kirim sebesar 9000, namun di total tagihan ongkos kirimnya menjadi 3000. Sebenarnya itu merupakan penyesuaian harga dari Grab. 

Kalian tetap akan mendapat ongkos kirim sebesar 9000 kok, yang nantinya penyesuaian ongkos tersebut akan masuk ke dompet tunai driver. 

Sebelum menyelesaikan orderan, kalian bisa kok memberi rating kepada pelanggan melalui aplikasi driver. Hal ini penting dilakukan oleh driver Grab, misalnya mendapat order yang lokasi antarnya cukup jauh dari lokasi di map. Sehingga kalian bisa memberikan rating buruk dengan alasan loaksi antar tidak sesuai map. 

Dengan begitu, kalian bisa terhindar dari peringatan pihak Grab perihal kode etik pengantaran yang tidak sesuai lokasi di map. 

Nah bagaimana? Sudah paham cara menajalankan order GrabFood? 

Jika ada pertanyaan tentang penjelasan di atas, bisa banget di share di kolom komentar yah. 

Untuk artikel berikutnya, aku ingin menjelaskan tentang bagaimana cara menajalankan order GrabExpress. 

Sampai jumpa di artikel berikutnya. 




Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Bagi Driver Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel