Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoFood Bagi Driver Baru

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoFood Bagi Driver Baru

Hai mitra driver Gojek, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya kita sama-sama sudah mempelajari bagaimana cara menjalankan order GoRide, kali ini aku ingin share bagaimana cara menjalankan order GoFood. 

Order GoFood ini merupakan order yang paling ditunggu-tunggu oleh mitra driver karena memiliki poin yang lebih besar dari pada poin yang didapatkan oleh order lainnya. Dengan mendapat banyak orderan GoFood, maka driver akan lebih cepat mengumpulkan poin guna mencapai insentif harian. 

Perlu diketahui bahwa besarnya insentif harian berbeda-beda tergantung dari skema zona per wilayah. Di tempatku menggunakan skema 20 poin arena tempatku merupakan kota kecil yang jumlah orderannya masih sangat minim. 

Besarnya perolehan poin untuk order GoFood juga bisa beragam tergantung dari zona skema. Jika di Malang akan mendapatkan poin 1,5 untuk satu order GoFood, di tempatku akan mendapatkan 2 poin untuk order GoFood yang berhasil diselesaikan. 

Jumlah nominal harga pembelian pesanan juga bisa menambah poin lebih, misalnya membelikan makanan di atas 200.000 akan mendapat 3 poin. Belum lagi kalau pelanggan juga mau isi saldo GoPay melalui driver, tentu akan ada tambahan poin untuk itu. 

Dengan memahami hal tersebut, order GoFood merupakan cara cepat mendapatkan banyak poin, sehingga potensi mendapatkan bonus harian lebih cepat bukan lagi hal yang mustahil. 

Untuk cara menjalankan order GoFood tentu tidak akan sama dengan order GoRide, hal ini dikarenakan layanan jasanya yang berbeda. Jika GoRide itu menjemput pelanggan, sedangkan GoFood itu membelikan makanan ke resto yang sudah bekerja sama dengan Gojek, kemudian driver mengantar ke lokasi pelanggan berada. 

Bagi driver baru mungkin akan kesulitan dalam menjalankan order GoFood ini. Meskipun sudah dibekali saat pendaftaran namun bukan jaminan bisa paham langsung saat di lapangan untuk itu, aku ingin share panduan lengkap cara menjalankan order GoFood sebagai berikut : 

Panduan Cara Menjalankan Order GoFood Terbaru 

Pertama-tama kita cek terlebih dahulu aplikasi kita dalam keadaan on. Set juga fitur Autobid agar kita bisa menerima order secara otomatis set juga nominal harga di atas 100.000 biar potensi mendapat order GoFood lebih besar. 


Saat mendapat order GoFood itu ditandai dengan logo sendok dan garpu berwarna merah. Sedangkan logo restoran berwarna biru merupakan nama dan alamat restoran GoFood yang akan kita tuju nantinya. 

Tekan “Pesanan” atau logo keranjang untuk melihat detail pesanan. Jika di bawah nama restoran tersebut terdapat tulisan “GoBiz” berarti kalian tak perlu membayar dengan uang tunai untuk pembelian di restoran tersebut. 

Sebenarnya terdapat 3 jenis merchant GoFood di aplikasi Gojek, salah satunya adalah merchant GoBiz. Untuk informasi lebih detail, kalian bisa baca perbedaan merchant GoFood di artikel Perbedaan GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner

Sebelum berangkat ke restoran tersebut, poin penting yang ahrus kita lakukan adalah konfirmasi pesanan kepada pelanggan. Konfirmasi bisa dilakukan melalui telepon maupun fiur chat yang ada di aplikasi driver. 

Tujuannya untuk memastikan order sudah sesuai dengan di aplikasi, ataupun pelanggan catatan untuk pesanan yang dipesannya. Selain itu, konfirmasi pesanan juga dimasukkan agar kita terhindar dari order fiktif yang dapat merugikan driver. 

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoFood Bagi Driver Baru

Setelah konfirmasi barulah kita berangkat ke restoran tersebut. Tekan “Udah di Resto” kalau kita sudah berada di restoran. Tunjukkan detail pesanan kepada pihak restoran dan tunggu pihak restoran memberikan nota pembelian. 

Pilih “Udah Beli Pesanan” jika sudah mendapatkan nota pembelian. Croscek lagi harga pesanan apakah sudah sesuai dengan aplikasi atau tidak. Jika nominal harga pesanan sama, pilih “Ya, harga ini benar”. Namun jika tidak sama, misalnya pelanggan menambah pesanan, pilih “Gak, harga ni perlu di edit”. 

Masukkan total harga yang sebenarnya dan alasan kenapa harga diedit. Jika orderan di restoran GoBiz, kalian cukup memasukkan 4 angka kode pin dari pihak restoran sebagai verifikasi pembayaran. Namun jika dari restoran GoFood Reguler, kalian cukup foto nota pembelian saja dan membayar tagihan secara tunai. 

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoFood Bagi Driver Baru

Setelah itu tunggu pesanan di siapkan, tekan “Mulai Pengantaran” jika kalian sudah menerima pesanan dan hendak mengantar. Konfirmasi kembali kepada pelanggan bahwa lokasi antar sudah sesuai di aplikasi. 

Setelah sampai lokasi, tunggu sampai bertemu dengan pelanggannya. Jika pelanggan bayar semua tagihan dengan GoPay, kalian tak perlu meminta pembayarannya lagi. Kalian bisa lihat di apliaksi, jika tagihan tunai nilainya nol “Rp. 0” maka pembayaran menggunakan GoPay. 

Sedangkan jika pembayaran tunai, kalian bisa lihat total pemabayarannya. Ingat bahwa pelanggan bisa saja membayar separuh dengan saldo GoPay. Yang perlu kalian perhatikan adalah total nominal di tagih tunai. 

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoFood Bagi Driver Baru

Tekan “Selesai Antar” untuk menyelesaikan orderan, jangan lupa untuk memberi rating atau penilaian kepada pelanggan yah. Misalnya jika titik lokasi antar pelanggan tidak sesuai map, kalian bisa memberi rating bintang 4 dengan memberi komentar “lokasi tidak sesuai”. 

Dengan begitu kita sudah menyelesaikan order GoFood. Cek riwayat transaksi dan cek pula poin yang kalian dapatkan setelah menyelesaikan orderan ini. Kalau sudah, kalian bisa lanjut untuk mendapat orderan lainnya lagi. 

Nah begitulah panduan cara menjalankan order GoFood. Untuk selanjutnya, aku ingin menjelaskan bagaimana sih cara menjalankan order GoShop. 

Jika ada pertanyaan soal cara menjalankan order GoFood, kalian bisa banget tanyakan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.





Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoFood Bagi Driver Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel