Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Gabungan



Hai mitra driver Grab, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Kapan hari aku sudah njelasin tentang panduan cara menjalankan order GrabFood. Ada sedikit perbedaan kecil saat menjalankan order GrabFood di restoran pilihan. 

Selain driver memang tak perlu membayar uang tunai saat membelikan makanan, order GrabFood pilihan juga memungkinkan pelanggan tidak bisa cancel orderan secara langsung. Hal ini sangat menguntungkan bagi pihak driver dari adanya kejahilan pelanggan yang suka mainin order ojek online. 

GrabFood pilihan juga terdapat fitur order GrabFood Gabungan, biasanya driver Grab menamakan dengan double order GrabFood. 

Apa itu Fitur GrabFood Gabungan ? 


GrabFood Gabungan merupakan orderan GrabFood yang memungkinkan kita (driver) mendapatkan 2 order GrabFood dalam waktu yang sama dengan pelanggan yang berbeda. 

Orderan gabungan ini hanya berlaku di restoran yang sama dan terdaftar sebagai partner GrabFood Pilihan. Dengan begitu driver tak perlu khawatir lagi harus mengeluarkan uang cash untuk order gabungan ini 

Selain itu lokasi pelanggan kedua dan ketiga juga harus berdekatan dengan pelanggan pertama atau setidaknya searah. Jadi driver tidak mungkin kerepotan mendapat orderan gabungan yang lokasinya bercabang atau berbeda arah. 

Untuk mendapatkan order gabungan ini, syarat yang harus dilakukan oleh driver adalah selalu mengaktifkan fitur Autobid order prioritas (yang ada lambang petir) bahkan saat sesudah mendapatkan order GrabFood 

Keuntungan dari order gabungan ini, kita bisa mendapatkan ongkos kirim yang lebih besar serta mendapatkan tambahan berlian yang lebih besar. Sehingga potensi mendapatkan bonus insentif lebih cepat bukan hal yang sulit lagi. 

Namun mungkin kelemahan dari order ini adalah waktu tunggu yang lebih lama karena menunggu pesanan dari dua pelanggan bahkan bisa tiga pelanggan. Kelemahannya lagi juga berdampak pada pelanggan yang harus menunggu lebih lama tentunya. 

Terus bagaimana cara menjalankan order gabungan ini? 

Bagi driver baru, mungkin sedikit kesulitan untuk menjalankan order GrabFood gabungan ini. Namun sebenarnya caranya juga sama saat menjalankan order GrabFood di restoran pilihan seperti biasanya. 

Hanya saja yang perlu diperhatikan oleh driver adalah perihal urutan. Baik itu urutan konfirmasi pesanan maupun urutan saat pengantaran. Karena urutan ini oin penting dari order gabungan. 

Biar lebih jelas, aku jelasin deh bagaimana cara menjalankan orderan GrabFood Gabungan sebagai berikut : 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Gabungan Terbaru 


Aku jelasin sekali lagi yah bahwa order GrabFood gabungan berarti kita akan mendapatkan dua atau tiga order di restoran GrabFood pilihan yang sama. Untuk tampilannya akan seperti tampilan di bawah ini : 


Terdapat 2 atau tiga nama pelanggan yang berbeda. Di mapnya juga terdapat urutan lokasi pelanggan yang harus diantar sesuai dengan urutan tersebut. Untuk tampilan ongkos kirim, itu merupakan gabungan ongkos yang nantinya kita dapatkan. 

Mendapatkan order gabungan ini juga tidak selalu masuk dua order sekaligus. Bisa saja kita mendapatkan orderan yang kedua saat diperjalanan menuju restoran. Bahkan saat menunggu pesanan disiapkan juga bisa berpotensi mendapatkan order gabungan ini. 

Namun seperti yang aku jelasin di atas tadi, syarat mendapatkan order gabungan adalah mengaktifkan autobid order prioritas di aplikasi. Jika saat kita mendapatkan order pertama kemudian kita mematikan idle order prioritas, maka kita tidak akan mendapatkan order gabungan. 

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah konfirmasi pesanan. Karena kita mendapat order gabungan, jadi kita juga harus konfirmasi ke pelanggan secara bergantian. 

Pastikan juga alamat pengantaran juga sudah sesuai dengan aplikasi yah, biar kita tidak kerepotan menemukan lokasinya nanti. 

Langkah selanjutnya adalah berangkat menuju ke restoran. Tekan “Saya Sudah di Restoran” hanya pada saat sudah berada di restoran tersebut. Karena kita mendapatkan order gabungan, jadi pihak restoran nantinya akan memberikan dua nota pesanan dengan nomer order yang berbeda. 

Tunggu hingga pesanan dibuatkan semua. Saran saya sih, lebih baik jika dalam posisi menunggu pesanan, lebih baik mematikan fitur autobid order prioritas. Karena kalau mendapatkan order lain disaat pesanan pertama dan kedua sudah hampir selesai, kalian akan menunggu lebih lama lagi. 

Memang sih ongkos kirimnya bertambah dan berlian yang didapatkan juga otomatis bertambah, namun pelayanan kita juga akan mengecewakan pelanggan karena terlalu lama. 

Jika pesanan sudah selesai, tekan “Ambil Order”. Maka tampilan akan sedikit berbeda dari order GrabFood pada umumnya. Soalnya sekilas tidak ada perintah lain dan kadang di posisi ini driver baru akan kebingungan bagaimana cara menjalankan order selanjutnya. 



Coba tenggok tampilan di atas. Terdapat dua atau tiga nomor order yang berbeda bukan? Nomor order itu yang huruf awalnya GFxxx. Untuk konfirmasi pesanan tekan pada nomer order tersebut secara bergantian. 

Prosesnya sama seperti konfirmasi order GrabFood, hanya dengan foto nota pesanan dan dikirimkan ke pihak Grab. Namun untuk order gabungan ini, jangan sampai nota tertukar yah. Setelah berhasil konfirmasi order, maka akan ada centang hijau di nomor order tersebut. 

Tekan “Kirim Foto” jika kedua atau ketiga order tersebut sudah centang hijau. Baru kemudian kita bisa antar ke lokasi pelanggan. 



Ingat! Hal terpenting dari order gabungan adalah tetap mengirimkan order sesuai urutan di aplikasi. 

Kita tidak bisa mengantarkan ke lokasi pelanggan kedua sebelum orderan pelanggan pertama terselesaikan. Mungkin maksud kita lokasi pelanggan yang kedua lebih dekat, namun jika dilakukan, kalian akan kebingungan dalam proses penyelesaian ordernya. 

Jadi tetap antarkan pesanan sesuai urutan di aplikasi. Setelah mengantar ke pelanggan pertama selesai, kita lanjut ke pelanggan ke dua. 




Hal lain yang tak kalah penting dari menyelesaikan order sesuai urutan adalah kita wajib memastikan bahwa ordertan tidak sampai tertukar. 

Karena hal ini bisa saja pelanggan melaporkan kepada pihak Grab atas pelayanan kita yang sangat mengecewakan. Sehingga Grab bisa menjatuhkan sangsi bahkan suspen sementara buat kita 

Jadi jika kita mendapatkan orderan GrabFood gabungan, selalu jalankan order GrabFood Gabungan ini sesuai prosedur dan perintah di aplikasi. Dengan begitu kita bisa mendapatkan manfaat dari order GrabFood gabungan ini. 

Bagaimana? Mudah bukan? 

Jika ada pertanyaan atau kendala dalam menjalankan order GrabFood gabungan ini, bisa banget di share di kolom komentar yah. 

Salam Bahagia 


Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

0 Response to "Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Gabungan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel