Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Pesan GoSend Terbaru


Hai, kembali di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya sudah aku jelasin bagaimana sih cara pesan GoShop. Nah untuk kesempatan kali ini, aku ingin membahas tentang bagaimana sih cara pesan layanan GoSend? 

Sekedar mengingatkan kembali, GoSend merupakan layanan dari Gojek untuk mengantarkan barang menggunakan jasa driver Gojek. Soalnya banyak pengguna aplikasi Gojek yang salah dalam penggunaannya. 

Misalnya ingin menggunakan jasa antar barang di aplikasi Gojek namun justru menggunakan layanan GoRide. Ini beda loh gaes, layanan GoRide itu untuk antar penumpang, jadi salah banget jika menggunakan layanan tersebut. 

Tapi drivernya mau aja tuh? 

Nah di sinilah dilemanya, meskipun peraturan Gojek sangat tidak membenarkan hal tersebut, namun ada sebagian driver yang memang sengaja tetap ambil orderan salah tersebut. Alasannya sih ongkos dan poin yang didapat juga sama. Cara pengerjaannyapun tidak jauh beda hanya butuh nomor handphone si penerima barang atau paket, itu sudah cukup. 

Namun perlu kalian ketahui bahwa sesungguhnya yang dirugikan tuh pelanggan loh. Soalnya dengan menggunakan layanan GoSend, seandainya barang tidak diterima oleh si penerima barang, kalian akan mendapatkan ansuransi atas claim layanan tersebut. 

Jika kalian salah menggunakan layanan, tentu saja pihak Gojek tidak akan mengganti ataupun memberi pertanggung jawaban atas barang yang rusak maupun tidak sampai ke penerima. 

Kesalahan pengguna lainnya saat mengunakan layanan GoSend untuk jasa antar barang adalah meminta driver untuk membayarkan tagihannya terlebih dahulu. 

Ini salah loh gaes? 

GoSend itu jasa antar barang saja, driver hanya mengambil paket tersebut tanpa harus membayarkan beban tagihan paket atau barang yang hendak di kirim. Jika kejadiannya barang tersebut harus dibayar dan tagihannya dibebankan di penerima, sebaiknya kalian menggunakan layanan GoShop. 

Jika sudah memahami hal tersebut, kita lanjut bagaimana cara pesan layanan GoSend. 

Panduan Cara Pesan GoSend Terbaru 


Langkah pertama tentu saja kalian harus membuka layanan Gojek kemudian pilih layanan GoSend dengan logo paket atau kardus berwarna hijau. 


Kemudian terdapat dua pilihan layanan Gosend yakni Gosend dalam kota dan Gosend luar kota. Pilih saja yang dalam kota, karena menuruku sih pengiriman untuk luar kota memang lebih baik pakai ekspedisi biasa. Karena jatuh harganya jauh lebih murah. 

Setelah itu kalian harus menentukan lokasi tujuan dan lokasi jemput paket. Yang pertama adalah menentukan lokasi tujuan hal ini serupa menentukan si penerima barang. 


Sipenerima di sini bisa saja kalian sendiri atau orang lainnya, maksudnya kalian pesan layanan GoSend ini status kalian ini sebagai apa? Penerima atau Pengirim. 

Jika kalian merupakan pengirim, berarti lokasi tujuan merupakan lokasi rumah dari si penerima, sedangkan lokasi jemput paket adalah lokasi kalian berada. 

Tentukan lokasi ini dengan akurat yah, biar driver tidak salah antarnya. Kalian bisa memilih lokasi secara manual melalui peta ataupun dengan mengetikkan nama instansi. 

Setelah menentukan lokasi, kalian juga harus mengisi detail pengiriman mulai dari catatan alamat lokasi atau ancer-ancer lokasi, nama penerima dan nomor handphone si penerima. 

Namun jika kalian sendiri merupakan si penerima, centang pilihan “Pakai nomor saya”, maka secara otomatis nama dan nomor telepon akan terisi sesuai dengan nama dan nomor yang terdaftar di aplikasi Gojek. Pilih “Lanjut” untuk lanjut ke langkah berikutnya. 

Jika sebelumnya kalian tidak centang “Pakai nomor saya” maka di detail pengambilan paket akan terisi nomor dan nama kalian secara otomatis. Namun jika kalian juga bukan pengirim, kalian bisa kok edit kembali detail pengambilan paket. 


Langkah selanjutnya adalah konfirmasi pesanan. Kalian bisa lihat detail yang sudah kalian isi antar pengirim dan si penerima. 

Sebenarnya ada dua jenis type GoSend, yakni GoSend instan dan GoSend SameDay. Tidak ada perbedaan untuk cara pemesanannya di aplikasi hanya saja estimasi waktu dan tarif layanan berbeda. 

GoSend instan waktu antarnya maksimal antara 1-2 jam, sedangkan untuk GoSend SameDay waktu antarnya bisa 4 sampai 6 jam di hari yang sama. Tarifnya juga sangat berbeda, jika tarif GoSend untuk jarak tertentu bisa 20.000, tarif GoSend SameDay bisa separuh harga. 

Kenapa bisa berbeda? 

Karena pada dasarnya GoSend SameDay ini hanya bisa didapat oleh driver khusus GoSend, dan barang yang dikirimkanpun tidak hanya pesanan kalian saja. Maka dari itu waktu antarnya bisa sampai 4-6 jam padahal jarak antarnya bisa saja ditempuh dalam 20 menit. 

Namun untuk layanan GoSend SameDay ini hanya berlaku untuk wilayah JABODETABEK saja, untuk kota lainnya fitur ini tidak berlaku. 


Di laman detail paket juga terdapat pilihan asuransi perlindungan barang. Gosend sendiri sudah dilengkapi perlindungan standart dengan biaya gratis, dengan jaminan perlindungan barang sebesar 1.000.0000 dari Gojek. 

Sedangkan untuk pilihan Extra nantinya ongkos kirim akan ditambahkan sebesar Rp. 500 dengan asuransi perlindungan barang sebesar Rp. 10.000.000 sebagai jaminan dari layanan ini. Akan lebih bijak untuk mengaktifkan pilihan extra jika kita mau kirim barang seperti smartphone. 

Untuk detail dimensi barang, syarat kirim barang menggunakan layanan GoSend sebaiknya tidak melebihi berat 20 kg dengan dimensi 70x50x50. 

Jadi jika kalian ingin kirim barang seperti kulkas, beras satu kwintal ataupun barang dengan berat dan dimensi yang besar, sebaiknya gunakan layanan GoBox. GoBox sendiri merupakan layanan antar barang dari Gojek menggunakan kendaraan mobil pickup maupun mobil box. 

Untuk metode pembayarannya, kalian bisa pilih metode tunai maupun non tunai. Selanjutnya pilih “Pesan Gosend” untuk mencari driver Gojek terdekat dari lokasi pengirim. 

Poin pentingnya adalah kalian harus sesegera mngkin konfirmasi pesanan kepada driver. Misalnya memberikan ancer-ancer lokasi jemput melalui fitur chat maupun teleon secara langsung. 

Tunggu driver sampai di lokasi pengambilan paket, jika kalian menggunakan pembayaran tunai, kalian bisa membayar kepada driver dengan tarif yang tertera setelah paket diambil oleh driver. 

Kalian juga bisa membebankan tagihan pengiriman ini kepada si penerima, caranya dengan konfirmasi kepada driver bahwa pembayaran untuk pesanan ini bisa diminta kepada si penerima. 

Aku ingatkan lagi yah, jangan membebankan tagihan barang atau paket kepada driver atau bisa dibilang “nalangin” harga barang yang hendak dikirim tersebut. Karena dengan menggunakan layanan GoSend berarti driver hanya mengantarkan paket bukan nalangin harga barang. 

Setelah driver berangkat mengantarkan barang atau paket, kalian bisa cek pengiriman kok secara live dengan melihat peta di aplikasi. 

Setelah barang selesai diterima oleh si penerima, jangan lupa untuk memberi penilaian kepada drivernya yah. 

Nah begitulah panduan lengkap cara pesan layanan GoSend. Kalau ada pertanyaan tentang hal ini, bisa banget deh di share di kolom komentar. 

Untuk artikel selanjutnya, aku ingin menjelaskan tentang cara pesan layanan GoMart. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 




Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Pesan GoSend Terbaru"