Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Kekuatan Sinyal di Semua Smartphone Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Kekuatan Sinyal di Semua Smartphone Tanpa Aplikasi


Hai mitra driver Gojek, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Senjata utama seorang ojek online adalah sebuah smartphone yang mumpuni. Dengan memiliki smartphone dengan kualitas yang baik, akan mempermudah kinerja mitra ojek online dalam onbid sehari-hari. 

Smartphone yang baik juga dapat meningkatkan potensi mendapatkan order juga loh. Terutama jika smartphone tersebut didukung oleh provider yang memiliki jaringan internet yang kuat pula. 

Karena pekerjaannya yang memang berbasis online, konektifitas internet yang stabil jadi hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang ojek online. Dengan berbekal konektifitas yang baik, potensi mendapatkan orderan juga semakin besar. 

Untuk saat ini smarphone di pasaran sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). Yang mana kecepatan jaringan bisa sampai 100 Mbps bahkan lebih. 

Meskipun berbekal smartphone dengan teknologi jaringan 4G tidak menjamin kekuatan sinyal sebuah provider bisa optimal. Kita juga harus memahami lokasi-lokasi mana yang bisa mengoptimalkan jaringan provider seluler yang dipakai. 

Kita juga harus pandai-pandai memilih provider yang cocok dengan tingkat kestabilan kekuatan sinyal yang baik. Tak harus menggunakan jaringan Telkomsel, jika di erea kita berada sudah berdiri tower jaringan seluler lain. 

Selain itu usahakan berada di area yang memiliki kekuatan sinyal yang mumpuni. Misalnya dengan berdiam di lokasi yang terbuka dan menghadap langsung ke tower jaringan. 

Perlu diketahui bahwa sinyal akan terputus-putus jika kita berada dalam sebuah ruangan tertutup atau sinyal dari tower provider terhalangi gedung-gedung tinggi. 

Terus, bagaimana kita mengetahui area mana saja yang memiliki kekuatan sinyal yang kuat? 

Kita tidak bisa menebak sinyal yang kuat hanya dengan melihat status bar provider di smartphone sedang naik atau turun untuk mengetahui kekuatan sinyal. Belum tentu status bar yang menampilkan jaringan 4G memang benar-benar memiliki sinyal yang kuat. 

Banyak cara sebenarnya untuk bisa mengetahui kekuatan sinya di area kita berada ini kuat atau tidak. Kita bisa menggunakan aplikasi pendukung yang bisa cek status jaringan seluler. 

Namun kabar baiknya, tanpa aplikasi pendukung pun di semua type smartphone sudah ada fitur yang bisa melihat kekuatan jaringan. Caranya bisa dilihat di setelan masing-masing smartphone. 

Yakni dengan pilih Setelan => Tentang Ponsel => Status Jaringan => Pilih SIM yang digunakan untuk koneksi internet. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini

Cara Melihat Kekuatan Sinyal di Semua Smartphone Tanpa Aplikasi


Kalian bisa cek kekuatan sinyal di daerah tersebut dengan satuan dBm (decibel Milliwatts) dan ASU (Arbitrary Strength Unit). 

Tingkatan kekuatan sinyal bisa dilihat dari minusnya satuan dBm. Semakin kecil minusnya, semakin besar pula kekuatan sinyalnya. Untuk lebih jelasnya, lihat tabel kekuatan sinyal atau RSSI (Received Signal Strength Indicator) di bawah ini. 
 
RSSI Signal Strength
> - 70 dBm Sangat Kuat
-70 dBm s/d -85 dBm Kuat
-86 dBM s/d -100 dBm Bagus
< -100 dBm Buruk
-110 dBm Tidak Ada Signal

Dengan melihat tabel di atas, carilah lokasi yang setidaknya memilki kekuatan sinyal yang cukup baik antara -86 dBm hingga kurang dari -100 dBm. 

Di basecamp yang biasa aku singgahi memiliki kekuatan sinyal sekitar -95 dBm. Yah lokasi yang lumayan bagus untuk onbid tiap harinya. 

Jika di daerah kalian ada yang memiliki kekuatan sinyal “kuat” apalagi indikasinya sampai lebih besar dari -70 dBm, udah pertahanin lokasi tersebut untuk onbid tiap harinya. 

Bagaimana? Udah coba cek kekuatan sinyal di lokasi kalian. 

Semoga bermanfaat dan tetap bahagia 

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Cara Melihat Kekuatan Sinyal di Semua Smartphone Tanpa Aplikasi"