Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seberapa Penting Fitur Ringkasan Kinerja Gojek Driver

Seberapa Penting Fitur Ringkasan Kinerja Gojek Driver


Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Udah pada tau belum, tentang fitur Ringkasan Kinerja yang ada di menu profil aplikasi GoPartner

Fitur Ringkasan Kinerja merupakan fitur terbaru dari GoPartner yang mana mitra driver bisa mengetahui ringkasan kinerja mitra selama satu bulan. Ringkasan ini meliputi performa, rating dan jumlah jam online. 

Nantinya akumulasi dari performa, rating dan jam online akan dirangkum dalam kinerja keseluruhan. Tingkatan skor kinerja antara lain “Sangat Kurang”, “Kurang”, “Baik” dan “Sangat Baik”. 

Untuk mencapai skor keseluruhan “Sangat baik”, maka kita perlu memberikan pelayanan yang baik seperti rating driver dan selalu menyelesaikan semua order yang masuk. Selain itu, minimal kita juga ahrus memenuhi target onbid untuk memiliki skor jam online yang tinggi. 

Jika skor keseluruan kita “Kurang” maka kita cukup lihat detail dari rincian kinerja. Yang paling berpengaruh adalah faktor kualitas pelayanan. Jika kita sering cancel order hingga performa turun juga rating rata-rata driver kita sedang turun. Besar kemungkinan skor keseluruhan akan buruk. 

Sedangkan jam online tidak terlalu mempengaruhi skor keseluruhan. Misalnya saja jam online dengan skor “kurang”, namun skor kualitas pelayanan berada pada skor baik. Skor keseluruhan masih bisa menjadi “baik”. 

Terlepas dari penjelasan di atas, pertanyaan yang sering mungkin akan muncul adalah apakah fitur kinerja ini akan sangat berpengaruh pada pembagian order mitra driver? 

Misalnya saja kalau skor kinerja mitra “sangat baik” akan mendapat banyak orderan tiap harinya. Skor “baik” berarti mitra masih dapat orderan meskipun tidak terus-terusan. Hingga jika skor kinerja “kurang” maupun “sangat kurang” merupakan lambang dari mitra driver gagu atau yang susah mendapatkan order. 

Pada kenyataannya, fitur kinerja ini hanya sebagai apresiasi seperti fitur emblem sebelumnya. 

Skor “sangat baik” tidak menjamin mitra driver akan mendapat banyak order tiap harinya. Begitupun skor “kurang” tidak selalu membuat mitra driver kesulitan mendapatkan order. 

Di lapangan sendiri, aku sering menjumpai mitra yang fokus dengan skor kinerja. Selain menambah jam online, dia juga selalu menyelesaikan semua orderan hingga performa 100% tiap harinya. Skor keseluruhannya bisa mencapai “sangat baik” namun hasilnya tak selalu sesuai dengan ekspektasi awal. 

Bahkan dengan skor kinerja seperti itu, dia malah mendapat jeda tunggu mendapat order yang sangat lama. Hasilnya dalam seharian onbid hanya mendapat 3-4 order hingga malam hari. 

Berbeda dengan salah satu driver dengan skor “baik” namun jam onlinenya sangat-sangat kurang. Meskipun begitu, dia tetap mendapat orderan yang baik. Setidaknya dia hanya onbid selama 6 jam bisa mendapatkan lebih dari 8 order. 

Nah dari sini, masih percaya bahwa Skor kinerja mampu meningkatkan jumlah order harian kalian

Kalau menurutku sih, memang ada kaitannya dengan kinerja yang baik dengan pembagian order. Kalau pengalamanku sih, selama kita menyelesaikan order tanpa sering cancel order, lambat laun kita akan mendapatkan order kok. 

Sistem Gojek yang sekarang itu susah sekali untuk ditebak. Bahkan strategi onbid lebih pagi pun kadang tidak membuahkan hasil. Sering pindah-pindah tempat agar mendapat orderanpun kadang hanya menghabiskan tenaga dan bahan bakar. 

Yah kalau aku sih, tetap konsisten meskipun tidak mendapatkan order dalam beberapa hari. Tidak sering cancel order dan pilih-pilih order. Dan yang paling penting adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. 

Namun jika dalam seminggu hingga sebulan akun driver masih gagu dan sulit mendapatkan order. Yah pasrah aja dah, memang bertahan di sistem Gojek yang tak masuk akal itu BERAT. 

Gojek yang sekarang emang gitu, suka ngeselin, hahahaha 

Salam bahagia 



Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Seberapa Penting Fitur Ringkasan Kinerja Gojek Driver"