Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoShop Bagi Driver Baru

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoShop Bagi Driver Baru

Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya kita sama-sama sudah mempelajari bagaimana cara menjalankan order GoRide dan GoFood. Kali ini aku ingin share tentang langkah-langkah menjalankan order GoShop. 

Apa itu GoShop? 

GoShop merupakan layanan membelikan produk di sebuah toko yang sudah dipilih oleh pelanggan. Produknya bisa berupa makanan maupun barang. 

Karena toko yang dipilih oleh pelanggan ini tidak terdaftar sebagai Merchant Gojek, terkadang lokasi toko di aplikasi tidak sesuai dengan lokasi sebenarnya. Jadi jika kalian dapat order GoShop ini, jangan kaget kalau lokasinya tidak sesuai. 

Bahkan kalian tetap bisa kok membelikan di toko lain selama pelanggannya tidak keberatan. Misalnya orderannya membelikan barang di Indomaret. 

Di aplikasi lokasi Indomaretnya cukup jauh dengan lokasi kita berada, sedangkan ada lokasi Indomaret yang terdekat dengan lokasi kita. Kita boleh kok membelikan di Indomaret terdekat, yang penting barangnya sama dan pelanggan tidak keberatan untuk hal tersebut. 

Untuk pembelian makanan atau barang melalui GoShop, semuanya menggunakan metode tunai. Yakni kita membelikan barang atau makanan di sebuah toko menggunakan uang pribadi kita dulu. 

Harga per produk yang dibeli juga masih harga estimasi, bisa jadi harga tidak sesuai dengan yang tertera di aplikasi. Namun kita tetap bisa menyesuaikan harga di aplikasi kok, sehingga saat pembayaran nanti kita dapat harga yang sesuai beserta tarif jasanya. 

Untuk tarif GoShop sendiri lebih mahal dari pada layanan lain seperti GoRide maupun GoShop. Jika GoRide dan GoFood tarif minimum yang bisa diperoleh driver adalah 8.000, di GoShop kita akan mendapatkan 9.600 untuk satu order yang terselesaikan. 

Besarnya poin yang didapat saat menyelesaikan order GoShop juga menarik. Sama halnya perolehan poin saat menyelesaikan order GoFood. Meskipun begitu, banyak mitra driver yang mengeluh saat mendapatkan order Goshop ini. 

Kendala utamanya adalah mencari lokasi toko yang kadang sulit untuk ditemukan. Apalagi pelanggan hanya mengira-ngira lokasi toko baik dengan memilih lokasi manual maupun dengan mengetikkan nama toko. 

Kendala lain juga masalah pembelian produknya yang kadang mengesalkan, misalnya saja orderan membelikan sembako di pasar tradisional. 

Kan kita tau bahwa membelikan barang di pasar biasanya tempatnya beda-beda, apalagi kalau orderannya melebihi batas muatan. Seperti membelikan beras 50 Kg, gula 5 Kg, Bawang putih 3 Kg, Bawang Merah 3 Kg, daging sapi 1 Kg, daging ayam 3 Kg dan masih ada lagi perincian yang lainnya. 

Mungkin untuk masalah pembelian masih bisa dihandle karena besarnya harga pembelian order GoShop yang masuk tergantung settingan harga di aplikasi driver. 

Nah kendalanya adalah bagaimana cara membawa barang sebanyak itu? Kan beresiko juga bagi drivernya. 

Yah sebagai driver, bijak-bijaklah saat menjalankan order GoShop. Bukannya pilih-pilih order yah, namun lebih mengedepankan keselamatan diri dari pada hanya mengejar poin maupun tarif yang tak seberapa. 

Untuk cara menjalankan order GoShop sedikit berbeda dengan cara menjalankan order GoFood. Yang jelas order GoShop lebih mudah, karena langkah-langkahnya tidak seribet order GoFood. 

Yah biar lebih jelas, akan aku buatkan tutorial lengkap cara menjalankan order GoShop, terutama bagi mitra driver yang baru saja bergabung dengan Gojek. 

Panduan Cara Menjalankan Order GoShop Terbaru 

Pertama-tama kita cek terlebih dahulu aplikasi kita dalam keadaan ON. Set juga fitur Autobid agar kita bisa menerima order secara otomatis. Set juga nominal harga di atas 100.000 biar potensi mendapat order GoShop dengan nominal pembelian di atas 100.000 lebih besar. 

Kita bisa mengetahui saat mendapat order GoShop dengan melihat simbol logo GoShop berupa tas belanjaan berwarna merah. 

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoShop Bagi Driver Baru

Hal pertama yang harus kita pelajari adalah nama resto atau toko yang akan kita tuju. Kemudian lihat juga detail pesanan, perhitungkan harga estimasi pembelian masih bisa dijangkau dengan uang modal di dompet kita. 

Selalu konfirmasi ulang dengan pelanggan melalui fitur chat maupun telepon. Tanyakan juga detail lokasi toko atau resto dan juga detail produk yang akan dibeli. Selain agar kita lebih mudah menemukan letak tokonya, juga agar kita tidak salah membelikan produk maupun salah toko. 

Jika dirasa sudah fix, lanjut kita menuju toko tersebut. Tekan “Udah di Resto” jika memang kita sudah berada di lokasi toko sesuai di aplikasi. 

Belilah sesuai dengan detail pesanan. Jika ada selisih nominal harga, sebaiknya kita menginformasikan kembali pada pelanggan. Jika pelanggan setuju dengan perubahan harga, tekan “Udah Beli Pesanan” untuk melanjutkan. 

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoShop Bagi Driver Baru

Pada laman total harga, masukkan nominal harga pembelian sesuai yang kita sudah bayarkan di toko tersebut. Foto nota pembelian dengan jelas, jika toko tidak memiliki nota atau struck pembelian, kita bisa foto barang ataupun list harga menu di toko tersebut. 

Tunggu hingga pesanan sudah siap untuk diantar. Sambil menunggu pesanan jadi, alangkah baiknya kita konfirmasi ke pelanggan lagi tentang lokasi antar sudah sesuai atau tidak. 

Pilih “Mulai Pengantaran” disaat hendak antar pesanan. Setelah sampai lokasi, tunggu sampai bertemu dengan pelanggannya. 

Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoShop Bagi Driver Baru

Jika pelanggan bayar semua tagihan dengan GoPay, kalian tak perlu meminta pembayarannya lagi. Kalian bisa lihat jika tagihan tunai nilainya nol “Rp. 0” maka pembayaran menggunakan GoPay. Jika tagih tunai, tagihlah sesuai nominal yang tertera. 

Tekan “Selesai Antar” untuk menyelesaikan orderan GoShop. Jangan lupa untuk memberi rating atau penilaian kepada pelanggan yah. Kalian bisa kok memberi bintang 5 untuk pelanggan yang ramah dan bintang 2 atau 3 untuk pelanggan yang tak menyenangkan menurut kalian. 

Misalnya saja jika titik lokasi antar pelanggan tidak sesuai map, kalian bisa memberi rating bintang 4 dengan memberi komentar “lokasi tidak sesuai”. Ataupun kalau pelanggan rewel dan menyebalkan, bisa banget tuh dikasih bintang 1. 

Dengan begitu kita sudah menyelesaikan order GoShop dengan sempurna. Cukup mudah dan simple kan. 

Cek riwayat transaksi dan poin yang kalian dapatkan setelah menyelesaikan orderan ini. Kalau sudah, kalian bisa lanjut untuk mendapat orderan lainnya lagi. 

Nah begitulah panduan cara menjalankan order GoShop. Untuk selanjutnya, aku ingin menjelaskan bagaimana sih cara menjalankan order GoSend. 

Jika ada pertanyaan soal cara menjalankan order GoShop, kalian bisa banget tanyakan di kolom komentar. Sebisa mungkin aku akan jawab namun sebatas yang aku ketahui dan aku bisa yah. 

Sampai bertemu di artikel selanjutnya. 


Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Menjalankan Order GoShop Bagi Driver Baru"