Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah Akun Driver Dan Akun Pelanggan Berada di satu HP Yang Sama?

Bolehkah Akun Driver Dan Akun Pelanggan Berada di satu HP Yang Sama?


Bolehkah akun driver dan akun pelanggan berada di satu hp yang sama? Why not? 

Di artikel sebelumnya aku sudah buat artikel yang menjelaskan tentang menggunakan dua akun driver Gojek dan Grab di satu smartphone yang sama

Nah kalau dua akun driver di satu hp saja tidak jadi masalah, mengapa harus ada masalah untuk akun driver dan pelanggan di satu hp yang sama? 

Tau tidak, Di smartphoneku itu tidak hanya ada satu akun driver dan satu akun pelanggan saja loh. Melainkan ada dua akun driver (Grab dan GoPartner) dan dua akun ojek online pelanggan (Grab dan Gojek). 

Bagusnya lagi, ke empat akun tersebut, baik akun driver maupun pelanggan, sama-sama menggunakan satu nomor seluler yang sama. Untuk emailnya, sebenarnya menggunakan satu email yang sama. Namun karena ada kendala saat pendaftaran menajdi driver Grab dulu, jadi email yang aku gunakan di aplikasi Grab driver menggunakan email yang beda. 

Jadi sah-sah saja install aplikasi driver dan aplikasi pelanggan di satu hp yang sama. Bahkan untuk aplikasi GoPartner sendiri sudah ada sistem singkronisasi antara Gopay driver dengan Gopay di aplikasi pelanggan. Syaratnya dengan menggunakan nomor seluler yang sama. 

Di aplikasi Grab sendiri sebenarnya tak jauh beda dengan Gojek. Kita bisa tarik saldo tunai di Grab driver ke saldo OVO, yang nantinya kita bisa gunakan untuk belanja, pesan layanan Grab atau membeli pulsa di aplikasi Grab pelanggan. 

Karena adanya singkronisasi dompet digital inilah yang jadi alasan kenapa menggunakan akun driver dan akun pelanggan di satu smartphone yang sama itu diperbolehkan. 

Menurutku, banyak manfaat kok menginstall aplikasi driver dan aplikasi pelanggan dis atu hp yang sama. terutama jika kita memang tidak memiliki smartphone lain saat onbid sehari-harinya. 

Berikut aku jelasin manfaat dari install kedua aplikasi tersebut sesuai pengalamanku. 

Kelebihan Memiliki Akun Driver Dan Akun Pelanggan Dalam Satu Smartphone 


Bolehkah Akun Driver Dan Akun Pelanggan Berada di satu HP Yang Sama?


Sebenarnya sub judulnya kurang pas deh. Gak harus install aplikasi di satu smartphone yang sama sih, yang penting saat onbid itu kita sudah punya akun driver sekaligus akun pelanggan. Dengan begitu kalian akan mendapat manfaatnya sebagai berikut : 

1. Untuk Manfaatin Fitur Yang Ada 

Kita tahu sendiri bahwa aplikasi ojek online itu memiliki banyak fitur yang menarik. Ada fitur isi pulsa dan paket internet, bayar tagihan, bayar di merchant dan lain sebagainya. 

Hal ini akan lebih memudahkan kita jika dompet digital driver sudah singkronisasi dengan dompet digital akun pelanggan. Jadi pas kita butuh untuk beli paket internet atau bayar di merchant, kita cukup tarik saldo dari aplikasi driver ke aplikasi pelanggan. 

2. Opsi Mengembalikan Kembalian Uang Pelanggan 

Enaknya memiliki akun pelanggan saat onbid itu bisa buat alternatif lain untuk mengembalikan uang kembalian pelanggan. Misalnya saat kita tidak memiliki uang kecil untuk mengembalikan uang kembalian pelanggan. Kita bisa mewarkan pengembaliannya melalui transfer via wallet di aplikasi pelanggan. 

Kan bisa pakai top up dari driver? Kenapa harus repot-repot pakai transfer via dompet di aplikasi pelanggan? 

Memang bisa banget untuk mengembalikan uang kembalian pelanggan melalui fitur top up dari aplikasi driver. Namun taukah bahwa tidak semua layanan bisa menggunakan fitur tersebut. Misalnya saja layanan GoSend

Di aplikasi Grab, hanya layanan GrabBike yang bisa mengaktifkan fitur top up OVO. Sedangkan layanan GrabFood, GrabExpress dan GrabMart tidak ada. Padahal, layanan membelikan makanan ini yang sering ada transaksi uang kembalian. 

Dengan memiliki akun pelanggan saat onbid, kita bisa memiliki alternatif lain dalam memberika uang kembalian saat tidak ada uang kecil di dompet. Kan lebih baik pakai cara ini dari pada kita harus membelikan sesuatu ke warung terdekat hanya untuk memecah uang seratus ribu dari pelanggan. 

3. Bisa Buat Lihat-Lihat Area Ramai Driver 

Bolehkah Akun Driver Dan Akun Pelanggan Berada di satu HP Yang Sama?


Salah satu kelebihan dari aplikasi pelanggan bagi seorang driver adalah untuk melihat-lihat suatu area tersebut ada driver atau tidak. 

Caranya seperti saat mau pesan GoRide atau pesan GrabBike. Disaat menentukan lokasi jemput, di situ akan muncul logo driver jika memang terdapat driver yang mangkal sekitar area tersebut. 

Tujuannya sih untuk pemantauan dan atur strategi. Kalau dulu sih aku sering menggunakan hal tersebut saat sistem masih menggunakan alokasi terdekat sebagai salah satu parameter pembagian order. 

Jadi ceritanya ada pelanggan yang selalu melakukan order tiap hari di jam tertentu (jam 6 pagi). Kalau dulu, strategi agar orderannya bisa kita ambil. Cara termudahnya adalah dengan mendekati lokasi dia dan menunggu. 

Nah kadang saat kita menggunakan strategi tersebut, ternyata tidak hanya kita. Driver lain juga ada yang mengincar orderan tersebut. Maka dari itu, selalu was-was dengan melihat melalui aplikasi pelanggan itu penting. 

Jika ada driver yang posisinya lebih dekat dengan pelanggan tersebut, strategi kita adalah dengan lebih mendekati posisi dari yang order ini. Dan cara seperti itu benar-benar work it

Kalau di sistem sekarang sangat sia-sia melakukan strategi seperti itu. Kalau akun sedang gacor, tanpa harus mendekatipun pastinya akan kena kita juga orderannya. Tapi kalau sedang gagu, walaupun jaraknya satu meter dengan pelanggan, tetap saja nantinya kena driver yang sedang gacor. 

4. Bisa Untuk Darurat Order 

Dan poin terakhir manfaat dari punya akun pelanggan saat onbid adalah agar bisa melakukan darurat order sendiri. 

Misalnya saat dalam pengantaran makanan ke pelanggan, tiba-tiba motor kita mogok. Kebetulan lokasi kita berada jauh dari kota biasanya kita mangkal. Sementara itu makanan juga harus segera di antar bukan? 

Nah disinilah pentingnya punya akun pelanggan sendiri. Kita bisa order GoSend atau GrabExpress agar driver lain bisa menyelesaikan tugas kita. 

Nah begitulah manfaat punya akun pelanggan disaat kita onbid sehari-hari. Dan boleh banget aplikasi pelanggan berada di satu hp yang sama dengan aplikasi driver. 

Kekurangannya mungkin masalah kapasitas memory yang terpakai semakin besar. Apalagi jika RAM smartphone kalian di bawah 2Gb. 

Semoga bermanfaat. 

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Bolehkah Akun Driver Dan Akun Pelanggan Berada di satu HP Yang Sama?"