Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20+ Kosa Kata Unik dan Gaul Dalam Dunia Ojek Online

20+  Kosa Kata Unik dan Gaul Dalam Dunia Ojek Online


Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Kita tahu sendiri banyak hal receh yang terjadi di dunia ojek online. Dari kisah lucu dan mengemaskan dengan para pelanggan. Hingga kata-kata unik yang populer dikalangan mitra ojek online. Seperti kata bintang 5, gacor, jegger dan lain sebagainya. 

Nah kali ini aku ingin merangkum semua kosa kata unik yang sedang tren dalam dunia ojek online. Seperti judulnya “Kamus” berarti artikel ini akan aku usahakan update jika ada kosa kata baru lagi. 

Gacor

Kalian tak akan menemukan istilah “Gacor” dalam kamus KBBI maupun kamus bahasa indonesia lainnya. Karena istilah gacor ini mungkin hanya ada dalam dunia ojek online saja. 

Gacor adalah sebutan driver yang sering mendapatkan orderan. Gacor bisa diartikan dengan lancar orderan. 

Jadi kalau ada sebutan driver gacor, berarti driver ini terus-terusan mendapatkan orderan. Sementara driver lainnya hanya melihat si driver gacor ini lalu-lalang membawa makanan maupun penumpang. 

Dalam kondisi gacor, driver mendapat penghasilan harian yang cukup besar. Bahkan untuk mencapai target insentif bisa dalam waktu setengah hari. Padahal normalnya driver harus banting tulang hingga 10 jam lebih untuk mencapai target harian. 

Gagu

Gagu ini lawan kata dari gacor. Jadi kalau gacor yang merupakan sebutan bagi driver yang sering dapat orderan, maka gagu ini bisa dikatakan sebutan untuk driver yang sulit dapat orderan. 

Sebenarnya istilah “Gagu” ini kalau menurut KBBI artinya tidak dapat bicara atau bisu. Dikatakan gagu, karena aplikasi ojek online driver tidak berbunyi karena tidak adanya notifikasi orderan masuk untuk jeda waktu tunggu yang lama. 

Biasanya akun mitra yang dalam mode gagu ini hanya mendapatkan 3 sampai 4 orderan saja dalam sehari onbid. Namun ada juga mitra driver merasa akunnya gagu padahal sudah dapat 8 orderan sampai 10 orderan dalam sehari. 

Yah setiap driver juga punya pandangan sendiri tentang gagu. Yang jelas, akun gagu itu susah mendapatkan order tidak seperti biasanya. 

Begal

Istilah begal memiliki arti negatif yang sama dengan pencurian secara paksa dan pelakunya tak segan dalam melukai korban. Namun dalam dunia ojek online, bagal memiliki arti lain. 

Istilah begal dalam ojek online adalah sebutan mitra driver yang suka mangkal di dalam resto atau dekat dengan resto. Tujuan dari mitra yang mangkal dekat resto adalah untuk mendapatkan orderan makanan. 

Nah cara kerja mitra seperti itulah yang dinamakan begal. Dalam artian mitra yang mangkal dalam resto tersebut membegal orderan biar masuk ke akun ojek onlinenya. 

Anyep

Istilah anyep berasal dari bahasa jawa yang artinya tawar atau hambar. Sedangkan dalam dunia ojek online, anyep merupakan sebutan untuk mengambarkan sepinya orderan. 

Sedikit berbeda dengan istilah gagu, anyep merupakan kondisi mitra driver tidak mendapatkan orderan yang memang dikarenakan sepinya orderan. 

Akun Kodok

Akun kodok merupakan sebutan bagi mitra driver yang tetap semangat ngebid di hari hujan. Akun kodok juga bisa diartikan akun mitra yang hanya dapat orderan ketika hujans edang turun. Sedangkan disaat cuaca panas, akun ini jarang sekali dapat orderan. 

Opik Atau Ofik

Opik atau ofik merupakan singkatan dari orderan fiktif. Maksudnya orderan bohongan/palsu yang tidak bisa dijalankan sesuai prosedur. 

Order fiktif ini bisa digolongkan menjadi dua, yakni order iseng maupun order penipuan. 

Orderan fiktif untuk iseng ini biasanya adalah kerjaan orang iseng yang ingin mengerjai driver ojek online. Cara yang dilakukan biasanya seperti melakukan pemesanan order kemudian mematikan aplikasi ojek online. Dengan begitu driver tidak bisa menghubungi hingga sampai tertipu sudah berada di lokasi jemput. 

Sedangkan untuk Ofik dengan modus penipuan itu tidak hanya merugikan mitra dalam hal pembelian makanan saja, bahkan kalau tertipu bisa rugi lebih banyak lagi hingga sampai pencurian akun segala. 

Kasusnya biasanya pelanggan meminta kepada driver untuk dibelikan pulsa maupun membayarkan tagihan online ke minimarket. 

Tembakan

Tembakan di sini bukan berarti sebuah ledakan dari sebuah senapan atau pistol. Tembakan dalam dunia ojek online meruapakan sebuah orderan yang sudah dilepaskan oleh pelanggan namun dalam beberapa detik kemudian melakukan cancel order. 

Tembakan juga bisa diartikan sama dengan ofik. Hanya saja pelanggannya tidak melakukan menahan orderan cukup lama. Biasanya pelanggan akan melakukan cancel setelah beberapa mendapatkan driver. 

Ironisnya orderan tembakan seperti ini lebih banyak dilakukan oleh mitra driver sendiri. Niatannya sih agar yang dapat order itu teman driver yang sudah bersepakat sebelumnya. Karena tidak dapat driver tersebut, akhirnya pelanggan melakukan cancel. 

Centang

Centang sama artinya dengan ceklist. Yakni kegiatan memberi tanda pada sebuah kolom dengan tanda centang. 

Dalam dunia ojek online, centang merupakan sebutan untuk pelanggan yang melakukan cancel order yang berdampak pada turunnya performa driver. Biasanya pelanggan melakukan cancel dengan alasan “mitra driver yang meminta cancel atau alasan lain yang menyudutkan driver sebagai alasan cancel order” 

Berkat

Berkat adalah sebutan dari program Gojek yang mana mitra akan mendapatkan insentif harian mitra jika sudah emngumpulkan poin yang sudah ditentukan. 

Berlian

Berlian di dunia ojek online bukanlah sebuah perhiasan, Berlian disini sama artinya dengan dunia game dengan sebutan gems. Berlian merupakan fitur poin yang didapat oleh mitra Grab setelah menyelesaikan order, yang nantinya akan ada hadiah atau insentif disetiap berlian yang terkumpul. 

Bokongan

Bokongan itu berasal dari bahasa jawa “bokong” yang artinya pantat. Dalam dunia ojek online, bokongan itu sama artinya dengan orderan GoRide maupun GrabBike. Intinya orderan menjemput pelanggan untuk mengantarnya ke lokasi yang diinginkan. 

Disebut dengan bokongan ini dikarenakan yang diantar adalah pelanggan itu sendiri. Yang mana pelanggan harus naik ke kendaraan driver. Dari sini, bagian tubuh mana yang berada di kendaraan driver? Daerah bokong kan? Hehehe. 

Ngalong

Istilah Ngalong berasal dari kata nama hewan sejenis kelelawar besar yang suka makan buah di tengah malam. Dalam dunia ojek online, Ngalong bisa diartikan sebagai onbid di tengah malam. 

Tujuan dari driver ngalong ini adalah agar mendapatkan orderan disaat banyak miyra driver pada terlelap. Meskipun persaingan antar driver di tengah malam jarang terjadi, namun jumlah orderan yanga da juga tidak pasti. 

NgeBid

Istilah ngebid itu populer pada kegiatan pelelangan. Bid itu sendiri berarti melakukan penawaran dalam sebuah lelang. Sedangkan di dunia ojek online, ngebid itu sama artinya dengan melakukan pekerjaan ojek online itu sendiri. 

Misalnya ada perkataan dari sesama driver “hari ini tidak ngebid” itu sama artinya dengan “hari ini tidak ngegojek”. 

Geser

Istilah geser dalam dunia ojek online ini sebenarnya sama dengan arti geser secara harfiah. Yakni geser ke kanan, geser ke kiri atau geser ke samping. 

Namun istilah geser biasanya terjadi saat driver meminta pelanggan untuk bergeser dari suatu tempat yang rawan ke tempat yang aman. Misalnya pelanggan order di dalam stasiun atau terminal, yang mana biasanya ada peraturan khusus bahwa ojol tidak boleh mengambil di daerah tersebut. 

On Bid

Istilah On Bid sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah Ngebid. Namun On Bid lebih mendetail pada aplikasi ojek online. Jadi On Bid berarti kegiatan menghidupkan aplikasi ojek online agar mendapatkan orderan. 

Off Bid

Kebailkan dari istilah OnBid adalah Offbid. Dengan kata lain, istilah OffBid berarti kegiatan mematikan aplikasi ojek online agar tidak mendapatkan orderan dalam waktu tersebut. Biasanya OffBid dilakukan oleh driver saat sedang istirahat sejenak maupun istirahat dalam kondisi hujan. 

Nitik

Nitik itu berasal dari bahasa jawa, yang kata dasarnya berasal dari kata “Titik”. Nitik bisa berarti sebuah tanda atau menandai. 

Dalam dunia ojek online bisa diartikan dengan menandai sebuah lokasi dengan titik-titik tertentu menggunakan aplikasi tambahan yang dikenal dengan sebutan “Fake GPS”. 

Tujuan dari nitik ini adalah untuk menyamarkan lokasi asli driver dan dipindahkan ke lokasi yang sekiranya ramai orderan. Biasanya sih lokasi yang dekat dengan resto. 

Dengan begitu driver bisa santai di rumah ataupun lokasi yang cukup jauh dari keramaian, namun lokasi di aplikasi driiver berada di pusat keramaian order. 

Mod

Istilah Mod merupakan kependekan dari kata “modifikasi”. Dalam dunia ojek online, Mod bisa diartikan dengan aplikasi ojek online yang sudah di modifikasi dengan berbagai fitur tambahan secara ilegal. 

Aplikasi Mod ini biasanya digunakan untuk mengelabuhi sistem untuk beberapa hal. Misalnya untuk mengelabuhi sistem verifikasi muka. Mod juga bisa digunakan untuk mendukung kegiatan nitik (fake GPS) agar tidak ketahuan server ojek online. 

Tuyul

Arti “Tuyul” dalam KBBI adalah makhluk halus yang dipelihara seseorang yang konon digunakan untuk mencuri uang. Namun kalau dalam dunia ojek online, Tuyul juga bermakna mencuri uang juga, namun menggunakan teknologi dan kecerdasan manusia. 

Tuyul ini sama artinya dengan Nitik. Yakni sama-sama menggunakan aplikasi fake GPS dalam penerapannya. Namun perbedaannya terletak pada cara kerja setelah mendapatkan orderannya. 

Nitik hanya digunakan untuk menyamarkan lokasi biar dapat orderan. Setelah itu mitra menjalankan sesuai prosedur hingga mengantar ke pelanggan. 

Sedangkan tuyul ini sama-sama menggunakan fake GPS untuk mendapatkan order. Namun dalam menjalankan hingga penyelesaian order, driver tidak menjalankan secara real. Semua pekerjaan dijalankan menggunakan fake GPS. 

Biasanya, type orderan yang dijalankan adalah order fiktif atau order tembakan. Yang mana pelanggan dan driver sudah bekerja sama sebelumnya. Bahkan bisa jadi pelanggannya itu mitra driver sendiri yang menggunakan smartphone berbeda. 

Akun Joki

Akun joki merupakan sebutan bagi mitra driver yang menggunakan aplikasi ojek online yang bukan miliknya pribadi. Biasanya akun ojek online tersebut didapat dari pinjam sesama driver atau jual beli akun ojek online. 

Tandanya akun joki adalah wajah di profil aplikasi tidak sama dengan wajah mitra driver. Untuk plat motor yang beda, tidak selalu menandakan mitra tersebut akun joki. Bisa jadi mitra driver memiliki dua kendaraan, sementara yang terdaftar hanya satu kendaraan saja. 

NgeBlast atau Njebles

Istilah ngeblast atau njebles ini berasal dari kata “Blast” yang artinya ledakan. Dalam dunia ojek online, Ngeblast bisa diartikan ledakan orderan dalam tempat tertentu. Biasanya di map aplikasi driver akan berwarna merah yang menandakan lokasi tersebut lagi banyak orderan. 

Dampak dari ngeblast ini biasanya driver mendapat orderan dengan jarak yang keterlaluan, dikarenakan permintaan orderan yang terlampau banyak, Sementara driver dalam wilayah tersebut sedang sibuk menjalankan orderan lainnya. Akhirnya banyak orderan yang berada pada kondisi mencari driver. 

Dalam kondisi tersebut, jika dalam satu wilayah 4 km tidak ada driver yang mengambil orderan, maka orderan tersebut akan mencari driver dengan jangkauan jarak lebih dari 4 km. Disitulah dilemanya. 

Ngeblast atau njebles juga bisa diartikan sebagai orderan yang loncat-loncat karena sistem. Hal ini ditandai dengan orderan yang didapat mitra driver yang jaraknya cukup jauh dari pelanggan atau resto. Sementara banyak driver juga yang lokasinya lebih dekat. 

Suspend

Arti dari kata suspend adalah penangguhan. Dalam dunia ojek online, suspen merupakan bentuk hukuman bagi driver karena melakukan pelanggaran. Biasanya hukuman suspen ini berupa penangguhan akun ojek online yang tidak bisa aktif sementara dalam beberapa waktu. 

Masa hukuman suspen biasanya tergantung dari beratnya pelanggaran mitra driver. Ada yang diberi suspen selama 1 hari, dua hari bahkan seminggu dan sebulan aplikasi non aktif. 

PM

PM kepanjangan dari putus mitra. Putus mitra merupakan hukuman bagi mitra yang melakukan pelanggaran berat. Misalnya berkata kasar pada pelanggan, melkukan order fiktif dan lain sebagainya. 

Opang

Opang merupakan sebutan bagi tukang ojek konvensional. Opang sendiri kepanjangan dari kata ojek pangkalan. 

Di dunia ojek online sering sekali kita dengar istilah opang. Apalagi di daerah-daerah yang sejak lama transportasinya menggunakan ojek konvensional. Jadi sering ada bentrokan antara ojol (ojek online) dan opang (ojek pangkalan). 

Disebut ojek pangkalan juga dikarenakan cara kerjanya memang harus mangkal disuatu lokasi tertentu. Tiap pangkalan biasanya memiliki peraturan sendiri-sendiri. Seperti opang dari pakalan 1 tidak boleh ambil penumpang dipangkalan 2, begitupun sebaliknya. 

Nah yang jadi alasan bentrokan dengan ojek online adalah kebebasan ojek online dalam jemput penumpang disegala tempat. Kalau ketahuan opang menjemput di wilayahnya, hal ini yang akan jadi perdebatan. 

Bintang

Bintang merupakan benda langit yang bersinar di malam hari. Bintang juga bisa diartikan sebagai selebritis terkenal. Namun dalam dunia ojek online, bintang adalah sebuah penilaian dari pelanggan sebagai bentuk apresiasi kepada driver. 

Penilaian bintang sendiri memiliki skala penilaian antara 1 sampai 5. Jadi kalau ada driver meminta kepada pelanggan untuk diberikan bintang 5, maksudnya adalah penilaian yang baik untuk driver tersebut. 

Vermuk

Vermuk merupakan kepanjangan dari Verifikasi Muka. Vermuk adalah fitur terbaru bagi ojek online untuk melindungi akun mitra dari pencurian data. Fitur verifikasi muka sendiri akan muncul hampir tiap hari, namun ada juga yang akan muncul setelah beberapa hari. 

*** 

Kosa kata dalam dunia ojek online mungkin akan terus bertambah dan mungkin di masing-masing kota istilahnya bisa berbeda, namun secara pengertian mungkin saja sama. Yah semoga istilah-istilah tersebut bisa membantu kalian dalam mengerti kosa kata dalam dunia ojek online. 

Semoga bermanfaat. 

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "20+ Kosa Kata Unik dan Gaul Dalam Dunia Ojek Online"