Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru

Hai, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya sudah aku jelasin bagaimana sih cara pesan GrabBike maupun GrabFood. Untuk artikel kali ini, aku ingin membahas tentang bagaimana sih cara pesan layanan GrabExpress. 

Ada yang tau apa itu GrabExpress? 

GrabExpress merupakan layanan Grab dalam hal pengantaran barang secara instan dan aman. Terdapat 3 jenis layanan untuk GrabExpress sendiri, yakni :  

1. Grab Express Instan Bike 

Pengiriman barang secara cepat dan langsung sampai (maksimal 3 jam) menggunakan media roda dua (GrabBike). Maksimal berat yang diperbolehkan 15 kg dengan dimensi 50 x 50 x 50 cm. 

2. Grab Express Same Day (Bike) 

Sama dengan GrabExpress instan bike namun pengirimannya lebih lambat tapi tetap di hari yang sama (maksimal 6 jam) dengan tagihan bayarnya lebih hemat. Hal ini dikarenakan pengiriman menunggu pengiriman lainnya yang searah. 

3. Grab Express Instan Car 

Pengiriman barang secara cepat dan langsung sampai (maksimal 3 jam) menggunakan media roda empat (GrabCar). Maksimal berat yang diperbolehkan 150 kg dengan dimensi 100 x 100 x 80 cm. 

Meskipun terdiri dari 3 jenis layanan GrabExpress, namun secara umum cara pesannya tidak jauh beda. Berikut aku jelasin cara pesan GrabExpress selengkapnya. 

Panduan Cara Pesan Layanan GrabExpress Terbaru 


Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi Grab. Kemudian tekan pilihan “Pengantaran/Express” untuk mulai pesan GrabExpress. 

Pilih pengantaran dalam kota untuk hal ini. Karena jika pengantaran antar kota itu menggunakan layanan Ninja Xpress. 

Langkah awal adalah menentukan lokasi titik jemput barang atau lokasi pengirim. Misalnya kita adalah pengirim, maka bulatan berwarna hijau itu yang harus kita isi dengan detail alamat kita. 

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru

Sedangkan jika status kita sebagai penerima, maka bulatan biru itu kita isi dengan detail lokasi pengirimnya. 

Detail lokasi jemput maupun lokasi antar mencakup detail alamat lokasi yang sesuai, nama pengirim/penerima dan Nomor hp pengirim/penerima. 

Pada pilihan penerima kita juga harus mengisikan detail barang beserta berat estimasinya. Jangan lupa cantumkan juga instruksi pengantaran. 

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru

Setelah semua selesai, kita bisa pilih metode pengantarannya menggunakan apa. Jika barang yang akan diantarkan terlalu besar untuk diambil oleh driver GrabBike, sebaiknya kita pilih GrabExpress Instan Car saja. Pilih “Berikutnya” untuk lanjut ke konfirmasi pesanan. 

Pada laman konfirmasi pesanan, kita bisa menentukan metode pembayaran yang kita inginkan. Jika pembayaran menggunakan uang tunai, kita bisa memilih pilihan pembayaran dilakukan oleh pihak penerima atau pada pihak pengirim. 

Kita juga bisa memilih garansi proteksi barang yang akan dikirim, namun syaratnya kita harus menggunakan metode OVO untuk bisa mengaktifkan fitur proteksi ini. Fitur proteksi ini dapat melindungi atau menggaransi barang hilang atau rusak saat pengantaran hingga 10 juta. Namun tergantung dari pilihan proteksi yang kita pilih tentunya. 

Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru

Jika semua sudah selesai, pilih “Konfirmasi dan Pesan” maka sistem akan mencari mitra deriver terdekat dengan lokasi pengirim. 

Jangan lupa konfirmasi ulang kepada mitra drivernya yah. Bisa melalui telepon maupun melalui fitur chat. Tunggu mitra driver ambil barang sesuai lokasi penjemputan. 

Setelah memberikan barang ke mitra driver, jangan keburu pergi yah. Karena mitra driver akan butuh konfirmasi ulang beserta meminta foto barang tersebut dengan kita yang memeganginya. Memang begitulah prosedur penjemputan GrabExpress. 

Sama saja saat kita sebagai penerima barang. Ketika barang sudah diantarkan kepada kita, kita tak seharusnya langsung pergi. Karena mitra driver juga butuh konfirmasi lagi dengan foto barang tersebut. 

Nah begitulah panduan lengkap cara pesan GrabExpress. Cukup mudah sebenarnya, namun dalam pengantaran GrabExpress, pastikan pula drivernya sesuai profil di aplikasi yah. Biar keamanan barang terjamin dan sampai dengan selamat ke tangan penerima.



Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Pesan GrabExpress Terbaru"