Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Menjalankan Order GrabExpress Terbaru

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru

Hai mitra driver Grab, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online. 

Di artikel sebelumnya kita sudah pelajari bagaimana sih cara menjalankan order GrabFood. Untuk kesempatan kali ini aku ingin menjelaskan tentang cara menjalankan order GrabExpress khususnya bagi mitra driver Grab baru. 

Hal ini cukup penting menurutku, soalnya proses menjalankan order GrabExpress ini paling ribet dari pada layanan lain seperti GrabBike maupun GrabFood. 

Sebelum melangkah lebih jauh, aku ingin menjelaskan terlebih dahulu apa sih layanan GrabExpress itu? 

GrabExpress merupakan layanan antar paket atau barang dari Grab. Seperti halnya kurir, tugas kita sebagai driver itu mengambil barang dari pengirim dan mengantarnya ke lokasi penerima. 

Menurut versi driver, GrabExpress bisa dibedakan menjadi dua. Yakni GrabExpress reguler dan GrabExpress e-Commerce

Secara umum cara menjalankannya sama saja, bedanya hanya terletak pada cara pemesanan pengguna. Kalau GrabExpress reguler pengguna pesan melalui aplikasi Grab, sedangkan GrabExpress e-Commerce melalui aplikasi e-Commerce seperti Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya. 

Sebenarnya ada jenis lainnya juga, yakni GrabExpress car dan GrabExpress Same Day. GrabExpress car untuk pengiriman barang bagi driver GrabCar, sedangkan GrabExpress Same Day hanya ada di kota-kota besar. 

Jadi aku tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai dua layanan itu, karena aku sendiri belum pernah melihat dan menjalankan secara langsung. 

Okay, kembali lagi ke topik. 

Seperti yang aku jelaskan sebelumnya bahwa menjalankan order GrabExpress ini lebih ribet dari pada yang lainnya. Jadi penting banget untuk mempelajari cara kerjanya agar tidak terjadi kesalahan saat menjalankannya. 

Untuk itu aku buatkan tutorial lengkap tentang cara menjalankan order GrabExpress beserta detail penjelasannya. Yuk simak panduannya di bawah ini. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabExpress Terbaru 

Pertama-tama kita cek terlebih dahulu kesiapan ngebid untuk hari ini. Mulai dari persiapan kelengkapan berkendara (SIM, STNK dan uang modal), atribut serta helm untuk pelanggan. Jika sudah siap, aktifkan aplikasi Grab driver dengan tekan tombol On/Off di tengah atas kemudian nyalakan toggle idle sebelah pojok kanan atas. 

Layanan GrabExpress ini special, kita tidak bisa mematikan layanan GrabExpress ini di pengaturan. Jadi tidak usah khawatir pengaturan layanan GrabExpress ini mati dengan sendirinya. 

Saat mendapatkan orderan, Grab akan memberi tahu kita orderan jenis apa yang kita dapatkan di laman pertama. Jika order GrabExpress, maka tampilannya bertuliskan Grabxpress juga. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru

Perlu diingat bahwa layanan GrabExpress ini merupakan layanan jemput paket. Jadi yang pertama kita perhatikan adalah lokasi pengirim yang ditandai bulatan hijau bernomor satu (1). Bulatan berwarna orange bernomor dua (2) merupakan lokasi si penerima paket nantinya 

Kita juga bisa melihat detail rincian pengantaran dengan pilih “Rincian”. Biar lebih mudah, sebaiknya konfirmasi melalui fitur chat terlebih dahulu. Tanyakan lokasi jemput paket sudah sesuai atau tidak. Minta juga ancer-ancer lokasi biar lebih mudah menemukan lokasi si pengirim paket. 

Jika sudah konfirmasi ke pengirim, kita tinggal pergi ke lokasi sesuai di aplikasi. Tekan “Saya Sudah Sampai” jika kita sudah benar-benar sampai di lokasi pengirim. Nah untuk selanjutnya, prosesnya akan sedikit ribet mulai dari sini. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru

Mula-mula kita akan menemukan tampilan info pengirim, namun yang terdapat di sana justru nama penerima. Abaikan tentang itu, nanti kita akan paham setelah memilih nama penerima tersebut dan pilih “Berikutnya”. 

Intinyaa adalah dengan selalu membaca perintah yang ada biar tidak salah. Perintah selanjutnya adalah kita harus menanyakan bahwa si pengirim ini namanya harus sama dengan nama yang tertera di aplikasi. Maka dari itu penting kita konfirmasi kepada pengirim dengan menyebutkan nama tersebut. 

Perintah selanjutnya adalah perihal berat barang dan dimensi. Kita bisa anikan tentang hal ini dan lanjut ke perintah berikutnya. Namun perlu diingat, jika dimensi dan berat paket melebihi kapasitas muat, sebaiknya kita cancel orderannya dari pada terjadi apa-apa di jalan nantinya. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru

Kita bisa kok membatalkan saat masih di proses ini dengan memilih alasan barang melebihi kapasitas yang ditentukan. 

Perintah terakhir (perintah konfirmasi pengirim) adalah foto paket/barang. Kalau aku sih biasanya foto paket yang dipegang oleh pengirim, karena prosedurnya memang gitu. Namun jika pengirim menolak untuk foto, kita cukup foto paketnya aja. 

Setelah itu kita akan menyadari laman awal itu untuk apa. Sama seperti saat kita foto nota pembelian di GrabFood order Gabungan. Yang mana akan ada ceklis jika sudah konfirmasi data yang diperlukan. 

Hal ini memungkinkan kita bisa mendapat order GrabExpress Gabungan atau yang biasa disebut GrabExpress Same Day. Nantinya laman konfirmasi pengirim ini akan memunculkan beberapa nama penerima jika kita mendapatkan beberapa order GrabExpress dalam satu waktu dengan penerima yang berbeda-beda. 

Dengan menekan “Konfirmasi Pengambilan” yang berarti kita sudah pegang paket yang akan diantar. Sebelum pergi, tanyakan lagi ke pengirim lokasi antarnya biar kita lebih mudah untuk menemukan lokasinya. 

Konfirmasi juga kepada penerima bahwa kita akan antar paketnya. Namun konfirmasinya hanya bisa dilakukan melalui telepon saja loh. Namun bisa juga melalui chat jika yang pesan GrabExpress melalui aplikasi itu adalah si penerima. 

Udah paham sampai sini? 

Intinya kita jemput ke lokasi pengirim, konfirmasi barang yang akan diantar, konfirmasi alamat penerima, kemudian antar paketnya ke lokasi penerima. 

Tekan “Saya Sudah Sampai” saat kita benar-benar berada di lokasi penerima. Prosesnya hampir sama seperti saat konfirmasi ke pengirim. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru

Konfirmasi nama penerima apakah sudah sesuai dengan nama yang tertera di aplikasi. Kemudian foto barang yang dipegang penerima sebagai bukti pengiriman sudah diterima. 

Proses selanjutnya adalah perihal pembayaran. Karena yang aku buat tutorial ini menggunakan penbayaran non tunai, jadi aku tidak menyinggungnya di awal tadi. 

Jadi seandainya jika kita dapat orderan GrabExpress dengan metode pembayaran uang tunai. Hal yang perlu kita pastikan adalah pembayaran akan dibayarkan oleh pihak mana. Kita bisa tanyakan kepada pengirim sebelum antar paket perihal pembayaran ini. 

Sebenarnya ada sih informasi pembayaran uang tunai ini dibebankan kepada pihak pengirim atau penerima di aplikasi. Namun baisanya pihak pengirim akan memberitahu kita perihal pembayaran saat hendak antar. 

Panduan Cara Menjalankan Order GrabFood Terbaru

Dan terakhir adalah penilaian kita terhadap proses pengantaran ini. kita bisa kok memberi penilaian buruk jika memang tidak sesuai ketentuan. Misalnya seperti barang terlalu besar untuk dibawa driver Grabbke. Ataupun karena penentuan lokasi jemput maupun lokasi antar yang jauh dari kata akurat. 

Nah bagaimana? Ada yang masih binggung dari penjelasan di atas. Kalau iya, bisa banget ditanyakan di kolom komentar. 

Untuk artikel berikutnya, aku ingin menjelaskan tentang bagaimana cara menjalankan order GrabMart. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 


Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Cara Menjalankan Order GrabExpress Terbaru"