Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Menjalankan GrabMart Terbaru

Panduan Cara Menjalankan GrabMart Terbaru

Hai mitra driver Grab, kembali lagi di KisahOjol.com. Blog yang membahas tentang informasi menarik tentang ojek online. Dari kisah receh, drama ojek online serta tutorial dan tips seputar ojek online.

Di artikel sebelumnya kita sudah pelajari bagaimana cara menjalankan order GrabExpress. Untuk kesempatan kali ini aku ingin menjelaskan tentang cara menjalankan order GrabMart khususnya bagi mitra driver Grab baru.

Udah tau belum apa itu GrabMart? GrabMart merupakan layanan membelikan produk/barang di toko yang terdaftar GrabMart. 

Lantas apa bedanya dengan GrabFood?

Serupa tapi tak sama, mungkin seperti itu yang bisa aku gambarkan tentang GrabMart dibanding dengan GrabFood. Namun pada dasarnya GrabMart sendiri merupakan program dari GrabFood yang melayani pembelian produk selain makanan siap saji. Misalnya frozen food, snack, sembako, hingga sayur dan buah segar.

Sebelum ada GrabMart, layanan GrabFood juga menyediakan pembelian sejenis snack kemasan dan frozen food juga. Namun untuk sekarang, resto GrabFood yang menunya hanya snack kemasan ataupun frozen food secara otomatis menjadi toko GrabMart.

Aku sendiri sangat suka sekali mendapatkan order GrabMart ini karena waktu menjalankan orderan GrabMart tidak banyak menyita waktu, terutama perihal menunggu. Karena orderan GrabMart ini berupa barang jadi, jadi kita bisa langsung ambil pesanan tanpa harus nunggu pihak toko membuatkannya terlebih dahulu.

Untuk cara menjalankan order GrabMart sebenarnya tidak jauh beda dengan cara menjalankan order GrabFood. Namun tak lengkap jika aku tidak membuat panduannya, biar artikel di blog ini jadi lengkap.

Cara Menjalankan Order GrabMart Terbaru

Pertama-tama kita cek terlebih dahulu kesiapan ngebid untuk hari ini. Mulai dari persiapan kelengkapan berkendara (SIM, STNK dan uang modal), atribut serta helm untuk pelanggan. Jika sudah siap, aktifkan aplikasi Grab driver dengan tekan tombol On/Off.

Saat mendapatkan orderan GrabMart, Grab akan memberi tahu kita orderan jenis apa yang kita dapatkan di laman pertama yang bertuliskan informasi orderan GrabMart. Tekan layar di mana saja untuk menampilkan beranda utama orderan GrabMart.

Panduan Cara Menjalankan GrabMart Terbaru

Pelajari lokasi toko GrabMart beserta detail dari pesanan di aplikasi. Kemudian konfirmasi ulang kepada pelanggan melalui ftur chat ataupun telepon secara langsung. Konfirmasinya semisal menanyakan pesanan sudah sesuai aplikasi ataupun konfirmasi perihal alamat antar pelanggan

Jika sudah fix barulah kita berangkat ke toko GrabMart. Lokasi toko GrabMart ditandai oleh bulatan hijau nomor satu (1) di aplikasi. Sedangkan lokasi antar pelanggan ditandai bulatan warna orange nomor dua (2).

Tekan “Saya Sudah di Toko” ketika sudah sampai di lokasi toko. Karena order GrabMart ini merupakan order produk yang tak harus nunggu dimasakin terlebih dahulu, jadi proses menjalankan order GrabMart ini terhitung cepat.

Panduan Cara Menjalankan GrabMart Terbaru

Pihak toko akan menyiapkan barang sesuai pesanan di aplikasi. Pilih “Saya Sudah Ambil” ketika pihak toko sudah memberikan barang pesanan kepada kita. Cek terlebih dahulu jumlah dan nama barangnya sesuai detail pesanan di aplikasi. Baru pilih “Saya Sudah Cek” dan foto nota pembeliannya.

Selanjutnya kita tinggal antar pesanan ke lokasi pelanggan. Sebelum antar sebaiknya kita konfirmasi tentang lokasi antar ke palanggan. Biar tidak makan waktu seandainya lokasinya ternyata tidak sesuai di map aplikasi.

Tekan “Saya Sudah Sampai” saat sudah di titik lokasi antar. Kalau ada note alamat lokasi antarnya kita bisa langsung ketok pintu rumah pelanggan. Namun jika tidak ada note, kita bisa konfirmasi melalui chat bahwa kita sudah sampai di lokasi antar.

Panduan Cara Menjalankan GrabMart Terbaru

Untuk pembayarannya sendiri sama seperti di orderan pada umumnya. Ada metode pembayaran non tunai dan ada juga pembayaran tunai. Jika pembayaran tunai, tagihlah sesuai dengan harga di perincian pembayaran.

Dengan begitu kita sudah menyelesaikan orderan GrabMart sesuai prosedur. Tapi sebelum onbid lagi, sebaiknya kita beri penilaian terhadap pelanggan.

Kenapa hal ini penting?

Seandainya lokasi antar benar-benar tidak sesuai dengan aplikasi (misalnya lebih jauh 1 km) sebaiknya beri penilaian bintang 3 dengan alasan lokasi pelanggan tidak sesuai. Soalnya hal ini bisa berpengaruh pada akun driver juga, jika seandainya kita  kirim ke alamat yang tidak sesuai. Perlu diingat bahwa kode etik Grab sedikit kejam perihal keakuratan lokasi.

Nah begitulah cara menjalankan order Grabmart. Kiranya ada pertanyaan mengenahi hal ini, kalian bisa kirimkan pertanyaan kalian melalui kolom komentar yang tersedia.

Untuk artikel berikutnya aku ingin menjelaskan tentang pengertian GrabAssistant dan bagaimana cara menjalankan order GrabAssistant. Namun sepertinya nunggu layanan GrabAssistant ini berlaku di daerahku yah 😊😊.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.



Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Cara Menjalankan GrabMart Terbaru"