Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Top Up Gopay Pelanggan dan Gopay Driver Via BRI

Panduan Top Up Gopay Pelanggan dan Gopay Driver Via BRI

Apa itu Gopay?
Bagi pengguna aplikasi Gojek, pasti udah pada tau kan apa itu Gopay dan apa kegunaannya. 

Gopay merupakan salah satu dompet digital atau yang sering disebut dengan e-wallet yang terdapat pada aplikasi Gojek. Gopay sendiri menjadi satu-satunya metode pembayaran non tunai yang ada di aplikasi Gojek. 

Kegunaan dari Gopay sendiri tidak melulu soal pembayaran tarif ojek online saja loh. Melainkan banyak hal yang bisa dibayar menggunakan Gopay. Misalnya bayar tagihan, beli pulsa, top up game hingga bayar di toko yang menyediakan pembayaran menggunakan Gopay. 

Aku sendiri sering sekali melakukan pembelian Alfamart menggunakan saldo Gopay. Bahkan untuk membayar domain blog ini pertahunnya, aku menggunakan Gopay juga loh. 

Maka dari itu penggunaan Gopay di era serba online kini menjadi hal yang menyenangkan. Kalau tidak percaya, coba deh baca artikel tentang manfaat memiliki e-wallet di era sekarang

Terus bagaimana kalau kehabisan saldo Gopay? 

Yah kita isi lagi dong. Bahasa kerennya itu “Top Up Gopay” 

Untuk top up saldo Gopay sebenarnya banyak caranya. Bisa melalui driver Gojek, melalui Alfamart atau melalui Rekening Bank. Untuk selengkapnya bisa baca dia rtikel "Berbagai Cara Top Up Gopay Driver".

Dipembahasan kali ini, aku ingin menjelaskan tentang bagaimana cara top up saldo Gopay via BRI. Soalnya, metode ini yang paling sering aku gunakan. 

Oh iya, sebelumnya aku ingin jelasin bahwasannya Gopay itu dibedakan menjadi dua jenis. Yakni : Gopay di aplikasi Gojek pelanggan (Gopay pelanggan) dan Gopay di aplikasi driver (Gopay driver). 

Serupa tapi tidak bisa menyatu. Entahlah kenapa PT GI membuat perbedaan seperti itu. Dari pada bingung mikirin alasannya, mending baca kelanjutan cara top up Gopay via BRI. 

Cara Mudah Top Up Gopay Via ATM BRI 

Panduan Top Up Gopay Pelanggan dan Gopay Driver Via BRI

Yang pertama harus kita lakukan adalah dengan pergi ke ATM BRI terdekat. Ya iya lah. 

Jangan lupa, syarat untuk bisa top up Gopay via ATM BRI adalah wajib memilki kartu ATM yang ada saldonya. Kalau tidak ada saldo, kalian masih bisa kok setor tunai melalui ATM BRI terlebih dahulu. 

Masukkan kartu Atm dan login dengan memasukkan 6 digit PIN ATM. Setelah masuk, pada beranda utama pilih menu “Transaksi Lainnya” dan pilih “Pembelian”. 

Cari pilihan “Top Up Gopay”. Jika tidak ada, kalian bisa pilih “Lainnya” hingga menemukan pilihan Top Up Gopay. 

Setelah memilih pilihan Top Up Gopay, dalam hal ini kalian harus tau dulu, mau top up Gopay pelanggan atau Gopay driver. Karena kedua Gopay itu berbeda dan memiliki kode perusahaan yang berbeda pula. Makanya tadi aku bilang bahwa Gopay itu serupa tapi tak menyatu. 

Kode untuk top up Gopay pelanggan menggunakan kode 301341, sedangkan untuk Gopay driver kodenya menggunakan 301342. 

Kode tersebut untuk apa? 

Kode itu merupakan kode perusahaan, semisal kita hendak tranfer ke bank lain, kan biasanya ada kode perusahaan yang dimasukkan terlebih dahulu sebulum nomer rekeningnya. Nah cara kerja kode untuk top up Gopay juga sama seperti itu. 

Jadi untuk cara top up via ATM, kalian masukkan kode tersebut terlebih dahulu baru nomor Gopay (nomor telepon kalian). 

Contoh untuk top up Gopay pelanggan : 301341081216988994 

Contoh untuk top up Gopay driver : 301342081216988994 

Setelah kalian memasukkan nomor telepon beserta kode Gopay, kemudian pilih pilihan “Benar”. Setelah itu kita tinggal memasukkan nominal besarnya top up saja. Besarnya top up Gopay minimal 10.000 dengan biaya admin sebesar 1.000 per transaksi. 

Sebelum transaksi dilakukan, ada konfirmasi ulang tentang transaksi ini. Kita bisa lihat nama pengguna Gopay yang diinformasikan sudah sesuai tidak dengan nama pengguna di aplikasi Gojek kita. Jika nama tidak sesuai, kita bisa batalkan transaksinya dan mengulang kembali prosesnya. 

Cara Mudah Top Up Gopay Via Aplikasi BRImo 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan install aplikasi BRImo di smarphone. Biar lebih mudah, ini aku sudah siapkan linknya di >> Download BRImo

Namun sebelumnya, rekening kalian harus sudah terdaftar Internet banking terlebih dahulu. Karena untuk login ke aplikasi BRImo dibutuhkan yang namanya usarname dan pasword. Jadi kalian harus registrasi internet banking terlebih dahulu ke CS BRI terdekat. 

Panduan Top Up Gopay Pelanggan dan Gopay Driver Via BRI

Jika sudah mendaftar internet banking BRI, buka aplikasi BRImo yang sudah didownload tadi, lalu masukkan usaername dan passwordnya. 

Setelah berhasil login, pada menu beranda pilih tab kedua “Beli & Bayar”, kemduaian pada tab pembelian pilih “Topup Gopay”. 

Enaknya menggunakan aplikasi, kita tak perlu lagi menghafal kode Gopay seperti transaksi di ATM BRI. Karena di aplikasi BRImo sudah memberikan shortcut pilihan Gopay mana yang akan kita Top up. Kita cukup mengisikan nomor telepon saja. 

Panduan Top Up Gopay Pelanggan dan Gopay Driver Via BRI

Di laman selanjutnya, kita bisa masukkan nominal top up. Sama seperti transaksi di ATM, minimal besarnya top up Gopay itu sebesar 10.000. Biaya admin juga sama sebesar 1000 per transaksi. 

Laman terakhir berupa konfirmasi top up. Kita bisa lihat informasi nama pengguna Gopay sudah sesuai tidak dengan nama yang tercantum di aplikasi Gojek kita. Jika sudah pilih lanjut dan masukkan password untuk melanjutkan proses transaksi. 

Berapa lama proses top up ini masuk ke saldo Gopay? 

Sebenarnya proses saldo masuk itu singkat banget. Kalau memang tidak ada kendala dari BRInya sendiri, saldo Gopay masuk hanya dalam hitungan detik. 

Nah dari sini ada yang binggung dengan penjelasan di atas. Kalau masih belum paham, bisa banget tanya melalui kolom komentar di bawah. 

Semoga bermanfaat 😊😊



Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Panduan Top Up Gopay Pelanggan dan Gopay Driver Via BRI "