Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah Mitra Install Aplikasi Driver dan Pelanggan di Satu Smartphone Yang Sama

Bolehkah Mitra Install Aplikasi Driver dan Pelanggan di Satu Smartphone Yang Sama

Aku menyadari benar kalau ada mitra driver yang menanyakan tentang “Bolehkah menjalankan dua jenis aplikasi driver online di smartphone yang sama”. Mengingat mereka mewaspadai sanksi berupa putus mitra, dan itu wajar.

Namun jika ada mitra driver yang menanyakan “Apakah boleh install aplikasi driver dan pelanggan dalam satu smartphone?. Apalagi sampai ada mitra paranoid yang beranggapan melakukan hal ini bisa berujung suspen hingga PM. Sungguh aku ingin jitak kepalanya.

Perlu diketahui bahwa pihak aplikator itu butuh yang namanya “Pelanggan”. 

Entah itu dari kalangan elit maupun kalangan bawah, entah itu selebritis maupun pengemis. Bagi pihak aplikator, yang namanya pelanggan tetaplah pelanggan dari manapun mereka berasal.

Begitupun bagi mitra driver yang ingin install aplikasi pelanggan dan menggunakannya. Tak ada aturan dari pihak aplikator yang akan memberikan sanksi kepada mitra driver karena melakukan hal tersebut. Justru pihak aplikator bersyukur akan hal itu.

Soalnya dengan adanya mitra driver yang install aplikasi pelanggan berarti nambah satu lagi pengguna setia aplikasi ojek online tersebut.

Sanksi dari pihak aplikator akan diberikan pada mitra driver jika:
  1. Mitra driver melakukan kecurangan dengan order untuk dirinya sendiri menggunakan aplikasi pelanggannya sendiri. Bunuh diri mah itu namanya.
  2. Mitra driver menggunakan aplikasi pelanggan untuk order fiktif dan bodohnya menggunakan nomor yang terdaftar sebagai driver online.
  3. Bisa jadi seringnya cancel order akan berdampak pada akun drivernya jika nomor terdaftar sebagai pelanggan dan nomor sebagai driver itu sama.
Jadi sejauh pengalamanku, tak ada dampak buruk dengan install aplikasi driver dan pelanggan dalam satu smartphone yang sama. Bahkan aku sendiri install dua aplikasi driver dan dua aplikasi pelanggan dalam satu smartphone yang sama.

Kalau tidak percaya, nih aku buktikan.

Bolehkah Mitra Install Aplikasi Driver dan Pelanggan Di Satu Smartphone Yang Sama

Lagian pihak aplikator seperti Gojek juga menfasilitasi agar mitra driver bisa menghubungkan dengan akun Gojek pelanggannya. Selain agar mitra driver bisa menambahkan metode withdrawal di aplikasi drivernya, juga poin pentingnya biar mitra driver bisa jadi pengguna (pelanggan) secara suka rela.

Dengan begitu mitra driver tidak hanya mengambil keuntungan dengan mendapatkan orderan saja, melainkan bisa jadi pelanggan (pengguna aplikasi pelanggan) yang bisa menguntungkan pihak aplikator juga. Nah loh, merasa dicurangi tidak?

Kerugian Install Aplikasi Pelanggan Bagi Mitra Driver

Namun perlu diketahui bahwa install aplikasi pelanggan bagi mitra itu ada resiko dan kerugiannya loh? Berikut aku jelasin kerugiannya menurut pengalamanku.

1. Pemakaian RAM dan ROM Yang Besar

Hal ini yang aku maksudkan adalah perihal mitra driver yang install aplikasi driver dan pelanggan dalam satu smartphone yang sama. Percayalah bahwa aplikasi ojek online itu menyita banyak ROM dan RAM dalam sebuah smartphone, sekaligus menguras ketahanan baterai juga.

2. Bawaannya Pengen Order Melulu

Kerugian terbesar dari install aplikasi ojek online bagi mitra adalah ikutan addictif dalam pesan layanan ojek online. Tidak semua orang sih, namun aku mengalaminya sendiri sewaktu itu.

Jadi aku mulai sering sekali pesan ojek online saat lapar di pertengahan malam. Padahal sebenarnya bisa aja aku keluar sendiri, namun rasanya lebih enak pesan secara online.

Keuntungan Install Aplikasi Pelanggan Bagi Mitra Driver

Bolehkah Mitra Install Aplikasi Driver dan Pelanggan Di Satu Smartphone Yang Sama

Dibalik kerugian yang sebenarnya tidak rugi-rugi banget, install aplikasi pelanggan bagi mitra driver itu juga banyak keuntungannya. Seperti pengalamanku sendiri yang memanfaatkan aplikasi pelanggan dalam banyak hal. Misalnya :

1. Butuh Bayar Tagihan, Transfer Aja Dari Dompet Driver ke Aplikasi Pelanggan

Selama mengenal dompet digital/e-wallet, aku lebih suka bayar tagihan-tagihan bulanan secara online. Biasanya aku bayar tagihan tersebut menggunakan Gopay di aplikasi Gojek pelanggan.

Keuntungan dari akun driver yang terhubung dengan aplikasi pelanggan adalah bisa tarik saldo driver ke saldo akun pelanggan, terutama untuk aplikasi Gojek. Jadi seandainya saldoku kurang untuk pembayaran semua tagihan, aku bisa transfer kekurangannya dari aplikasi driver.

2. Bisa Banget Buat Keadaan Darurat Saat Menjalankan Order

Kita tak pernah tau apa yang terjadi selama onbid. Jika kebetulan saat antar pesanan pelanggan terjadi suatu yang tak terduga misalnya ban bocor, setidaknya kita tetap harus antar pesanannya bukan?

Antara pelanggan mau menunggu kita antar pesanan selang menambal ban bocor atau kita bisa minta tolong sesama driver untuk mengantarkan pesanan, biar pelanggan tidak kecewa.

Biasanya sih kalau ada kejadian gini, beberapa driver lebih banyak menghubungi driver terdekat melalui komunitas WAG driver (whatsapp group driver) atau dengan melakukan pesan ojek online biar pesanan ini diselesaikan oleh driver lain.

Kalau aku lebih menyukai cara yang kedua. Selain bisa membantu driver lain dengan memberikan orderan dan poin, juga biar tidak terkesan merepotkan driver lain. Kan kita tau bahwa dengan menolong kita, maka driver lain itu juga akan kehilangan moment dapat orderan lain.

3. Bisa Bantu Tetangga Yang Tak Tau Cara Order Ojek Online

Saat awal-awal ojek online mulai bermunculan di daerahku, aku sering ditanya banyak hal oleh tetangga perihal ojek online. Mulai dari sistem dari kemitraan ojek online itu sendiri dan tanya-tanya tentang bagaimana cara pesan ojek online.

Tidak jarang aku disuruh untuk mengantarkan tetanggaku pergi ke suatu tempat. Karena aku sendiri dalam posisi tidak bisa membantu (mengantar) ataupun saat lagi mager-magernya. Maka aku sarankan tuk coba pesan ojek online sendiri.

Namun dasarnya mereka malas mencoba, jadi terpaksa aku yang pesankan ojek online dengan akun pelangganku. Maka dari itu, punya aplikasi ojek online itu sangat bermanfaat terutama untuk membantu tetangga dalam meramaikan khasanah pergojek’an 😊😊.

4. Bisa Juga Jadi Alternatif Pengembalian Uang Pelanggan

Pernah aku singgung perihal manfaat memiliki e-walet di zaman now, bahwasannya e-wallet bisa banget buat alternatif mengembalikan uang kembalian pelanggan.

Misalnya saat pelanggan membayar dengan uang seratus ribuan, sementara di dompet kita tidak ada uang kecil. Maka cara termudah untuk mengembalikan uang kembalian itu adalah dengan membelikan sesuatu di toko terdekat atau memaksa pelanggan mencarikan uang kecil.

Biasanya kita akan memilih yang pertama, karena pelayanan yang baik adalah motto kita sebagai mitra driver online.

Namun bagaimana kalau kita antarnya ke daerah perumahan elit yang tidak ada toko disekitar situ? Nah disini aku pernah menawarkan pelanggan Gojek dengan pengembalian uang dengan metode OVO. Unik bukan? 😂😂

5. Bayar Hutang Dan Uang Arisan ke Sesama Driver

Kelebihan punya e-wallet adalah bisa transfer-transferan pada sesama pengguna dengan sangat mudah dan bebas biaya admin. Dalam hal ini aku manfaatkan untuk bayar iuran maupun arisan karena aku sedang ada kesibukan lain.

Bahkan teman-teman lain untuk sekarang lebih menyukai cara yang aku pakai ini. Jadi yang mengumpulkan dana iuran ataupun arisan tak perlu langsung ketemu dengan list anggotanya. Apalagi aku sendiri jarang kumpul dalam komunitas tersebut.

Nah bagaimana? Apakah sudah terjawab pertanyaan apakah boleh mitra driver install aplikasi driver dan aplikasi pelanggan dalam satu smartphone yang sama?

Terima kasih sudah membaca 😉😉

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Bolehkah Mitra Install Aplikasi Driver dan Pelanggan di Satu Smartphone Yang Sama"