Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Dan Kelemahan GoFood Super Partner Bagi Driver

Kelebihan Dan Kelemahan GoFood Super Partner Bagi Driver

Jika disuruh milih, orderan Gojek apa yang paling kalian sukai? Kalau aku sih lebih menyukai GoRide. Cepat dalam menjelankannya dan cepat pula dapat hasilnya. 

Tapi kebanyakan mitra driver lebih menyukai orderan Food karena memilki poin yang lebih besar. Dengan mendapat orderan Food, poin jadi makin besar dan potensi mendapatkan bonus secara maksimal juga makin besar. 

Kan tau sendiri, sistem bonus di aplikasi GoPartner sekarang menggunakan program berkat maupun program Jawara. Yang mana bonus insentif akan diberikan kalau sudah mencukupi poin tertentu namun tidak melebihi maksimal pendapatan. 

Jika orderannya type Ride semua, maka penghasilannya akan melebihi batas maksimal setelah mencapai batas poin. Oleh sebab itu banyak mitra driver menyukai orderan Food atau Mart saat mengejar bonus insentif. 

Meskipun aku sendiri menyukai tipe orderan Ride, namun kebanyakan orderan yang aku dapatkan tiap hari juga bertipe Food. Hal ini dikarenakan orderan Food kuantitas orderannya memang lebih banyak dari pada tipe Ride. 

Apalagi sekarang adanya GoFood Super Partner yang katanya pelayannya lebih unggul dari pada versi Gobiz sebelumnya. 

Oh iya, kalau ada yang belum tau tentang pengertian GoFood Super partner dan perbedaan dengan tipe Gofood lainnya. Kalian bisa baca di artikel “Perbedaan Antara GoFood Reguler, GoBiz dan GoFood Super Partner”. 

Di artikel tersebut sudah aku jelasin kelebihan bagi pengguna. Nah kali ini aku ingin jelasin sudut pandang sebagai driver tentang GoFood Super Partner.
 

Kelebihan GoFood Super Partner Bagi Driver 

Kelebihan GoFood Super Partner Bagi Driver

1. Orderan Tak Bisa Dicancel Sepihak 

Pernah dengar order fiktif belum? Order fiktif itu order bohongan dari ulah pelanggan jahil. Bahkan terkadang order fiktif bisa menjurus ke penipuan juga. 

Order fiktif ini sudah ada sejak awal Gojek. Jadi bukan hal baru sih, kejahilan pelanggan yang cancel ketika mitra driver sudah menuju resto. Entah apa alasannya pelanggan melakukan itu, yang jelas yang dirugikan adalah pihak mitra driver. 

Apalagi orderan Gojek sekarang ini sudah menggunakan telpon privasi semua. Jadi kita tidak bisa screenshot nomor telepon pengguna terlebih dahulu. Sewaktu-waktu ada kejahilan semacam ini kita bisa memperigati pelanggan atau untuk sekedar tanya alasannya cancel order. 

Nah enaknya GoFood Super Partner ini aman dari cancel sepihak pelanggan jahil. Dengan begitu kita bisa menjalankan orderan ini dengan sangat menyenangkan. 

2. Proses Lebih Cepat 

Keunggulan dari GoFood Super Partner adalah prosesnya lebih cepat dari pada Gofood reguler maupun GoFood Gobiz. Hal ini dikarenakan orderan dari pelanggan harus diterima oleh pemilik resto terlebih dahulu baru di teruskan ke pihak driver. 

Pihak resto bisa tahu pesanannya apa melalui aplikasi resto. Selagi driver konfirmasi dengan pelanggan, pihak resto menyiapkan pesanan sesuai di aplikasi. Sehingga saat mitra driver sudah sampai resto, pesanannya sudah siap diantarkan. 

3. Harga Tetap 

Enaknya lagi harga untuk GoFood Super Partner ini udah terupdate. GoFood Super ini tidak memberikan penambahan harga maupun pesanan setelah orderan berlangsung. 

Sehingga tak ada lagi perubahan harga dari pihak resto yang kadang buat mitra driver dilema saat memberitahukannya ke pelanggan. 

Kelemahan GoFood Super Partner Bagi Driver 

Kelemahan GoFood Super Partner Bagi Driver

Secara umum keuntungan GoFood Super bagi mitra driver adalah proses pelayannya yang lebih cepat. Dengan begitu mitra bisa dapat rating bagus dari pelanggan soal kecepatan pengantaran dan mitra juga bisa dapat orderan lain lebih cepat. 

Meskipun begitu, GoFod Super Partner hadir bukan tanpa cela. Menurutku ada beberapa kelemahan GoFood Super bagi mitra driver. Kelemahannya sebagai berikut : 

1. Orderan Bisa Cancel Sendiri 

Orderan GoFood Super memang membuat pelanggan tidak bisa cancel, namun sistem bisa membatalkan secara otomatis kalau mitra driver belum sampai di resto tersebut dalam kurun waktu tertentu. 

Nah ini disini dilemanya. 

Bagaimana kalau driver itu dari luar kota yang tak sengaja mampir. Kemudian dapat order GoFood dan tidak tau lokasinya (alias lokasinya tidak sesuai). Sehingga mitra driver nyari lokasi resto hingga orderan cancel sendiri. 

Atau bilamana saat mitra driver dapat order GoFood Super dengan lokasi yang cukup jauh kemudian kejebak macet pula. Tau sendirikan sistem Gojek itu kadang memilih driver yang justru lokasinya lebih dari 5 km dari lokasi resto. 

Aku sendiri pernah cancel order secara otomatis, padahal jarakku dengan resto hampir 500 meter lagi loh. Tidak hanya jarak yang membuat mitra driver telat, bisa saja konfirmasi dari pelanggan yang lama sehingga mitra driver kehabisan waktu saat mendekati resto. 

Intinya mitra driver kalau dapat order GoFood Super harus segera capcus ke resto. Entah itu order asli maupun order fiktif, yang penting ke restonya dulu biar tidak dibatakan secara otomatis. 

2. Tak Bisa Tambah Menu dan Edit Harga 

Tidak bisa ubah harga dan pesanan bisa jadi keunggulan GoFood Super Partner, namun juga bisa sebaliknya. 

Soalnya pelanggan meminta tambahan pesanan itu tidak satu dua kali saja, sering malahan. Dengan adanya GoFood Super, akhirnya mitra driver mengakalinya dengan order secara offline. 

Maksudnya, pesanan tambahan itu tidak dimasukkan ke dalam list pesanan di aplikasi seperti di GoFood GoBiz. Yang mana kita cukup memasukkan harga sesuai nota pembelian, maka harga akhir akan terupdate secara otomatis. Sedangkan di GoFood Super partner tidak bisa melakukan hal itu. 

3. Ribetnya Cancel Order Melalui CS Gojek 

Siapa bilang dengan adanya GoFood Super bisa meminimalisir cancel order dari pelanggan? 

Terus bagaimana kalau dapat order dari pelanggan yang tidak balas chat sama sekali, di telponpun tidak di jawab. Atau pelanggan ingin cancel soalnya tidak bisa tambah pesanan atau makanan yang dipesan itu kosong/habis. 

disini ribetnya. GoFood Super Partner itu tidak bisa cancel sepihak. Pelanggan tidak bisa cancel, mitra driverpun sama. Bisanya harus telpon CS untuk bisa cancel. 

Kalau Gofood Gobiz atau GoFood Reguler, cancelnya bisa dua arah. Pelanggan bisa cancel. Driverpun bisa cancel dengan mudah. 

Mungkin lebih baik seperti di GrabFood Pilihan. Pelanggannya tidak bisa cancel, namun mitra driver masih bisa cancel. 

4. Dibilang Super Namun Tetap Nunggu lama 

Cara kerja GoFood Super itu kan pihak resto menyiapkan terlebih dahulu meskipun mitra driver belum hadir di resto. Namun pada kenyataannya masih banyak pihak resonya sendiri yang masih nunggu mitra driver konfirmasi pesanannya terlebih dahulu. 

Apalagi kalau restonya memang sudah biasa ramai, tetap saja kita mitra driver masih harus nunggu pesanan cukup lama. Tapi wajar sih kalau masalah resto ramai. 

Yang menyebalkan adalah udah GoFood Super Partner, namun saat kita sampai di Resto, pihak restonya bilang “Pesanannya kosong”. 

Yah, kenapa harus diterima orderannya, bambang! Kan pihak resto bisa diteliti dulu orderan apa yang masuk. Kalau pesanannya kosong, seharusnya kan pihak resto yang nolak orderannya. 

5. Pemilik Resto Harus Standby Nunggu Orderan Masuk 

Tambahan lagi nih kelemahan GoFood Super Partner yang aku dapat dari keluhan pemilik resto. 

Sebelumnya, pemilik resto menggunakan GoFood Gobiz namun secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, status restonya jadi Super Partner. Katanya, saat berganti menjadi GoFood Super Partner, dia tidak bisa rehat dengan santai. 

Tidak hanya mitra driver saja yang diberi batasan waktu ambil order, pihak resto pun juga sama. Kalau pihak resto tidak tahu ada orderan masuk, dalam kurun beberapa waktu orderan secara otomatis akan batal. 

Pernah dia mendapati 3 orderan yang masuk dan dibatalkan sistem karena tidak emngetahui adanya order masuk. Berbeda saat Gobiz dulu, meskipun dia tidak tau ada order masuk, namun mitra driver yang akan memberitahu kalau ada order. 

Intinya pemilik resto harus standby dalam melihat layar smarphone agar tidak ketinggalan konfirmasi order. Tentu hal ini cukup menyiksa bagi pemilik resto rumahan yang jarang pegang smartphone kesehariannya. 


Nah begitulah keunggulan dan kelemahan GoFood Super Partner dari sudut pandangku sebagai driver. Kalau kalian, lebih suka mana antara GoBiz atau GoFood Super Partner? 

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Kelebihan Dan Kelemahan GoFood Super Partner Bagi Driver"