Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegunaan dan Manfaat Punya E-Wallet di Zaman Sekarang

Kegunaan dan Manfaat Punya E-Wallet di Zaman Sekarang

Di masa pandemic seperti sekarang, pembayaran menggunakan cashless payment semakin merajalela. Selain karena kondisi aturan lockdown dan phisical distancing merubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi, Cashless payment juga menawarkan berbagai fitur menarik. 

Cashless Payment membuat transaksi menjadi lebih mudah, praktis dan aman tentunya. Aku sendiri juga sering menggunakan pembayaran non tunai ini. Secara aku juga seorang driver ojek online yang terbiasa menggunakan cashless payment dari E-wallet 

Ada yang tau apa itu E-walet? 

E-wallet merupakan sebuah program yang memungkinkan kita (pengguna) dapat menyimpan uang digital dan melakukan transaksi baik offline maupun online. E-wallet ini berbasis aplikasi di smartphone. Jadi kita bisa bertransaksi dengan mudah kapanpun dan di manapun. 

Soal keamanannya, kita tidak perlu khawatir lagi. E-wallet ini dirancang sangat aman karena pengguna harus melakukan verifikasi disetiap transaksi. Verifikasinya bisa berupa memasukkan nomor PIN dan OTP (One Time Password). 

Jadi seharusnya keamaan E-wallet ini sangat baik, tinggal bagaimana kita menjaga privasi dan keamaan akun itu sendiri. Soalnya banyak kehilangan saldo E-wallet bermula dari kelalain pengguna yang memberikan kode atau OTP ke orang lain (penipuan). 

Macam-Macam E-Wallet Yang Pernah Aku Gunakan 

Kegunaan dan Manfaat Punya E-Wallet di Zaman Sekarang

E-wallet di Indonesia kini makin banyak yang bermunculan seiring dengan minat masyarakat Indonesia yang mulai aktif dalam bertransaksi menggunakan cashless payment. Namun untuk kali ini, aku ingin membahas beberapa E-wallet yang pernah aku gunakan. 

1. Gopay 

Siapa yang belum tau Gopay? Gopay merupakan metode pembayaran cashless yang ada di aplikasi Gojek. Aku sendiri mengenal E-wallet Gopay semenjak jadi driver Gojek juga. 

Awalnya Gopay hanya sebagai pembayaran layanan Gojek seperti GoFood, GoRide, GoCar dan GoSend. Namun sekarang Gopay bisa untuk pembayaran online maupun tagihan secara online. 

Apalagi semenjak ada teknologi QR payment, Gopay bisa digunakan untuk membayar pembelian di merchant yang menyediakan pembayaran Gopay. Jadi makin menarik aja. 

2. OVO 

Hadir dengan berbagai promo menarik, OVO semakin popoler semenjak bekerja sama dengan aplikasi ojek online Grab dan e-commerce Tokopedia. Aku sendiri mengenal OVO setelah terpincut promo free biaya admin untuk tranfer ke semua rekening Bank. 

OVO sendiri terbagi menjadi dua, yaitu OVO Cash dan OVO Point. OVO CASH merupakan saldo utama di aplikasi. Sedangkan OVO Point merupakan saldo yang biasanya kita dapat dari cashback setiap transaksi menggunakan OVO Cash. 

3. DANA 

Bagi yang suka belanja di Bukalapak tentu tidak asing dengan E-wallet DANA. Aku sendiri mulai mencoba install aplikasi DANA sejak Bukalapak membuat program serba 10.000. 

DANA juga bekerja sama dengan aplikasi pembelian tiket bioskop TIX ID. Kita juga bisa membayar produk offline menggunakan DANA. Ciri-ciri merchant offline yang menerima pembayaran DANA adalah adanya barcode scanner DANA. 

Salah satu merchant besar yang bekerja sama dengan DANA seperti KFC, Ramayana, Hokben dan lain sebagainya. 

4. ShopeePay 

ShopeePay merupakan E-wallet di aplikasi e-commerce Shopee. Aku paling suka belanja di sini, soalnya selalu ada diskon gratis ongkir dan cashback berupa Shopee Poin. 

Ternyata tidak hanya untuk pembayaran online saja, ShopeePay juga melebarkan sayap dengan bekerjasama diberbagai merchant offline. Pembayarannya sama seperti Gopay yang menggunakan QR Payment. 

5. LinkAja 

LinkAja merupakan pembaruhan dari E-wallet milik Telkomsel T-cash. Aku sendiri memiliki akun LinkAja dikarenakan aku menggunakan provider Telkomsel dan mengaktifkan T-cash sejak lama. 

Baru-baru ini saja aku mulai sering menggunakan LinkAja saat ada promo menarik. Yakni saata da cashback 50% untuk pembelian pertalite di SPBU Pertamina menggunakan metode cashless LinkAja. 

LinkAja juga bisa digunakan untuk pembayaran online semacam OVO maupun Gopay. Bahkan LinkAja juga bisa digunakan sebagai metode pembayaran di aplikasi ojek online, baik Grab maupun Gojek. 

Apa Manfaat E-Walet Bagiku? 

Apa manfaat dan kegunaan e-wallet

1. Mudah, Praktis dan Aman Untuk Beli dan Bayar Apa Saja 

Adanya verifikasi PIN dan OTP untuk setiap transaksi membuat aplikasi E-wallet itu cukup aman dalam menyimpan uang. 

Transaksi menggunakan E-wallet juga sangat mudah dan praktis. Kita tak perlu repot-repot dengan uang kembalian karena metode cashless itu bisa untuk bayar dengan nominal terkecil sekalipun. 

Yang paling aku suka adalah transfer sesama pengguna E-wallet yang sangat mudah dan cepat. Bahkan di aplikasi Gojek memberi memudahkan untuk transfer saldo melalui chat sesama pengguna. 

Aku juga lebih sering menggunakan E-wallet untuk checkout belajaan di aplikasi e-commerce. Padahal ada juga pembayaran melalui internet banking, namun aku lebih menyukai transfer ke E-wallet dulu baru checkoutnya menggunakan E-wallet. 

2. Punya Banyak E-wallet Berarti Punya Banyak Pilihan Promo Menarik 

Enaknya punya banyak E-wallet membuatku memiliki banyak pilihan dalam berbelanja online di e-commerce. Misalnya ada diskon besar di Blibli, maka aku gunakan Gopay untuk pembayarannya. Seandainya promo Shopee lebih menarik, maka aku ganti lagi ke ShopeePay. 

Intinya, aku menimbang-nimbang harga sebuah barang di berbagai e-commerce sebelum membelinya. Lagian pembayaran menggunakan E-wallet itu sering dapat diskon dan cashback. Jadi pembelian online bisa jadi lebih murah. 

Tidak hanya online, di merchant offline pun kadang ada banner promo untuk pembayaran menggunakan QR payment E-wallet. Aku sering bayar pakai Gopay di Alfamart, beli KFC pakai DANA maupun beli jajanan pakai OVO dan ShopeePay. 

3. Tempat Yang Aman Untuk Uang Emergency 

Sebagai mitra ojek online, bagiku E-wallet sudah jadi tabungan yang bisa menyimpan uangku dengan aman. Yah meskipun isinya tidak bertambah bahkan cenderung berkurang, namun aku sering menggunakan e-Wallet ini untuk pengeluaran mendadak. Sebut saja uang emergency. 

Seperti saat aku tidak punya uang kecil untuk mengembalikan uang pelanggan. Biasanya aku tawari tranfer E-wallet. Pernah juga aku dapat pelanggan Gojek, waktu itu aku tidak memiliki uang kecil dan tidak memiliki saldo Gopay juga. Namun pelanggan itu mau aku kembalian uangnya menggunakan OVO. hahaha 

Uang Emergency juga berlaku saat tanggal tua. Waktu dimana dompetku mulai menipis dan hari gajian masih kurang dua hari lagi. Yah untungnya ada saldo E-wallet yang bisa aku gunakan untuk makan (beli online), beli Pertalite maupun untuk beli rokok di Alfamaert. 

4. Bisa Transfer Ke Bank Lain Dengan Biaya Admin Yang Lebih Murah 

Umumnya, biaya admin tranfer ke Bank lain besarnya minimal 5.000. Nah kalau pakai E-wallet ke rekening Bank manapun itu sebesar 2.500. Lebih murah kan? 

Dulu malah pernah OVO menggratiskan biaya admin untuk transfer ke Bank. Dan waktu itu aku sangat memanfaatkan promo tersebut hingga berbulan-bulan. 

Sampai sekarangpun aku sering memindahkan saldo BRI ke BCA melalui perantara E-wallet. Awalnya aku tranfer dari BRI ke Gopay driver menggunakan aplikasi BRImo. Soalnya kalau lewat ATM ada biaya tambahannya. 

Kemudian dari saldo Gopay driver aku pindahkan ke Gopay pelanggan. Setelah itu baru aku tranfer ke BCA dengan biaya admin 2.500. 

Ribet yah? Tak apa. Yang penting biaya admin lebih murah, Hahahaha. 

5. Saldo E-wallet Bisa Ditarik Tunai Loh 

Hal baru lagi dari teknologi E-wallet. Bahwa saldo E-wallet bisa di tarik tunai di ATM yang bekerja sama dengan E-wallet. 

Aku cuma pernah mencoba tarik tunai saldo Gopay di atm BCA. Selain itu aku juga pernah tarik tunai saldo LinkAja di atm BRI. Untuk LinkAja harusnya bisa di tarik tunai di ATM yang ada logo LinkAja nya. Entah itu atm BNI maupun MANDIRI. 

Namun untuk bisa mengaktifkan fitur ini, akun e-Wallet kita harus sudah berstatus verifikasi. Misalnya kalau di Gopay itu harus upgrade ke GopayPlus. Sedangkan kalau di LinkAja harus upgrade menjadi Full Service LinkAja. 

6. Bisa Pinjam Dulu Bayar Belakangan Pakai PayLater 

Enaknya punya E-wallet yang sudah ter-upgrade, itu ada fitur khusus yang memungkinkan kita untuk bisa “pinjam” nominal uang tertentu terlebih dahulu dan bayar belakangan. Yah meskipun ada biaya jasa pinjamannya juga yang harus kita bayarkan nantinya. 

Namun fitur ini sangat membantu sekali buat aku pribadi. Seperti saat aku tidak punya uang sama sekali, namun masa aktif paketan internet tinggal sehari. 

Atau ketika ada barang yang sangat ingin aku beli dan ada diskon besar-besar di toko online namun saldo rekening sudah habis buat yang lain. Paylater sangat membantu dalam hal ini. 

Tidak semua E-walet yang memberikan fitur layanan paylater ini. Dari semua e-walet yang aku gunakan, hanya Gopay Paylater dan ShopeePaylater saja yang kadang saya gunakan. 

Nah begitulah kiranya pengertian dari E-wallet beserta manfaat dari E-wallet versiku. Secara keseluruhan, E-walet memang menawarkan banyak kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Namun jaga baik-baik kerahasiaan akun E-wallet biar tetap aman dari penipuan. 

Selain itu, meskipun E-wallet menawarkan berbagai promo, namun jangan sampai kalap menghabiskan uang kalian yah. Bijaklah dalam menggunakan dan membelanjakan saldo E-wallet kalian. 

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Kegunaan dan Manfaat Punya E-Wallet di Zaman Sekarang "