Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kira-Kira Untuk Alasan Apa Kalian Memberikan Bintang Atau Rating Kepada Driver Ojek Online?

Kira-Kira Untuk Alasan Apa Kalian Memberikan Bintang Atau Rating Kepada Driver Ojek Online?


Bagi kamu para pengguna aplikasi ojek online pasti tau dong apa itu bintang?

Bintang di aplikasi ojek online bukan tentang bintang-bintang di langit. Melainkan sebuah fitur yang memungkinkan pelanggan memberikan penilaian kepada driver atas pelayanan yang diberikan.

Fitur bintang di aplikasi ojek online memiliki skala penilaian dari 1 hingga 5. Bintang 5 untuk penilaian terbaik sedangkan bintang 1 merupakan penilaian terburuknya.

Bintang atau rating sendiri fungsinya sangat fital bagi mitra driver. Semakin banyak mitra driver mendapat penilaian baik dari pelanggan, dampaknya akan baik pula terhadap performa pendapatan mitra driver.

Namun ketika mitra driver mendapat penilaian buruk semisal bintang 1, maka performa mitra driver akan menurun drastis biasanya. Menurun di sini maksudnya bisa jadi mitra driver akan sulit mendapatkan orderan untuk hari-hari berikutnya.

Bahkan dampak dari penilaian buruk pelanggan bisa berujung pada sanksi dari pihak aplikator. Sanksinya beragam. Bisa saja hanya akun ojek onlinenya dinonaktifkan untuk beberapa saat ataupun hingga pemutusan mitra.

Maka dari itu, sebaiknya kita sebagai pengguna ojek online juga tidak serta merta memberikan penilaian seenaknya juga. Kita harus lebih bijak dalam memberikan penilaian driver ojek online, karena ini menyangkut sandang pangan para driver juga.

Dari pengalamanku menjadi driver ojek online, banyak kok penilaian pelanggan yang menurutku kurang tepat sasaran. Misalnya saja komplain terhadap rasa makanan yang sudah dipesan. Ini kan sepenuhnya bukan kesalahan driver juga.

Aku sendiri juga pernah dikomplain hanya karena makanan kurang pedas. Nah aku taunya dari mana selera pedas si pelanggan. Bisa saja skala top level pedas dari resto, ternyata jauh dari ekspektasi level pedas si pelanggan. Nah kalau kondisinya seperti ini, aku bisa apa?

Skala Pemberian Bintang Kepada Mitra Driver

Kira-Kira Untuk Alasan Apa Kalian Memberikan Bintang Atau Rating Kepada Driver Ojek Online?

Apa alasanmu memberikan bintang 5 kepada mitra driver? Pernahkah kalian memberikan bintang 1 kepada mitra driver ojek online? Apa alasan kalian memberikan bintang 1 tersebut?

Kepo banget ya? Hahahaha

Selain sebagai mitra driver, aku pengguna setia ojek online juga loh?

Aku sering pesan makanan melalui aplikasi ojek online, terutama saat mager di rumah atau saat di tempat kerja. Untuk perihal memberikan penilaian, aku selalu memberikan apresiasi terbaikku kepada mitra ojek online yang sudah aku pesan.

Jadi kalau ditanya soal “pernahkan memberikan bintang 1”. Aku bisa jawab “tidak pernah”. Sejauh ini memang aku cukup puas dan tidak pernah merasa dirugikan juga.

Namun aku sendiri juga punya patokan perihal memberikan besaran bintang kepada mitra driver. Berikut ini aku deskripsikan skala yang akan kuberikan kepada mitra driver sesuai skala penilaian bintang.

#Bintang 1 dan 2

Belum terpikirkan olehku untuk memberikan rating ini. Karena aku sendiri tahu dampak dari penilaian bintang 1 dan 2 terhadap akun ojek online ke depannya.

Tapi jika memang harus memberikan bintang 1 atau 2, maka aku akan memberikan penilaian tersebut kepada driver ojek online yang merugikanku. Seperti memaki, menghina bahkan mengancamku dengan kata-kata yang tidak baik misalnya.

Namun kebanyakan penilaian bintang 1 ini lebih sering dilayangkan oleh pengguna wanita. Biasanya menyangkut pelecehan maupun hal tak menyenangkan lainnya.

Aku sendiri menyadari bahwa tidak sedikit mitra driver yang terkadang kurang ajar, terutama saat mendapatkan pelanggan wanita. Seperti pengalaman pelanggan yang pernah aku baca di website Quora.

Banyak di antara mereka mengeluhkan soal pelecehan yang dilakukan oleh mitra driver saat menggunakan jasa transportasi online. Aku sendiri membacanya juga tercengang dan sangat menyanyangkan hal tersebut terjadi.

Dan aku setuju jika pelanggan memberikan bintang 1 untuk kasus pelecehan seperti itu. Kalau perlu laporkan juga by email beserta bukti-bukti terkait, biar mitra ojek online yang tidak bertanggung jawab seperti itu diberi sanksi pemutusan mitra sekalian.

Mitra yang ugal-ugalan yang bisa membahayakan pelanggannya juga pantas untuk mendapatkan bintang 1. Apalagi sampai terjadi kecelakaan karena keteledoran mitra ojek online tersebut.

#Bintang 3 dan 4

Kira-Kira Untuk Alasan Apa Kalian Memberikan Bintang Atau Rating Kepada Driver Ojek Online?
Source Unsplass.com

Kalau menurutku, penilaian bintang 3 dan 4 ini akan aku berikan kepada mitra yang pelayanannya kurang memuaskan.

Misalnya kita sudah memberikan note untuk pesanan di aplikasi, bahkan sudah konfirmasi melalui chat dan telpon. Tapi saat pesanan diterima justru tidak sesuai dengan yang kita pesan dan diinfokan sebelumnya. Jadi ini murni kesalahan mitra driver yang tidak menyampaikan catatan pesanan kepada pihak resto.

Tapi aku sendiri juga tidak pernah sih memberikan bintang 3 maupun 4 kepada mitra driver yang sudah aku gunakan jasanya. Yah alasannya sih karena rasa kemanusiaan dan rasa per-ojol-an. Hahahaha

#Bintang 5 dan 5+


Nah bintang 5 ini yang paling sering aku berikan kepada mitra driver yang biasa-biasa saja pelayannya. Intinya pesanannya sesuai dengan yang aku pesan, kemudian selesai dengan semestinya.

Aku sendiri juga sering pesankan orang lain menggunakan aplikasi ojek online di smartphoneku. Jadi aku tidak tahu menahu bagaimana pelayanannya, kemudian tanpa banyak cincong aku akan berikan bintang 5 begitu saja.

Terus, bintang 5+ itu apa? Bukannya skala penilaian cuma sampai 5 doang yah?

Bagiku, bintang 5+ merupakan penghormatan tertinggi yang aku berikan pada mitra driver ojek online. Bintang 5+ ini tidak hanya soal memberikan rating, namun aku juga memberikan beberapa komentar penyemangat di kolom yang tersedia di bawah bintang. Bahkan terkadang aku juga menyelipkan tips buat ngopi menggunakan saldo aplikasi ojek online.

Biasanya aku memberikan penilaian bintang 5+ ini kepada driver yang aku kenal. Selain itu aku juga memberikan bintang 5+ untuk mitra driver yang mau membelikanku makanan di tengah malam. Hahahaha

Kalau kalian sendiri? Kira-kira untuk alasan apa kalian memberikan bintang kepada mitra driver sesuai dengan skala penilaian? Yuk share di kolom komentar.

Terima kasih sudah membaca.

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

2 comments for "Kira-Kira Untuk Alasan Apa Kalian Memberikan Bintang Atau Rating Kepada Driver Ojek Online?"

  1. Wah ,saya baru tau ada rate 5+ yak, keliatan banget jarang pesan ojol T.T

    Saya pernah kasi bintang 3, karena drivernya melanggar lampu merah terus lewat trotoar T.T

    unacceptable sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.
      Gak ada bang bintang 5+. Aku aja yang ngada-ngada..

      Kalau emang gitu, wajar sih bintang 3. Setidaknya itu bisa jadi peringatan ke drivernya biar tidak gitu lagi..

      Tapi aku senang bang andie tidak memberikan bintang 1. Kasihan soalnya

      Delete