Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Layanan dan Keunggulan Aplikasi Nujek Dibanding Aplikasi Ojek Online Lain

Keunggulan aplikasi ojek online Nujek
Source : Fb @nujekkid
Apa itu Nujek? Nujek atau Nusantara Ojek merupakan salah satu aplikasi ojek online yang mulai diluncurkan pada bulan November 2018 di Surabaya. Nujek ini merupakan karya anak negeri sama halnya dengan Gojek.

Sempat bangga sih saat mengetahui bahwa Nujek ini didirikan oleh alumni Ponpes Al-Yasini Pasuruan. Pendirinya antara lain Gus Ghozali, Imam Syafii, Ummaya, dan Lukman Khakim.

Karena aku adalah warga asli Pasuruan, jadi wajib banget bagiku untuk daftar menjadi ojek online Nujek. Bahkan aku sudah daftar sejak awal mendengar munculnya Nujek ini di awal tahun 2019. Namun untuk menjalankan aplikasinya sendiri, aku hanya beberapa kali saja.

Untuk saat ini, di daerahku (Pandaan) masih sangat jarang ada Nujek, padahal sudah berlagsung 3 tahun setelah dirilis. Alasannya memang sangat sulit untuk menyaingi dua raksasa ojek online Grab dan Gojek. Namun untuk kota Pasuran sendiri sudah mulai ramai orderannya kok.

Jenis Layanan Nujek

Aplikasi ojek online Nujek

Untuk layanan Nujek sebenarnya hampir sama dengan layanan aplikasi ojek online pada umumnya. Seperti layanan jasa antar penumpang, jasa pesan makanan maupun jasa antar barang/paket. Untuk lebih jelasnya aku jelaskan di bawah ini:

1. NuRide

NuRide adalah layanan Nujek dalam hal antar penumpang menggunakan kendaraan roda dua. Namun sedikit berbeda dengan GoRide di Gojek maupun Grabbike di Grab, NuRide juga memberikan pilihan kendaraan Bentor atau becak motor.

2. NuFood

NuFood merupakan layanan membelikan makanan di sebuah resto yang sudah bekerjasama sebelumnya dengan Nujek. Pelanggan pesan sesuai menu yang tersedia di aplikasi Nujek kemudian mitra driver membelikan sesuai permintaan dan mengirimkannya ke pelanggan.

Tidak seperti GrabFood dan GoFood yang sudah mengembangkan fiturnya yang memungkinkan harga makanan selalu terupdate, layanan NuFood masih manual dalam perubahan harga menu makanan. Meskipun pada nantinya harga total akan mengikuti total pembelian mitra driver, namun perubahan harga makanan ini bisa menjadikan rasa kecewa bagi pelanggan.

3. NuMart

Berbeda dengan NuFood, NuMart merupakan layanan membelikan barang di sebuah toko yang sudah bekerja sama dengan Nujek. Barang yang dibeli beraneka ragam, bisa peralatan kantor, sembako, snack, frozen food, dan lain sebagainya. Layanan NuMart ini sama halnya dengan layanan GrabMart di Grab maupun GoMart di Gojek.

4. NuTaxi

NuTaxi merupakan layanan Nujek dalam hal antar penumpang menggunakan roda empat. Sama halnya dengan GrabCar maupun GoCar, NuTaxi juga memberikan pilihan jenis mobil yang disesuaikan dengan jumlah penumpang beserta barang bawaannya.

5. NuFast

NuFast merupakan layanan Nujek dalam hal jasa antar barang atau paket menggunakan kendaraan roda dua.

6. NuCargo

Hampir sama dengan NuFast, NuCargo merupakan layanan antar barang atau paket dengan kapasitas yang lebih besar. Hal ini dikarenakan layanan NuCargo ini menggunakan kendaraan roda empat seperti pickup.

7. NuServ

NuServ merupakan layanan Nujek yang memberikan jasa pelayanan pada pelanggan. Service yang bisa dipilih diantaranyan : Jasa supir, jasa kesehatan, jasa guru ngaji, jasa kelistrikan, baby care, pijat, jasa potong rambut dan lain sebagainya.

Selain ketujuh layanan di atas, masih ada 2 layanan lagi di Nujek yang akan tersedia dalam waktu dekat. Yakni layanan NuStay dan NuTrip.

Kelebihan Nujek Dibanding Ojek Online Lain

Keunggulan aplikasi ojek online Nujek

Secara umum, layanan Nujek sendiri tidak jauh berbeda dengan layanan ojek online lainnya. Namun jika fiturnya sama saja, tentu hal ini akan membuat semakin susah untuk bersaing dengan dua raksasa ojek online yang sudah menyandang sebagai decacorn.

Untuk itu Nujek hadir dengan mengusung konsep yang berbeda agar bisa menarik minat pelanggan untuk menggunakan aplikasi Nujek. Keunggulannya antara lain :

#1. Adanya Sistem Berlangganan dan Pilih Driver Secara Langsung

Salah satu keunggulan Nujek yang tidak tersedia di aplikasi ojek online lainnya adalah adanya sistem berlangganan.

Jika di Gojek dan Grab akan memberikan sanksi tegas atas order berlangganan, di Nujek justru memberikan kebebasan mitranya untuk berlangganan. Hal ini dikarenakan adanya sistem di Nujek yang memungkinkan pelanggan bisa memilih mitra drivernya secara langsung.

Umumnya, di aplikasi ojek online lain akan menggunakan sistem acak dan ketentuan khusus dalam pemilihan mitra driver. Jadi kecil kemungkinannya mitra driver mendapatkan pelanggan yang sama berkali-kali maupun tiap hari. Sedangkan di Nujek memberi kebebasan pengguna untuk berlangganan pada mitra tertentu yang dianggap memberikan pelayanan yang baik.

#2. Tarif Lebih Murah Meriah

Bagi aplikasi ojek online baru, mau tidak mau mereka harus memberikan banyak promo agar bisa bersaing dengan dua raksasa ojek online di Indonesia. Jika tidak, pengguna ojek daring juga kan enggan untuk pindah dan mencoba aplikasi ojek online baru.

Selain dengan promo, biasanya pihak aplikasi ojek online baru akan bersaing dengan menurunkan harga tarif standart untuk menarik minat pengguna. Nah Nujek sendiri juga melakukan hal yang sama agar bisa bersaing dengan Gojek dan Grab.

Tarif Nujek terbilang lebih murah dari pada Gojek maupun Grab. Pengguna mendapat tarif awal sebesar 7.000 untuk 3 KM pertama dan 2.000 untuk tarif per KM berikutnya. Sedangkan tarif Grab dan Gojek sebesar 10.000 untuk 4 KM pertama dan 2.250 untuk KM berikutnya.

Potongan untuk mitra Nujek juga terbilang lebih rendah dari pada Grab dan Gojek. Jika Gojek dan Grab memberikan potongan 20% untuk beberapa layanan, Nujek justru memangkas 15% dari beberapa layanan yang sudah diselesaikan mitra drivernya.

#3. Kecilnya Kapasitas Aplikasi

Untuk aplikasi Nujek sendiri terbilang sangat kecil dari pada kapasitas aplikasi di ojek online lainnya. Baik untuk aplikasi pelanggan maupun aplikasi driver yang rata-rata tidak melebihi 20 Mb.

Sangat berbeda dengan Grab dan Gojek yang membutuhkan ruang besar di smartphone saat diinstall. Mungkin perbedaannya terletak dari jumlah fitur yang ada di Gojek dan Grab jauh lebih banyak dari pada di Nujek.

Nah begitulah kira-kira keunggulan dari aplikasi Nujek menurutku. Tertarik untuk menggunakan aplikasi Nujek tidak?

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Fitur Layanan dan Keunggulan Aplikasi Nujek Dibanding Aplikasi Ojek Online Lain"