Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mangkal atau Berkeliling? Kamu Type Driver Online Yang Mana?

Mangkal atau Berkeliling? Kamu Type Driver Online Yang Mana?

Dengan kemajuan teknologi sekarang, apapun bisa kita pesan melalui smartphone yang kita miliki. Mulai dari pesan tiket untuk bepergian, kebutuhan fashion, kebutuhan dapur, makanan cepat saji, bahkan pelayanan seperti relaksasi saja bisa kita pesan secara daring.

Apalagi dengan hadirnya ojek online yang semakin membuat pesanan secara online bisa semakin mudah dan cepat sampai, terutama untuk jangkauan antar yang tidak terlalu jauh tentunya.

Hampir di setiap tempat kita bisa jumpai ojek-ojek online atau taksi online. Penyedia jasa transportasi online ini juga beraneka ragam. Meskipun di tempatku masih sebatas Grab, Gojek dan Nujek yang sudah beroperasi, namun hadirnya ketiga penyedia jasa ini sudah cukup membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

Aku sendiri memiliki ketiga aplikasi tersebut. Meskipun disaat aktif onbid, aku biasanya hanya mengaktifkan salah satunya saja.

Ngomong-ngomong soal mitra driver online nih. Kalau disuruh milih, lebih pilih mana antara mangkal atau berkeliling?

Kenapa Mitra Ojek Online Harus Mangkal Segala? Kan Kerjanya Online?

Mangkal atau Berkeliling? Kamu Type Driver Online Yang Mana?

Sejauh yang aku pahami, ojek online/transportasi online adalah sebuah jasa transportasi umum yang proses pemesanannya harus menggunakan jaringan internet, serta harus melalui aplikasi online untuk transaksinya.

Alurnya dimulai dari pelanggan pesan melalui aplikasi pelanggan, kemudian pesanan diterima dulu oleh sistem aplikasi. Barulah sistem akan mengacak dengan algoritma tertentu supaya dapat driver online terdekat maupun dengan ketentuan khusus.

Ketentuan khusus ini bisa berupa atas penilaian mitra driver, performa, maupun setting pada aplikasi driver (misalnya perihal saldo ataupun jenis layanan yang diaktifkan driver (pada aplikasi Grab)). Jadi intinya, pelanggan tidak bisa menentukan kriteria mitra drivernya sendiri. Terkecuali untuk aplikasi Nujek yang memang memberikan fitur tersebut.

Dengan memahami sistem di aplikasi ojek online, seharusnya mitra driver berdiam diri di rumah saja sembari mengaktifkan aplikasi driver bisa dapat orderan. Hanya saja potensi mendapatkan orderan sangat minim, terutama jika lokasi rumah sedikit jauh dari pusat keramaian.

Makanya, agar bisa mendapat orderan lebih banyak, mitra driver online lebih menyukai berdiam diri di keramaian kota atau sebut saja mangkal. Mangkalnya pun tidak seperti ojek konvensional pada umunya, yang memang cara kerjanya dengan menawarkan jasanya ke pelanggan secara langsung.

Mangkalnya ojek online lebih kepada berkumpul di suatu tempat yang mereka sebut dengan basecamp ojek online. Ataupun sebagian dari mereka juga menyukai berdiam di sebuah warung kopi yang menyediakan Wifi. Selain bisa santai menikmati kopi dan camilan, plus tersedia pula jaringan internet gratis untuk streaming sembari menunggu orderan yang tak kunjung datang.

Nah, aku salah satu dari type driver yang satu ini. Driver yang suka ngopi sembari streaming Anime maupun drakor hingga lupa kalau sedang onbid hari ini 😁😁.

Lebih Pilih Mana, Antara Mangkal atau Berkeliling Saat Onbid Tiap Hari?

Mangkal atau Berkeliling? Kamu Type Driver Online Yang Mana?

Selain mangkal atau berdiam dalam satu lokasi, ada pula mitra driver yang sering pindah-pindah tempat. Sebut saja strategi ini dengan berkeliling.

Tujuan dari berkeliling ini adalah agar dapat orderan lebih banyak. Katanya sih dengan seringnya berkeliling atau pindah-pindah tempat, history riwayat di aplikasi juga makin banyak. Katanya lagi, aplikasi ojek online itu membaca keaktifan mitra driver, sehingga mitra driver yang sering berkeliling akan mendapat banyak orderan.

Apakah hal ini benar?

Kalau menurutku, jika itu sistem terdahulu aku jawab “Iya benar”. Namun untuk sekarang, hal itu tidak menjamin sepenuhnya.

Sistem terdahulu menggunakan alokasi jarak terdekat sebagai acuan penentuan mitra driver yang mendapatkan orderan. Jadi jika ada pelanggan yang pesan, maka mitra driver terdekatlah yang berpotensi besar mendapatkan orderan tersebut.

Nah sekarang jauh berbeda. Yang dekat belum tentu dapat orderan, justru yang jaraknya 3-5 km bisa dapat orderan. Jadi menurutku, berkeliling di sistem sekarang juga percuma saja.

Kalau di suruh milih? Aku lebih suka berdiam diri atau mangkal di suatu lokasi (yang ramai orderan tentunya). Kalaupun pindah lokasi, aku juga tidak harus selalu berkeliling memutari jalanan kota juga. panas euy

Biasanya aku pindah lokasi jika sudah antar satu pesanan ke pelanggan. Misalnya aku mangkal di basecamp A, kemudian dapat orderan. Setelah menyelesaikan pesanan yang kebetulan lokasinya dekat dengan basecamp B, maka aku akan berdiam diri di basecamp B tersebut hingga dapat orderan kembali.

Tapi kebanyakan aku kembali lagi ke lokasi semula setelah antar pesanan. Mengapa?

Hal ini dikarenakan :
  1. Aku belum bayar kopi

  2. Kopiku masih tinggal setengah dan masih layak untuk dinikmati

  3. Laptopku tertinggal di warung kopi (sengaja emang)

  4. Lagi good mood di lokasi tersebut

  5. Karena betah dengan pemilik warung yang aduhai seksi 😂😂😂 #becanda

Keunggulan dan Kelemahan Antara Mangkal Atau Berkeliling

Mangkal atau Berkeliling? Kamu Type Driver Online Yang Mana?

Hak setiap mitra driver sih perihal memilih mangkal atau berkeliling. Tentunya mereka juga punya alasan tersendiri dalam hal ini. Aku sendiri juga lebih menyukai diam di rumah aja kalau bisa, lalu dapat banyak orderan dari rumah. Sayangnya rumahku jauh dari perkotaan, jadi cukup sulit dapat orderan.

Ada plus minusnya juga antara memutuskan mangkal atau berkeliling/pindah-pindah. Berikut ini aku jelasin plus dan minusnya mangkal atau berkeliling versiku sendiri.

#Kelebihan Mangkal

  1. Bisa santuy sambil nikmatin streaming ditemani kopi hangat yang menenangkan jiwa.

  2. Bisa bercengkarama dengan sesama driver. Apalagi kalau ada lady ojek, tentu akan menambah suasana basecamp semakin guyup dengan adanya keceriwisan khas cewek.

  3. Terlindung dari sinar matahari yang menyengat, setidaknya sebelum dapat orderan.

  4. Begitupun saat hujan. Berada di besecamp akan terasa lebih hangat dengan secangkir kopi diselimuti cerita-cerita seru dari sesama driver lainnya.

#Kekurangan Mangkal

  1. Potensi orderan hanya sebatas wilayah tersebut

  2. Dengan mangkal, berarti saingan driver juga makin ketat

  3. Apalagi kalau udah mode gagu, kalian hanya bisa jadi penonton driver lain keluar masuk basecamp (pengalaman pribadi).

  4. Terkadang ada aja yang iri kalau ada salah satu driver yang terusan dapat order (ini pengamatanku sendiri loh, dan tidak sepenuhnya setiap basecamp sama)

#Kelebihan Berkeliling

  1. Potensi orderan lebih besar (mungkin)

  2. Bisa dapat orderan dari berbagai tempat karena sering pindah-pindah lokasi

  3. Jika memang benar sistem membaca riwayat dari berkeliling, tentu hal ini bisa jadi terapi akun ojek online menjadi gacor

#Kekurangan Berkeliling

  1. Tentu tingkat kelelahan mitra driver akan semakin besar

  2. Boros bahan bakar tentunya

  3. Jangan harap kulitmu bisa putih kalau melakukan cara ini 😂😂😂

  4. Efek ke sepeda motor juga besar sekali, mengingat perhitungan kilometernya juga besar.

  5. Menurutku cara ini tidak sebanding dengan pengeluarannya dan kelelahannya, terutama jika sudah berkeliling namun hasilnya tak begitu memuaskan.
So, mau pilih mangkal atau berkeliling nih? Yah apapun cara yang kalian pakai, semoga tetap dapat orderan yang layak tiap harinya. Tetap semangat dan jangan lupa untuk bahagia 😉😉.

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Mangkal atau Berkeliling? Kamu Type Driver Online Yang Mana?"