Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Sertifikat Vaksin di Gojek dan Grab Driver

Cara Upload Sertifikat Vaksin di Gojek dan Grab Driver
Source image : halodoc
Sudah sebulan penuh aku tidak update artikel di blog ini. Sejalan sih dengan lamanya aku tidak aktif nge-gojek akhir-akhir ini.

Banyak alasan yang bisa aku sebutkan, hanya saja aku tidak mau beralibi lebih dari ini. Bilang saja aku lagi malas.

Begitulah.

Tapi minggu kemarin aku coba onbid selama 3 jam sembari nunggu anak pulang sekolah. Lumayan sih hasilnya. Setidaknya ada lebihan dana di dompet setelah aku gunakan untuk beli bahan bakar dan dua cangkir kopi.

Hal yang paling aku rindukan saat onbid adalah mendengar cerita dari teman-teman driver. Dari merekalah sebenarnya sebagian besar artikel ini bisa aku tulis.

Seperti artikel kali ini. Ide ceritanya juga aku unduh dari saat tanya-tanya tentang kebenaran pembekuan akun ojek online jika belum upload bukti vaksinasi covid-19.

Kemudian aku iseng juga tanya-tanya jikalau seandainya ada mitra yang tidak diperbolehkan vaksin mengingat penyakitnya, bagaimana? Apakah akan dibekukan juga?

Lantas beberapa teman driver menjelaskan bahwa mitra driver bisa datang langsung ke kantor ojek online terdekat perihal vaksinasi, agar tidak dibekukan.

Aku juga tanya-tanya soal bagaimana cara upload bukti sertifikat vaksinasi tersebut. Berikut cara upload bukti sertifikat vaksinasi di aplikasi GoPartner maupun Grab driver.

Cara Upload Sertifikat Vaksinasi di Aplikasi Gojek Driver

Sebelumnya kita harus paham dulu bahwa setiap warga yang sudah melaksanakan vaksin akan mendapat sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin ini bisa kita dapatkan secara online, bukan dari lembaran yang kita terima saat setelah vaksin.

Caranya dengan mendaftar terlebih dahulu di program pemerintah “PeduliLindungi”. Kita tinggal daftar sesuai nomor HP yang sudah kita daftarkan saat proses vaksinasi. Selanjutnya kita masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di E-KTP beserta nama lengkap kita.

Download sertifikat tersebut. Penampakan sertifikatnya seperti gambar di bawah ini:

Contoh sertifikat vaksin

Untuk proses upload di aplikasi GoPartner, kalian bisa kunjungi laman penyerahan dokumen. Yakni dengan cara klik Profil – Penyerahan Dokumen.

Pilih pilihan yang sesuai, misalnya ingin upload vaksin tahap pertama, maka pilih yang paling atas sendiri.

Cara Upload Sertifikat Vaksin di Gojek dan Grab Driver

Kemudian isi data diri. Mulai dari NIK, Nama, Tanggal lahir dan tanggal vaksinasi. Upload juga sertifikat vaksin di pilihan yang tersedia. Setelah mengisi data, kita tinggal pilih “Kirim” menyelesaikan penyerahan dokumennya.

Pada pilihan penyerahan dokumen terdapat pesan “Dalam Proses” yang berarti dokumen yang sudah dikirimkan akan divalidasi oleh pihak Gojek terlebih dahulu. Jika sudah selesai, pilihan tersebut berubah menjadi centang.

Cara Upload Sertifikat Vaksin di Gojek dan Grab Driver

Untuk proses upload sertifikat vaksin yang kedua, prosesnya juga sama dengan proses yang pertama.

Cara Upload Sertifikast Vaksinasi di Aplikasi Grab Driver

Berbeda dengan proses di aplikasi GoPartner, di aplikasi Grab sedikit lebih ribet perihal menemukan form upload sertifikat vaksin.

Langkah pertama adalah dengan pilih profil kita di aplikasi Grab driver. Kemudian pilih pilihan Pusat Bantuan.

Sorot pada tombol pencarian untuk mempermudah. Ketikkan keyword “sertifikat vaksin” yang nantinya kita akan menemukan pilihan “Kirimkan Sertifikat Vaksin Anda”. Scroll hingga ke bawah, nantinya kita akan menemukan form pengisian data beserta upload sertifikat vaksin.

Cara Upload Sertifikat Vaksin di Gojek dan Grab Driver

Data yang perlu kita isi hanyalah memilih kota kita berada, jenis layanan dan pertanyaan soal vaksin kedua. Jika kita belum vaksin kedua, pilih aja “belum” sehingga tombol upload sertifikatnya hanya keluar satu.

Upload sertifikat vaksin dan beri centang pada kolom pernyataan. Lalu pilih “Kirim” untuk menyelesaikan proses uploadnya.

Berbeda dengan GoPartner yang memberikan tanda validasi setelah kirim upload sertifikat, di Grab Driver kita hanya bisa mengetahuinya dari aplikasi pelanggan yang telah mendapatkan kita sebagai drivernya.

Nah begitulah proses upload sertifikat vaksin di aplikasi GoPartner dan Grab driver. Perlu diketahui bahwa upload sertifikat vaksinasi ini tidak ada hubungannya dengan gacor atau tidaknya akun ojek online.

Program ini hanya sebagai pendataan dan mensukseskan program vaksinasi dari pemerintah. Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam penggunaan layanan ojek online secara aman dan nyaman.

Yuk kita vaksin dan upload sertifikatnya biar pelanggan tambah nyaman dan sayang #eh 😂😂

Ainur
Ainur Penikmat kopi dikala senja maupun dikala hujan gerimis melanda. Mencoba menyelami dunia tarik suara dan gagal, akhirnya mencoba keberuntungan di dunia tulis-menulis ala kadarnya

Post a Comment for "Cara Upload Sertifikat Vaksin di Gojek dan Grab Driver"